Wisata Jogja – Istana Air Taman Sari

Hingga hari ini, Yogyakarta adalah salah satu kota tujuan paling populer di Indonesia, menawarkan berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner.

Salah satu dari banyak objek wisata bersejarah di Yogyakarta adalah Istana Air Taman Sari Yogyakarta, yang terletak di Jalan Taman, Yogyakarta. Taman Sari terletak sangat dekat dengan Istana Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya 15 menit dari alun-alun utara istana. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi untuk keluarga kerajaan, serta benteng yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. pada tahun 1758 – 1765. Sekarang Istana Air Taman Sari adalah salah satu situs warisan budaya di Yogyakarta, yang telah menjadi tempat wisata populer di kota.

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Bangunan seluas 10 hektar ini memiliki 57 bangunan, yang terdiri dari kompleks pemandian, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, saluran air, taman, lorong bawah tanah, serta beberapa bangunan dengan arsitektur Eropa, Cina, Jawa, Hindu. , Budha dan Islam. Pembangunan Istana Air Taman Sari didanai oleh Tumenggung Prawirosentiko, yang merupakan bupati Madiun dan menggunakan jasa Demang Tegis, seorang arsitek dari Portugal. Saat ini, area Istana Air Taman Sari telah berkurang secara drastis karena beberapa kompleknya telah digunakan sebagai tempat tinggal.

Istana Air Taman Sari Yogyakarta memiliki 4 kompleks:

1. Danau buatan yang terletak di sebelah barat.

2. Pemandian Umbul Binangun, yang terletak di sebelah selatan danau buatan.

3. Kolam Ledok Sari dan Garjitawati, yang terletak di selatan Umbul Binangun.

4. Bagian timur membentang dari Pemandian Umbul Binangun ke Danau Pasarean Ledok Sari dan Garjitawati adalah sebuah danau dengan pulau buatan dan jembatan gantung dan kanal.

Dari empat kompleks di Taman Sari Yogyakarta, hanya kamar mandi Umbul Binangun yang masih utuh, sementara tiga bagian lainnya telah menjadi permukiman warga yang dulunya pembantu di Istana Yogyakarta.

Kompleks pertama, yaitu danau buatan, rumah Pulo Kenongo, Pulo Cemethi dan Sumur Gumuling.

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

a. Pulo Kenongo

Pulo Kenongo adalah sebuah pulau di tengah danau buatan di kompleks Taman Sari. Di sinilah bangunan Gedhong Kenongo berada, yang pernah menjadi tempat tertinggi di Kraton Yogyakarta, sehingga dimungkinkan untuk melihat istana secara keseluruhan. Di sekitarnya ada lubang ventilasi untuk terowongan bawah tanah yang dapat digunakan jika mereka akan melarikan diri dari musuh.
Anda dapat melihat matahari terbenam di sini, karena sejauh ini tempat ini masih merupakan salah satu bangunan tertinggi di Yogyakarta. Dengan latar belakang kota Yogyakarta, matahari terbenam akan sangat tak terlupakan.

b. Pulo Cemethi

Pulo Cemethi, yang terletak di selatan Pulo Kenongo, adalah tempat yang digunakan Sultan untuk meditasi. Untuk sampai ke Pulo Cemethi, Anda harus melewati terowongan bawah tanah.

c. Sumur Gumuling

Sumur Gumuling terletak di bagian barat Pulo Kenongo dan merupakan tempat pemujaan bagi Sultan, yang dapat dicapai dengan terowongan bawah tanah. Meskipun dianggap sebagai masjid, sumur ini berbeda dari masjid pada umumnya karena merupakan ceruk bundar. Sumur Gumuling terdiri dari dua lantai, lantai pertama untuk penggemar pria, sedangkan lantai dua adalah ruang untuk para wanita penyembah. Di sumur Gumuling, jika Anda mengucapkannya keras-keras, suara Anda akan terdengar di semua sudut bangunan. Di tengah musim semi ada skala lima langkah yang menyiratkan 5 rukun Islam, 4 di antaranya di tengah dan bertemu di tengah, sedangkan tangga kelima menghubungkan empat langkah ke lantai 2. Di bawah tangga ini Anda akan menemukan kolam air yang merupakan tempat mencuci bagi para penyembah.

Kompleks Taman Sari kedua memiliki beberapa bangunan, yaitu:

Istana Air Taman Sari Jogja

Istana Air Taman Sari Jogja

a. Gedhong Archway Hageng

Gedhong Gapura Hageng adalah gerbang utama ke barat, tetapi tidak lagi digunakan sekarang dan gerbang utama untuk pengunjung telah dialihkan ke timur. Gedhong Gapura Hageng memiliki ruangan dua tingkat yang dihiasi dengan relief untuk menggambarkan tahun-tahun awal pembangunan Taman Sari Jogyakarta, yaitu tahun 1765.

b. Gedhong Lopak-Gopok (Gopok-Gopok)

Dulunya adalah bangunan dua lantai, tetapi sekarang bangunan ini telah lebih banyak digantikan oleh taman seluas delapan kaki persegi.

c. Umbul Pasiraman (Umbul Binangun)

Umbul Pasiraman atau yang biasa disebut Umbul Binangun adalah area pemandian Sultan dan putri-putrinya serta awan yang dikelilingi tembok tinggi di setiap sisinya. Umbul Pasiraman memiliki 3 danau bernama Umbul Muncar, Blumbang Kuras dan Umbul Binangun yang didekorasi dengan air mancur berbentuk jamur dan dapat diakses melalui dua gerbang masuk ke barat dan timur.

Istana Air Taman Sari Jogja

Istana Air Taman Sari Jogja

Di sebelah utara adalah bangunan yang digunakan untuk istirahat dan berpakaian untuk istri dan anak perempuan sultan, sedangkan di selatan adalah menara yang digunakan sultan untuk menonton para selir dan anak-anak perempuannya mandi di bawah. Sayangnya, bagian atas menara ini penuh dengan vandalisme yang merusak keindahan bangunan.

d. Gedhong Sekawan

Terletak di sebelah timur Umbul Pasiraman dan merupakan halaman dengan empat bangunan sebagai tempat peristirahatan sultan.

e. Panggung Gedhong Gapur

Saat ini, Gedhong Gapura Panggung adalah gerbang masuk utama yang digunakan pengunjung untuk memasuki kompleks Taman Sari dan terletak di sebelah timur Istana Air Taman Sari. Bangunan dua lantai ini memiliki relief ular di dindingnya, yang menggambarkan tahun Taman Sari selesai, yaitu 1758.

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

f. Gedhong Temanten

Bangunan ini terletak di sebelah timur panggung Gedhong Gapuro dan digunakan sebagai rumah jaga.

Taman Sari Yogyakarta mengenakan biaya Rs 3.000 untuk wisatawan lokal dan Rs 7.000 untuk wisatawan asing. Biasanya Anda akan menemukan beberapa orang di depan pintu masuk yang menawarkan layanan sebagai panduan untuk tur Taman Sari ini. Mereka tidak menetapkan jumlah ongkos tertentu, tetapi wisatawan biasanya memberikan Rupia 25.000 untuk layanan mereka.

Taman Sari Jam Kerja: 08.00-14.00 WIB

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Central Park

15 Mall di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Banyak yang mengeluh tentang keadaan Jakarta, tetapi jelas situasi terburuk di Jakarta masih merupakan satu …

Pantai Banyu Tibo

8 Pantai di Pacitan yang Sayang Untuk Dilewatkan

Pacitan adalah sebuah lingkungan yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.