Rindangnya Hutan Kota Malabar

199 views
hutan kota malabar

Pintu Masuk hutan kota malabar

Setiap kota sejatinya memang harus memiliki sebuah hutan kota. Selain menambah nilai eksotika sebuah kota, hutan kota juga berfungsi sebagai paru-paru dari sebuah kota. Dimana jika kita berada di hutan kota, kita akan merasakan suasana yang nyaman, asri, dan yang pasti udara yang segar juga sejuk. Meskipun kota tersebut sudah berkembang secara pesat, namun pemerintah tidak boleh melupakan pentingnya memiliki ruang terbuka hijau atau hutan kota. Kota Malang contohnya, kota ini tergolong memiliki perkembang kota yang cukup pesat, hal ini terbukti dari banyaknya bangunan-bangunan pertokoan dan juga semakin banyaknya kendaraan berlalu lalang. Namun pemerintah kota setempat tidak lupa untuk menyisihkan lahan untuk membangun ruang terbuka hijau.

 

hutan kota malabar

Hutan Kota Malabar, Malang

 

Salah satunya hutan kota yang dibangun Pemkot Malang adalah Hutan Kota Malabar. Hutan Kota Malabar berada
di jalan Malabar Malang.Luas dari hutan kota ini kira-kira 16.718 m 2 . Di hutan ini pula terdapat kolam air yang
merupakan sumber air untuk mengairi taman-taman kota yang ada di Malang. Rindangnya Hutan Kota Malabar ini
memiliki berbagai macam fungsi yakni sebagai sarana rekreasi, sarana edukasi, paru-paru kota, sebagai habitat dan
konservasi burung, dan yang terakhir sebagai sarana penghijauan.Dengan berfungsinya hutan kota ini sebagai
saran rekreasi, hendaknya pemkot Malang juga harus lebih mememperhatikan keberadaannya, apalagi soal kenyamanan, dan keindahan hutan ini.

 

hutan kota malabar

hutan kota malabar

 

Keberadaan warung-warung semi permanen di sekitar taman, mengurangi nilai keindahan dari hutan ini. Akan jauh lebih indah jika Pemerintah Kota Malang seharusnya membuatkan tempat untuk mereka berjualan agar lebih rapi dan teratur, dan tidak akan mengurangi segi keindahan hutan kota ini. Selain itu,melihat dari fungsi yang sebenarnya dari hutan kota Malabar ini, Pemkot Malang rupanya kurang serius dalam pembangunannya. Terlihat dari minimnya fasilitas yang dimiliki hutan kota ini,Kalau memang Hutan Kota ini dijadikan sarana rekreasi, seharusnya Pemkot Malang menyediakan misal nya Gazebo dan fasilitas kebersihannya harus memadai. Memang Hutan Kota Malabar ini kurang digarap secara optimal oleh Pemerintah Malang, Namun keberadaannya paling tidak bisa mengurangi polusi yang melanda kota Malang.S ehingga kota Malang tetap hijau,asri,dan nyaman tentunya.

 

Rindangnya Hutan Kota Malang memang membuat semua orang yang berkunjung kesana merasa
nyaman.Namun,pemeliharaannya harus lebih optimal lagi.Demikianlah artikel ini dibuat,semoga bermanfaat
untuk anda dan terima kasih.

Related Search