Pantai Trikora, Pantai Cantik Untuk Berlibur Sekaligus Berdoa

Pulau Bintan adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau dan sangat dekat dengan Singapura. Pada abad pertama Masehi, pulau itu menjadi habitat favorit bagi kapal dagang dari Cina dan India. Selain terletak di lokasi yang strategis, hanya antara Singapura, Johor Baru dan Malaysia, pulau ini juga kaya akan potensi wisata. Salah satu tempat wisata terkenal di Pulau Bintan adalah Pantai Trikora.

Lokasi

Gambar 1: Pantai Trikora

Gambar 1: Pantai Trikora

Pantai Trikora terletak di Desa Fokus Malang, Kabupaten Gunung Kijang, Pulau Bintan, atau sekitar 45 km sebelah timur Kota Tanjung Pinang. Pantai ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4.

Jalan menuju pantai Trikora cukup bagus, bahkan empat lajur mobil bisa dilewati. Untuk sampai ke pantai ini, Anda dapat melakukan perjalanan dari Tanjung Pinang ke perbatasan Kabupaten Bintan. Sayangnya, tidak ada akses transportasi umum yang dapat membawa Anda ke pantai ini. Inilah sebabnya mengapa menyewa mobil dan pengemudi direkomendasikan. Atau Anda dapat menyewa sepeda motor dengan biaya sekitar 100.000 rupee sehari. Sedangkan untuk sewa mobil, sekitar 200.000 hingga 400.000 rupiah bersama pengemudi.

Pantai Trikor

Gambar 2: Pantai Trikora

Gambar 2: Pantai Trikora

Menurut legenda yang beredar di masyarakat, nama Trikor diambil dari "tiga karang," yang merupakan sebutan turis asing ketika mereka mengunjungi pantai ini. Sementara itu, menurut sumber lain, nama Trikor diambil dari salah satu sejarah Indonesia Tiga Komando Rakyat. Pada saat itu, pantai ini adalah benteng luar Indonesia pada isu panas "Down with Malaysia."

Keindahan pantai Trikora

Perjalanan ke pantai cukup panjang dan sulit, tetapi jangan kecewa. Dalam perjalanan ke pantai ini, Anda akan senang dengan pemandangan yang menakjubkan, seperti pemandangan serangkaian desa ikan, tempat untuk melestarikan lamun dan hutan bakau, serta resor mewah yang indah.

Gambar 3: Pantai Trikora

Gambar 3: Pantai Trikora

Sesampainya di sana, Anda akan disuguhi pemandangan pasir putih yang lembut, air laut biru jernih, serta pepohonan kelapa yang menari karena angin laut. Pantai ini cukup dangkal dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga Anda dan anak-anak Anda bisa berenang. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena saat air pasang, aliran airnya bisa cukup kuat.

Ada banyak pohon yang menyediakan perlindungan di pantai. Selain kelapa, jenis pohon yang tumbuh di sini adalah bakau, yang juga bisa melindungi dari berjemur. Anda dapat berjalan di sepanjang pantai sambil menikmati semilir angin atau mencoba berbaring di pantai berpasir yang hangat. Plus, Anda dapat menikmati keindahan bawah laut pantai ini dengan mencoba kegiatan snorkling.

Salah satu keingintahuan yang dapat Anda temukan di sini adalah kelong. Kelong sendiri adalah perangkap ikan buatan pohon yang digunakan oleh nelayan untuk membuat jaring ikan di tengah laut. Kelong didukung oleh drum plastik yang mengambang di permukaan laut. Jenis penangkapan ini baik untuk nelayan pantai Trikora karena mudah untuk bergerak seperti yang diinginkan.

Gambar 4: Pantai Trikora

Gambar 4: Pantai Trikora

Di seberang Pantai Trikora Anda dapat menemukan Gua Santa Maria. Gua ini dibangun oleh para pengungsi Vietnam yang melindungi diri mereka sendiri selama perang. Di sekitar gua Santa Maria ditutupi oleh pohon-pohon besar dengan daun-daun bayangan yang menggantung di mulut gua dan membuatnya lebih indah. Di sekitar gua tumbuh bunga Bougenville yang indah. Di dekat gua ini ada sebuah gereja untuk Anda yang ingin berdoa dengan sungguh-sungguh.

Kuliner

Setelah menjelajahi Pantai Trikora dengan senang hati, jangan lupa untuk berhenti di daerah Sungai Enam. Tempat ini adalah tempat kuliner favorit bagi para wisatawan setelah mengunjungi pantai. Bagi para pecinta makanan laut, Anda dapat mencoba produk kuliner yang dibuat dari kue khas dari Sungai Enam. Gonggong adalah sejenis siput yang memiliki ras mirip cumi-cumi lebih besar dari siput lainnya. Seperti penyajian kerang, kerak biasanya dimasak dan kemudian dinikmati dengan saus kacang.

Gambar 5: Pantai Trikora

Gambar 5: Pantai Trikora

Makanan yang harus Anda coba selain makanan laut di sini adalah otak ikan. Pulau Bintan terkenal dengan makanan khas ikan dan otaknya. Otak ikan berbeda dari otak ikan lainnya di sini. Berbentuk seperti lada, otak ikan mengandung makarel yang digiling sangat lunak. Tentu saja sangat enak jika Anda menikmatinya dengan nasi panas.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Pantai Tambakrejo

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

Ketika datang ke kota Blitara, Kuil Bung Karno datang ke pikiran pertama. Ya, kota Blitar …

Masjid Raya Medan

15 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dijuluki sebagai kota multi-etnis, Medan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.