Wednesday , February 19 2020

Menikmati Pemandian Sulfur di Pulau Marisa, Danau Ranau

Lampung adalah provinsi yang terletak di Sumatra selatan. Provinsi ini berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu. Provinsi ini telah dikenal karena wisata budayanya sejak 2009. Beberapa festival budaya yang berlangsung di sini meliputi: Festival Kambas, Festival Teluk Stabas, Festival Krakatau dan banyak lagi. Namun siapa sangka jika ternyata Lampung juga memiliki potensi wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Danau Ranau.

Lokasi dan akses

Danau Ranau 1

Danau Ranau 1

Danau Ranau terletak di perbatasan Provinsi Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini dapat diakses melalui kota Palembang. Dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Anda dapat melakukan perjalanan dengan mobil selama sekitar tujuh hingga delapan jam antara Palembang – Prabumulih – Baturaja – Muaradua. Anda hanya dapat menggunakan transportasi umum pada hari Rabu, karena angkutan umum di Lampung hanya berfungsi ketika pasar terbuka, yaitu. Pada hari Rabu.

Bagi mereka yang dari Jawa atau Lampung, rute untuk sampai ke danau ini yang bisa Anda ambil adalah Bandar Lampung – Kota Bumi – Bukit Kemuning – Liwa – Kotabatu – Sukamarga atau Banding Agung. Perjalanan dari Bandar Lampung ke Danau Ranau membutuhkan kendaraan pribadi selama enam hingga tujuh jam.

Jalan setapak menuju Danau Ranau relatif baik meskipun berliku dan tidak memiliki pembatas jalan, tetapi ada beberapa lokasi dengan jalur yang cukup menantang, seperti memasuki kawasan hutan lindung. Meskipun jalan beraspal, kondisi jalan di sini cukup sempit dengan pohon-pohon khas yang berjejer di kedua sisi jalan sering bersembunyi ke arah jalan.

Biaya dan akomodasi

Danau Ranau 2

Danau Ranau 2

Untuk menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda harus membayar biaya 1.000 rupiah dan 4.000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan. Bagi Anda yang ingin mengalami pengalaman bermalam di sini, ada penginapan yang terletak di tepi danau dengan harga sewa antara Rp100.000 dan Rp150.000 pada hari kerja. Sementara itu, selama liburan, tarif sewa bisa meningkat dari Rp500.000 – Rp70.000.

Akomodasi ini dikelola oleh PT Pusri dengan layanan sarapan, tempat tidur dan kamar mandi, tidak ada fasilitas pertukaran air panas dan panas tersedia di sini. Akomodasi dapat diisi oleh lebih dari 2 orang. Selain penginapan ini, ada beberapa penginapan lain untuk dipilih. Ingin lebih murah? Cobalah menghabiskan malam di rumah penduduk setempat dengan harga sewa Rp30.000 per malam.

Objek wisata Danau Ranau

Danau Ranau 3

Danau Ranau 3

Setelah Danau Toba, Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Indonesia. Danau Ranau adalah hasil dari gempa bumi dahsyat dan letusan gunung berapi. Danau Ranau memiliki luas 125,9 km persegi dengan kedalaman 174 meter.

Udara di sini sejuk karena wilayah geografis Danau Ranau berbukit. Anda juga bisa menikmati pemandangan pemancing yang memancing di danau ini karena dikenal di sini sebagai tempat mencari ikan.

Jika Danau Toba di tengah memiliki Pulau Samosir, Danau Ranau memiliki Pulau Marisa. Ada sumber air panas di pulau ini yang sering digunakan oleh penduduk atau wisatawan. Anda bisa menggunakan perahu nelayan untuk menuju ke pulau ini. Penting bagi Anda untuk mengingat nama kapal yang Anda bepergian untuk pergi ke pulau ini, karena ketika Anda pulang, Anda akan dijemput oleh perahu yang sama. Anda bisa berendam di pemandian belerang di Pulau Marisa. Kamar mandi disediakan di sini untuk Anda yang ingin membersihkan diri setelah mandi air hangat yang memuaskan.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah memancing. Danau ini dikenal sebagai tempat memancing bagi para nelayan. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda tangkap termasuk mujair, kepor, kepiat dan harongan. Setelah Anda mendapatkan tangkapan, Anda dapat langsung membakar ikan di dekat danau. Bagi Anda yang tidak ingin bosan dengan nelayan, Anda bisa membeli ikan segar, harga yang ditawarkan nelayan jauh lebih murah daripada di pasar lokal.

Tips untuk mengunjungi Danau Ranau

Danau Ranau 4

Danau Ranau 4

  • Ketika Anda ingin pergi ke Pulau Marisa, Anda harus mengatur dengan mereka harga untuk mengambil perahu nelayan agar tidak menderita tarif tinggi.
  • Bagi Anda yang mengunjungi danau ini untuk mencari ikan segar, Anda harus datang di pagi hari atau pagi-pagi sekali karena pemancing baru saja kembali untuk mencari ikan, jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.
  • Ada banyak pohon alpukat di sini yang bisa langsung Anda nikmati dengan memilih. Jika Anda tidak menemukan pohon liar, Anda dapat meminta izin kepada penduduk asli untuk mengambil alpukat di sekitar halaman mereka.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kebun Teh Ciater

10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan …

Alas Purwo 3

Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

Kota Banyuwangi di Jawa Timur dikenal karena wisata pantainya yang indah dan cocok untuk tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.