Home / Jawa Timur / Alun-alun Jami’ Tempat Rekreasi kota Malang

Alun-alun Jami’ Tempat Rekreasi kota Malang

Alun-Alun Jami’

 

Setiap kota pastinya sudah memiliki taman kota atau biasanya dikenal sebagai Alun-alun. Selain sebagai icon dari kota tersebut, Alun-alun juga bisa sebagai sarana berkumpul warga dan sarana berlibur secara Cuma-Cuma. Tak terkecuali di Kota pelajar ini, yang memiliki alun-alun yang biasanya oleh masyarakat sekitar disebut Alun-Alun Jami’ karena memang lokasi dari Alun-alun ini berdekatan dengan Masjid Jami’ Kota Malang.

 

Pernah baca nama Gubernur Jenderal Jaan Pieterzoen Coen dibuku sejarah? Yaps ternyata dulu alun alun Malang dinamai alun alun JP Coen Plein lhooo ( Sumber : Media Center Kendedes) atau bisa disebut juga alun alun bunder. Disebut seperti itu karena bentuk alun alun yg bulat. Tapi itu dulu, sekarang? Waaah sudah beda bgt, penataan yang rapi, tempat berkumpul komunitas, wifi gratis dan yg super menarik kita bisa menghabiskan waktu dengan memberi makan burung burung yang ada di alun alun seperti ini lhoo.. Mau coba? Yuk @malanginaja temenin ? . . Photo From : @lyndatanoko . . #discoverindonesia #indonesiaphotography #indotravellers #folkindonesia #livefolkindonesia #ThisIsMalang #thisisindonesia #exploreIndonesia #beautifulMalang #bosowalikan #exploreMalang #visitMalang #trip #adventure #arekmalang #arema #malangkipa #ngalamkipa #oyisam #yoikimalang #merahputih #pesonaindonesia #lingkarjatim #lingkarindonesia #backpacker #travel #lingkarmalang #malanginaja #alunalunmalang #tamanunikmalang

A post shared by Malangin Backpack Tours (@malanginaja) on

 

Alun-alun Jami’ Kota Malang memang tidak pernah sepi dari kunjungan warga kota Malang sendiri maupun dari warga luar Kota Malang. Biasanya Alun-alun ini digunakan wisatawan dari luar daerah untuk singgah sejenak setelah berekreasi di kota Malang atau kota Batu. Alun-alun ini letaknya memang strategis,apalagi disekitaran alun-alun terdapat berbagai pusat perbelanjaan ternama seperti Ramayana, Mitra, Malang Plaza, Sarinah dan
masih banyak yang lain.

 

 

Fasilitas

Fasilitas dari alun-alun ini sendiri juga lumayan banyak salah satunya adalah adanya air
mancur dari kolam yang berada ditengah kolam.Apalagi ketika hari libur, alun-alun ini semakin banjir oleh pengunjung, tak sedikit juga yang memanfaatkan alun-alun ini untuk menjajakan berbagai macam jualannya. Ada bakso, cilot, jagung manis khas Malang, dll.

 

 

 

Pada jaman dahulu alun-alun ini merupakan bentuk dari sistem tatakota peninggalan wali sembilan yang berupa tanah lapang milik kota Malang yang disekitarnya terdapat rumah tahanan atau penjara, Pusat Pemerintahan, Sentra bisnis atau pasar dan tempat ibadah atau Masjid. Namun sayang,untuk bangunan rumah tahanan saat ini sudah dipindahkan dan kini menjadi pusat perbelanjaan (Ramayana).

 

 

Saat ini yang menjadi PR bagi pemerintah setempat adalah upaya bagaimana membangkitkan kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena memang Alun-alun kota Malang ini tidak terlalu bersih, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran para pengunjung untuk membuang sampah pada tepat yang telah disediakan. Padahal sudah banyak tempat-tempat sampah yang disediakan oleh pemerintah setempat. Mungkin dengan memberlakukan sistem sanksi kepada para pengunjung yang tidak tertib membuang sampah pada tempatnya akan efektif untuk meningkatkan kesadaran para pengunjung.

 

 

Semoga dengan artikel ini anda bisa mendapatkan informasi yang anda butuhkan mengenai Alun-alun Jami’ Kota Malang. Jangan lupa, jika anda berkunjung kesana, upayakan membuang sampah di tempatya ya, agar Alun-alun ini tetap bersih dan nyaman untuk pengunjung lainnya.

About Ngulon

Check Also

6 Objek Wisata di Jember Yang Menarik Dan Wajib Untuk Dikunjungi

6 Objek Wisata di Jember Yang Menarik Dan Wajib Untuk Dikunjungi

6 Objek Wisata di Jember Yang Menarik Dan Wajib Untuk Dikunjungi – Jember yang terletak …

nilah 6 Destinasi Wisata Terfavorit di Kota Kendari

Inilah 6 Destinasi Wisata Terfavorit di Kota Kendari

Inilah 6 Destinasi Wisata Terfavorit di Kota Kendari – Apa anda tahu tentang kota Kendari? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.