Thursday , November 8 2018
Home / Sumatera Utara / 9 Tempat Wisata Kota Mudan yang Wajib Kamu Kunjungi

9 Tempat Wisata Kota Mudan yang Wajib Kamu Kunjungi

istana maimun

Kota Medan dikenal memiliki julukan sebagai kota multi etnis, Medan pun kerap menjadi tujuan wisata oleh pelancong, baik dalam negeri maupun mancanegara. Apalagi, ditunjang dengan beragamnya lokasi wisata di Medan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Lalu, lokasi wisata di Medan mana saja yang bisa Kamu kunjungi? Berikut referensi tempat wisata Kota Medan yang bisa Kamu kunjungi :

 

1. Gedung London Sumatera

gedung london sumatera

Gedung London Sumatera (Lonsum) dibangun pada tahun 1906 bersamaan dengan kelahiran Ratu Juliana dari Belanda. Bangunan ini diirikan oleh perusahaan mempunyai nama “Harrisons & Crosfield (H&C)” yang berasal dari Inggris.

Gedung ini dikenal sebagai gedung yang canggih pada masanya. Buktinya, Gedung yang kemudian dipasarkan ke Pemerintah Belanda ini adalah gedung yang pertama di Medan yang memakai lift. Keberadaan lift itu pun memberi kemudahan untuk para pengunjung untuk mencapai total 5 lantai di gedung ini.

Saat ini, Gedung Lonsum masih dipakai sebagai lokasi perkantoran. Oleh sebab itu, Pengunjung yang hendak menyaksikan keanehan gedung tua ini usahakan memilih waktu berkunjung di akhir pekan, saat kantor tidak beroperasi. Tak jarang, terdapat komunitas pencinta sejarah yang menyelenggarakan tour berkeliling gedung tua ini.

2. Tjong A Fie Mansion

tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion menjadi tujuan wisata berikut  nya yang harus Kamu kunjungi selagi sedang di KOta Medan. Tempat wisata di Medan ini adalah sebuah museum yang dulunya ialah bangunan lokasi tinggal milik pedagang Tionghoa terkemuka mempunyai nama “Tjong A Fie”. Pada tahun 2009, lokasi tinggal ini secara sah dijadikan sebagai museum dan pengelolaannya dilaksanakan oleh keturunan Tjong A Fie.

Tercatat, lokasi tinggal ini mulai di dirikan pada tahun 1895 dan berakhir di tahun 1900 dengan ukuran menjangkau hampir 8.000 meter persegi. Di dalamnya ada total sejumlah 35 ruangan. Rumah ini muncul dengan memakai kombinasi antara bagian art deco, Tiongkok, serta Melayu. Konon, pembangunan lokasi tinggal ini dilaksanakan dengan menurut desain Cheong Fatt Tze Mansion yang terdapat di Penang, Malaysia.

3. Wildlife Museum & Gallery

wildlife museum & gallery

Tempat wisata di Medan berikutnya ialah museum satwa yang pertama di Asia Tenggara, yaitu Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Di lokasi wisata di Medan yang satu ini, Kamu dapat melihat keberadaan beragam jenis satwa hasil buruan yang sudah diawetkan.

Total, ada lebih dari 2.000 koleksi satwa yang bisa ditemukan di museum ini. Satwa-satwa tersebut didapatkan dari sekian banyak negara, baik yang berasal dari Asia, Afrika, maupun Amerika. Jenis hewan yang diawetkan pun lengkap, mulai dari komodo, domba gunung, harimau, sampai rusa.

4. Istana Maimun

istana maimun

Tempat wisata di Medan berikutnya yang bisa Kamu kunjungi ialah Istana Maimun. Bangunan ini sering disebut sebagai salah satu istana paling estetis yang terdapat*\ di Indonesia. Keunikan utama dari arsitektur istana ini ialah kombinasi bagian Melayu, Islam, India, Spanyol, dan Italia yang berada di dalamnya.

Unsur Melayu diwakili dengan pemakaian warna kuning yang mendominasi istana ini. Sementara itu, pemakaian ornamen lampu, meja, kursi, serta pintu dorong berada bangunan ini merepresentasikan bagian Eropa. Tidak ketinggalan, unsur atap yang mempunyai lengkungan serupa perahu terbalik adalah desain yang ksering kita lihat di kota Timur Tengah.

Kondisi bangunan serta peninggalan sejarah yang tersimpan di Istana Maimun pun masih terjaga dengan sangar baik. Pengunjuung pun dapat menelusuri berbagai penjuru bangunan yang mempunyai luas menjangkau hampir 2.772 meter dan mempunyai 30 ruangan ini. Tidak ketinggalan juga, terdapat koleksi menarik yang mempunyai nama “Meriam Puntung” yang konon kabarnya  adalah jelmaan dari Putri Mambang Khayali yang cantik jelita dari Kerajaan Deli Tua.

5. Masjid Raya Medan

masjid raya medan

Masjid Raya Medan menjadi tujuan wisata mesti Kamu kunjungi di kota Medan. Bangunan ini mempunyai usia yang tak jauh dari Tjong A Fie Mansion, pembangunannya dibuka pada tahun 1906 sampai tahun 1909. Bangunannya pun paling khas, dengan format segi delapan dan bergaya arsitektur campuran antara Timur Tengah, Spanyol, serta India.

Pendirian Masjid Raya Medan pun menjadi bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Kabarnya, Tjong A Fie turut menyumbangkan dana untuk pembangunan Masjid Raya Medan. Desain yang megah memang menciptakan pembangunan Masjid Raya Medan butuh biaya yang lumayan besar, total menjangkau 1 juta gulden pada ketika itu.

Dengan biaya yang cukup besar tersebut, tidak heran bila kemegahan masjid yang dikenal dengan nama Masjid Raya Al Mashun ini mengungguli kemewahan istana. Apalagi, material serta perabotan di dalam masjid  ini sengaja didatangkan dari luar negeri. Contohnya, marmer yang berasal dari Italia, kaca patri dari Tiongkok, serta lampu gantung yang diimpor langsung dari Perancis.

6. Kuil Shri Mariamman

kuil shri mariamman

Kuil Shri Mariamman ialah pilihan lokasi wisata di Medan yang juga harus Kamu kunjungi. Kuil ini berada di area Kampung Keling yang menjadi lokasi tinggal beberapa besar warga keturunan India. Di samping itu, kuil ini pun dikenal sebagai kuil Hindu tertua yang terdapat di Kota Medan.

Karena berada di lingkungan lokasi tinggal beberapa besar warga keturunan India, tidak heran bila desain arsitektur kuil ini pun mempunyai unsur India. Hal tersebut terbukti dengan eksistensi pintu gerbang yang memiliki format seperti menara bertingkat. Menara seperti ini seringkali kita jumpai di kuil-kuil yang terdapat di negara India.

Kuil ini didirikan pada tahun 1876 dan Kuil Shri Mariamman ketiga yang terdapat di Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, Kuil Shri Mariamman dipakai sebagai lokasi pemujaan Dewi Shri Mariamman. Di samping itu, kuil ini juga digunakan sebagai lokasi untuk memuja Dewa Ganesha, Dewa Shri Vinayagar, serta Shri Murugan.

7. Vihara Gunung Timur

vihara gunung timur

Vihara Gunung Timur yang adalah tempat ibadah penduduk Tionghoa di kota Medan juga dapat menjadi pilihan lokasi wisata di Medan yang menarik. Vihara ini sudah ada di Kota Medan semenjak tahun 1960-an dengan luas menjangkau 5.000 meter persegi.

Vihara Gunung Timur ini diandalkan mempunyai fengshui yang bagus, sengaja diciptakan menghadap ke arah Sungai Babura. Penentuan itu dipercaya dapat membawa bangunan ini bisa menghadirkan kemakmuran.

Tempat ini tidak melulu menjadi lokasi ibadah untuk semua penganut Taoisme. Di samping itu, semua penganut agama Budha pun turut memakai bangunan ini untuk beribdah. Para wisatawan dapat datang ke lokasi ini secara gratis. Akan tetapi, butuh diperhatikan supaya kedatangan itu tidak mengganggu pengunjung vihara yang tengah beribadah.

Lokasinya pun sangat strategis, berada di Jalan Hang Tuah nomor 16, Medan. Tak jauh dari lokasi ini, Kau pun dapat menyaksikan eksistensi Kuil Shri Mariamman yang berjarak 1 km. Di samping itu, Masjid Raya Medan pun dapat dengan mudah dicapai dari kuil ini.

8. Kesawan Square

kesawan square

Saat berkunjung ke Gedung Lonsum, Kamu pun direkomendasikan untuk tidak melewatkan Kesawan Square. Lokasi Gedung Lonsum memang sangat berdampingan dengan lokasi wisata di Medan yang satu ini. Di sini, wisatawan tak hanya dapat menemukan barisan gedung tua bersejarah, namun ada pula beberapa kafe instagramable yang dapat menjadi pilihan lokasi nongkrong dan ber swa poto.

Di samping itu, jika berkunjung ke lokasi wisata ini pada malam hari juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kamu bakal menjumpai eksistensi tenda-tenda yang menawarkan beberapa jenis makanan. Ada menu halal, terdapat pula makanan nonhalal. Tanda guna mengenali makanan itu pun mudah, yaitu atribut warna biru untuk kuliner halal dan warna merah untuk menu nonhalal.

9. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

air terjun dua warna sibolangit

Untuk pilihan lokasi wisata alam di dekat Medan, Air Terjun Dua Warna Sibolangit dapat jadi opsi yang cocok. Air terjun yang terletak di Kecamatan Sibolangit ini berada di 1.270 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Medan, kurang lebih 75 km.

Namun, perjalanan panjang mengarah ke lokasi wisata ini akan terpuaskan. Air terjun ini mempunyai pemandangan mempesona dengan air dua warnanya, yaitu biru dan putih keabuan. Perbedaan warna itu terjadi sebab air di sini berisi belerang dan fosfor.

Kandungan belerang dan fosfor tidak hanya dominan pada warna air di lokasi wisata ini saja. Namun kandungan tersebut pun membuat suhu air di Air Terjun Dua Warna terasa lebih hangat. Air yang berwarna biru mempunyai suhu dingin, sementara air yang warna keabu-abuan lebih hangat .

Para pengunjung Air Terjun Dua Warna Sibolangit dapat menghabiskan waktu bermain di bagian kolam di bawah air terjun tersebut. Kalau mau, Kamu pun dapat memilih untuk bermalam dan mendirikan tenda di lokasi sekitar air terjun. Akan tetapi, pastikan untuk membaw perbekalan yang cukup saat memutuskan bermalam di sini.

 

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Kota Medan yang bisa Kamu kunjungi. Share ke teman-teman Kamu juga ya…

About Ngulon

Check Also

paket tour kawah ijen

PAKET TOUR BLUE FIRE GUNUNG IJEN

Itenerary :  Day 1 : SURABAYA-BONDOWOSO -IJEN (-/-/D) Dijemput dari Bandara/stasiun sekitar pk.15.00, berangkat dari …

tempat wisata di bekasi

7 Tempat Wisata Bekasi yang Harus di Kunjungi

Sebagai kota satelit dari Jakarta, Bekasi dapat disebutkan kota yang tak kalah sibuknya dengan ibu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.