Wednesday , November 7 2018
Home / Wisata Kota Jogja / 7 Tempat Wisata di Magelang yang Keren dan Instagramable

7 Tempat Wisata di Magelang yang Keren dan Instagramable

Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke, dihiasi oleh enam pulau-pulau besar yang berisikan 34 provinsi. Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang belum mengenali Tanah Air sebagai negara yang kaya akan lokasi wisata, dan lebih memilih terbang ke negeri orang ketika liburan. Padahal, Indonesia tak melulu Pulau Bali dan Lombok, tak semata melulu Raja Ampat atau Taman Laut Bunaken.

punthuk setumbu magelang

Cobalah berkunjung ke Jawa Tengah, tepatnya ke Magelang, suatu wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak terlalu serinh terdengar, sebab kota ini tak sebesar Semarang atau Surakarta. Namun, tujuan wisatanya tak kalah dari wilayah-wilayah di sekitarnya. Yuk, jelajahi Magelang dengan referensi tempat wisata berikut ini.

 

1. Candi Borobudur

candi borobudur
Berkunjung ke Magelang tak lengkap jika tidak menginjakkan kaki di di antara tempat wisata di Magelang yang sangat tersohor di dunia, Candi Borobudur. Candi ini berumur abad ke-18 Masehi oleh kaum Dinasti Syailendra ini sudah dinobatkan sebagai warisan dunia.

Melangkahlah ke dalamnya, dan Kamu akan takjub dengan banyaknya arca. Konon, terdapat 504 arca yang di bangunan bercorak Buddha ini. Meniti tangga sampa* ke puncak, terdapat suatu stupa berukuran besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil dengan arca di dalamnya. Kabarnya jika tangan Kamu dapat menyentuh tangan arca, apa pun kemauan Kamu bakal segera terwujud.

2. Candi Medut

candi medut

Candi memang sudah menjadi sebuah tujuan wisata yang amat unik untuk dikunjungi. Kembali pada masa beratus tahun silam membuat kita dapat memahami bagaimana cerita kerajaan yang sudah ada saling berebut kekuasaan. Salah satu candi yang mesti Kamu tuju saat ke Magelang ialah Candi Mendut.

Berdasarkan daftar yang ditulis oleh seorang arkeolog bernama J.G. de Casparis, Candi Mendut diciptakan oleh kaum Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Indra. Akan tetapi, bangunan ini sempat menghilang, dan saat ditemukan dan dibentuk kembali pada tahun 1836 silam, unsur atapnya tidak pernah ditemukan.

Masih dari daftar yang sama, dituliskan bahwa pada masa itu, Raja Indra membangun satu bangunan suci yang beri nama Wenuwana, dengan kata lain hutan bambu. Kabarnya, yang menciptakan Casparis memutuskan bahwa latar belakang pembangunan Candi Mendut ialah sebuah lokasi suci Raja Indra.

3. Ketep Pass

ketep pass magelang

Ketep Pass ialah suatu* tempat wisata di Magelang yang menyuguhkan pemandangan alam berupa megahnya Gunung Merapi yang dapat dipandangi dari jarak yang lumayan dekat. Tempat wisata di Magelang yang dulu mempunyai nama “Gardu Pandang Ketep” ini di bangun pada lahan seluas 8000 meter persegi. Di sekitarnya, terdapat tidak sedikit penjual makanan ringan, seperti contohnya penjaja jagung bakar, mi instan, dan susu jahe.

Beberapa tahun berselang, lokasi wisata di Magelang yang satu ini telah merasakan perkembangan yang lumayan signifikan. Tak melulu berupa gardu pandang, kini telah ada pula Museum Vulkanologi yang memperlihatkan segala informasi seputar kegiatan Gunung Merapi. Di samping itu, terdapat pula teater mini yang bakal memutarkan film sejarah Gunung Merapi, perangkat Pancaarga, dan teropong.

4. Punthuk Setumbu

Apakah Kamu ingin menyaksikan matahari terbit atau terbenam yang sangat menawan? Punthuk Setumbu ialah tempat wisata di Magelang yang tepat untuk Kamu tuju. Bertemankan Gunung Merbabu dan Merapi di antaranya, terbit dan matahari menjadi peristiwa paling eksotis yang tak boleh untuk Kamu lewatkan. Siluet Candi Borobudur dari kejauhan pun akan membuat mata mu semakin menatap bengong dan mulut tak hentinya berdecak kagum.

Sebelum menjadi sebuah tujuan wisata favorit, dahulu Punthuk Setumbu hanyalah suatu bukit setinggi 400 meter yang dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai ladang. Tersedia gazebo untuk para pengunjung untuk bersantai sembari menantikan datang atau pulangnya matahari. Waktu yang sangat tepat untuk mendatangi tempat wisata di Magelang yang satu ini ialah saat musim kemarau datang, atau antara bulan Juni sampai Agustus.

5. Gereja Ayam

gereja ayam magelang

Tempat wisata di Magelang yang satu ini ialah sebuah gereja yang memang bentuknya seekor ayam duduk dengan mahkota di atas kepalanya. Destinasi wisata ini seketika amat sangat populer sejak dipakai sebagai latar di film legendaris “Ada Apa dengan Cinta 2”. Bentuk bangunannya yang menarik menjadi salah satu pesona utama gereja ini.

Gereja Ayam mempunyai empat tingkatan yaitu tingkat pertama, Kamu akan akan melihat luasnya ruangan gereja yang seringkali digunakan sebagai tempat ibadah. Lalu, naik ke tingkat kedua, kamu akan menemukan leher ayam dan paruhnya yang bergincu di tingkat berikutnya. Di tingkatan terakhir, yakni di palinh atas, Kamu bakal disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang, tepatnya sejauh 2,5 kilometer dari Candi Borobudur. Jika hendak berkunjung kesini, Kamu perlu siapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp5.000 saja.

6. Pinusan Kragilan

pinusan kragilan

Berada di kaki Gunung Merbabu, Pinusan Kragilan adalah sebuah lokasi wisata di Magelang yang didominasi oleh hamparan pepohonan pinus yang menjulang. Oleh para pengunjung, lokasi wisata ini lebih akrab disapa dengan sebutan Top Selfie Pinusan Kragilan. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan, sebab memang ada tidak sedikit sekali lokasi berfoto yang pemandangannya begitu menakjubkan. Salah duanya ialah di tengah hutan dan di jalanan lurus yang tempatnya tepat di sesudah pintu masuk.

Sembari mengelilingi hutan dan berfoto, Kamu dapat sekaligus menyusuri Sungai Selo Tumpang yang mengalir di sepanjang hutan pinus ini. Kamu hanya membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, Kamu sudah dapat mendapatkan liburan yang luar biasa. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kamu tidak diperbolehkan untuk mendirikan tenda dan berkemah di area ini.

7. Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang

Air Terjun Kedung Kayang terkenal tidak saja karena panorama alamnya, melainkan juga mitos di balik adanya di lokasi ini. Pancuran airnya berasal dari tiga mata air yang berasal dari retakan bebatuan. Di balik derasnya pancuran air, terdapat satu gua yang konon katanya sering dipakai untuk bertapa.

Tak berhenti di situ saja, mitos ini juga masih berlanjut sampai pada penamaan wisata ini. Kabarnya, air terjun ini berasal  dari tiga orang empu, yakni Empu Khalik, Empu Panggung, dan Empu Putut. Lokasi ini adalah tempat bermukim ketiganya. Kemudian, mereka pun menyelenggarakan sayembara melempar telur. Lokasi pecahnya telur berikut yang lantas* menjadi asal awal dari ketiga sumber pancuran airnya.

 

Itulah referensi tempat wisata untuk Kamu yang ingin berlibur di Kota Magelang. Share ke teman-teman Kamu juga ya.

About Ngulon

Check Also

tempat wisata di bekasi

7 Tempat Wisata Bekasi yang Harus di Kunjungi

Sebagai kota satelit dari Jakarta, Bekasi dapat disebutkan kota yang tak kalah sibuknya dengan ibu …

Paket Tour Laboan Bajo

PAKET TOUR LABOAN BAJO 3H2M

Itenerary :  Day 1 : –Tiba di Labuan Bajo (around 3pm), meeting point di Alba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.