5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Labuan Bajo

Kebanyakan orang yang berlokasi di Jawa mungkin jarang mendengar tentang Labuan Bajo. Labuan Bajo adalah desa nelayan yang terletak di ujung barat Flores di wilayah Nusa Tenggara, Indonesia timur.

Selain menjadi kota nelayan kecil, Labuan Bajo sekarang menjadi salah satu tujuan wisata tersibuk di Flores. Kota ini adalah perhentian bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo.

Semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Pulau Komodo telah memaksa para manajer untuk membangun banyak fasilitas tambahan seperti hotel bintang lima di Labuan Bajo dalam upaya meningkatkan kenyamanan wisatawan.

Labuan Bajo

Labuan Bajo

Yang sangat menarik tentang Labuan Bajo adalah ketika matahari terbenam mulai mengubah warna langit menjadi oranye. Anda akan ditawari pemandangan yang menakjubkan di sini. Matahari yang terbenam menciptakan siluet pulau yang dramatis di dekat pelabuhan.

Selain menikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan. Berikut 8 hal yang harus dilakukan ketika mengunjungi Labuan Bajo.

1. Mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang

Rana Cunca

Rana Cunca

Cunca Wulang adalah air terjun yang terletak sekitar 300 meter sebelah timur Kota Labuan Bajo. Ada 3 air terjun di Cunca Wulang, tetapi untuk mendapatkan keindahan air terjun ini Anda harus berjalan melalui hutan selama sekitar 30 menit. Anda tidak perlu khawatir karena trekking ini bukan kegiatan yang sulit.

Setelah 30 menit hiking, Anda akan senang melihat tebing tinggi yang menyerupai tebing Green Canyon dan air sungai biru jernih. Untuk melihat lebih dekat keindahan air terjun, Anda harus mandi dulu di sungai yang jernih ini.

Apakah Anda suka kegiatan ekstrem? Anda dapat mencoba melompat dari tebing setinggi 3 hingga 10 meter seperti di film Breaking Dawn. Anda tidak perlu khawatir tentang rasa sakit karena Anda tidak akan merasakan sakit sama sekali, sebaliknya Anda akan merasa lebih segar dari biasanya.

Air terjun Cunca Wulang ini adalah salah satu tujuan wisata terkenal di dunia, bahkan lebih banyak turis asing datang ke sini daripada wisatawan Indonesia.

2. Trekking di Taman Nasional Loh Liang

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Jika Anda ingin menikmati habitat yang tepat untuk hewan Indonesia, ini adalah lokasi yang tepat. Di Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai barat, Labuan Bajo, Flores, Anda dapat melihat dari dekat bagaimana kehidupan Komodo yang sebenarnya.

Untuk sampai ke Taman Nasional Loh Liang, Anda akan melakukan perjalanan dengan kapal selama 3 hingga 4 jam. Perjalanan panjang akan membuahkan hasil ketika Anda tiba di taman nasional ini. Taman Nasional Loh Liang menawarkan pemandangan sabana yang menakjubkan, tidak kurang dari Taman Nasional Baluran.

Di sini Anda nantinya akan dipandu oleh perjalanan sabana ke beberapa lokasi yang dikunjungi oleh banyak naga. Di sini Anda dapat melihat komodo dari jarak yang sangat dekat, antara 2 dan 3 meter. Perjalanan ini cukup sulit, jadi Anda benar-benar perlu menyiapkan stamina.

3. Nikmati matahari terbenam di Pulau Kalong

Pulau Kalong

Pulau Kalong

Dengan mengunjungi pulau ini Anda akan senang dengan populasi kelelawar super besar. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah ketika matahari terbenam. Saat Anda berbaring di kapal, Anda bisa menyaksikan kelelawar memotong langit oranye.

4. Menyelam, menyelam, dan wisata perahu

Menyelam Labuan Bajo

Menyelam Labuan Bajo

Kunjungi Labuan Bajo jangan lewatkan kesempatan untuk menyelam dan snorkeling, karena di sini Anda akan menemukan keanekaragaman biota laut yang masih alami dan sayangnya tidak boleh dilewatkan.

Di sini Anda akan menyelam dengan dua instruktur dalam satu kelompok, sehingga Anda benar-benar senang menikmati keindahan dunia bawah laut. Sebelum menyelam, Anda akan terbiasa dengan situs menyelam, topografi, dan rencana menyelam sebelumnya.

Selama menyelam nanti Anda dapat menemukan banyak makhluk laut yang menarik. Dimulai dengan manta, hiu, tuna, umbi-umbian, bangkai Napoleon, belut biru belut, belut, hiu, gurita, cumi-cumi, ranting nudibranch, krustasea orangutan, kepiting hias, dan banyak lagi.

Beberapa pilihan pelatihan menyelam terbaik dan bersertifikasi internasional meliputi Divine Diving, Flores Diving Center, Komodo Diving Center dan Blue Marlin Komodo. Jika Anda ingin menyelam ke Labuan Bajo, Anda dapat mengikuti salah satu kursus.

Pelatihan menyelam, selain menyediakan konten menyelam, juga menawarkan paket wisata di sekitar kapal. Kegiatan ini patut dicoba, dengan mata telanjang Anda dapat melihat air laut yang jernih dan terumbu karang yang tumbuh di dalamnya.

5. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Pulau Kawana terletak di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki pasir putih susu dengan campuran air laut biru jernih dan biru jernih. Bagi Anda yang ingin bersantai, Anda bisa menikmati keindahan pulau ini sambil memesan makanan di restoran.

Anda juga bisa mencoba hiking di perbukitan di pulau ini. Bagi Anda yang tidak ingin tinggal di pulau, cobalah snorkeling. Pulau Kanawa adalah habitat bagi terumbu karang berbagai warna dan ikan kecil yang hidup di dalamnya.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Pantai Tambakrejo

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

Ketika datang ke kota Blitara, Kuil Bung Karno datang ke pikiran pertama. Ya, kota Blitar …

Masjid Raya Medan

15 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dijuluki sebagai kota multi-etnis, Medan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.