25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta menawarkan berbagai tujuan wisata untuk semua kelompok, mulai dari tempat wisata keluarga, alam, budaya, pendidikan, hingga kuliner. Berbagai tempat wisata di Jakarta juga merupakan ikon daerah, cocok untuk pemula yang ingin mendapatkan pengalaman terbaik, terutama jika ada sedikit waktu untuk beristirahat.

Ingin tahu apa saja tempat wisata menarik di Jakarta? Berikut adalah rekomendasi dari 25 tempat wisata di Jakarta untuk dijelajahi ketika Anda mengunjungi ibukota nasional Indonesia.

1. Taman miniatur Indonesia yang indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah taman hiburan bertema ikonik Indonesia yang telah populer sejak tahun 90-an. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas seperti Paviliun Regional, kereta gantung, teater 4D, museum, Teater IMAX Keong Mas dan banyak lagi. Semua fasilitas, bangunan, wahana dan dekorasi di tempat-tempat wisata di Jakarta adalah 33 provinsi di Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah sangat cocok untuk segala usia, terutama wisatawan yang membawa anak-anak. Lokasi ini juga cukup strategis dan mudah diakses oleh angkutan umum seperti KRL dan bus Trans Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah buka mulai pukul 07:00 hingga 21:00.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol

Pantai Ancol

Pantai Ancol adalah rute wisata pantai yang terdiri dari lima pantai: Pantai Indah, Elok, Ria, Festival Ancol dan Karnaval Ancol. Resor wisata di Jakarta ini buka 24 jam dan menawarkan panorama indah, tempat makan, dan lokasi yang sempurna untuk matahari terbit atau terbenam. Pengunjung dapat berfoto, bermain pasir, joging, atau makan di salah satu restoran di kawasan wisata terpadu ini. Beragam poin di tempat wisata Jakarta, yang satu ini juga cocok untuk menghidupkan kembali album Instagram Anda.

Pantai Ancol cukup bersih dan memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Daerah ini juga dekat dengan berbagai tempat hiburan seperti Seaworld dan Fantasy World. Pantai Ancol mudah diakses oleh transportasi umum, misalnya dengan menggunakan transportasi umum Trans Jakarta dan Ancol.

3. Ocean Ocean Ocean

Ocean Dream Ocean

Ocean Dream Ocean

Ocean Dream Samudra, juga dikenal sebagai Gelanggang Samudra, adalah objek wisata bertema pantai di Jakarta dan berada dalam mimpi Dunia Fantasi Ancol. Ocean Arena menawarkan atraksi untuk binatang seperti lumba-lumba dan singa laut, Paradise Bird Park, pertunjukan menegangkan seperti Scorpion Rides, di taman bermain seperti Jellyfish dan Boto-Bot.

Ocean Dream Samudra memiliki fasilitas wisata yang lengkap, termasuk beberapa pusat kuliner, tempat ibadah, toilet dan klinik. Ada juga minuman es krim dan kios di beberapa titik di kawasan wisata Jakarta ini. Ada juga jalur hiking yang cukup luas antara setiap kendaraan, bersama dengan pohon dan taman, untuk memberikan kenyamanan bagi keluarga yang menikmati liburan di tempat wisata Jakarta.

Pengunjung dapat menuju lokasi tempat wisata di Jakarta dengan beberapa jenis transportasi seperti KRL, koridor bus Trans Jakarta 1 dan 5, serta bus kota reguler menuju Ancol. Ocean Dream Samudra buka setiap hari pada pukul 09:00 dan tutup pada pukul 17:00 (pada akhir pekan pukul 18:00).

4. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi adalah taman hiburan keluarga di area Dunia Fantasi Ancol. Taman ini menawarkan berbagai wahana, mulai dari ketegangan seperti Tornado, Halilintar, dan histeria, hingga yang cocok untuk segala usia seperti Tilted House, Teapot, Turangga Rangga dan Pontang-Pontang.

Tempat wisata di Jakarta ini juga menawarkan wahana bertema khusus, seperti Es Petualangan Arktik, Treasureland, Dufan Glow, Fantasy Lights: The Magic of Dufan dan Hello Kitty Adventure. Efek suara, cahaya dan penampilan robot dan aktor animatronik akan membuat perjalanan ini lebih hidup. Tiket untuk wahana bertema ini dapat dipesan secara online, untuk menghindari antrian.

Pengunjung dapat pergi ke Dunia Fantasi dengan cara yang sama dengan melakukan perjalanan ke Ancol Dreamland dan Ocean Dream Samudra. Dunia fantasi buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 18:00. Pada akhir pekan, Dufan buka sampai jam 8 malam.

5. Allianz Ecopark

Allianz Ecopark

Allianz Ecopark

Allianz Ecopark, juga dikenal sebagai Ocean Ecopark, taman wisata alam dan keluarga dalam mimpi Taman Impian Ancol. Taman ini dikelilingi oleh pepohonan rindang dan sungai yang indah. Selain itu, ada jalur olahraga, taman bermain, tur danau, kebun binatang mini, bilik relaksasi, dan ngarai dan pendayung.

Pengunjung dapat bermain ketika mereka belajar di tempat-tempat seperti Bee House, Faunaland dan Energy House. Arena keluar dan arena paintball akan menyediakan hiburan untuk segala usia. Ada juga Learning Farm yang menawarkan paket belajar di farm farm untuk anak-anak. Fasilitas pasar lingkungan dan kedai makanan akan menambah kegembiraan tempat wisata ini di Jakarta.

Allianz Ecopark buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 6 sore, tetapi setiap kendaraan memiliki jam buka dan tutup yang berbeda, seperti jam 8 pagi sampai 4 sore untuk arena paintball dan Learning Farm, dan dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. : 30 untuk Faunaland.

6. The Living Museum

Museum yang hidup

Museum yang hidup

Terletak di Taman Impian Ancol, Alive Museum adalah jaringan unik museum visual dari Korea yang menampilkan patung lilin dari selebritas, mirip dengan Museum Madam Tussaud di Bangkok, Hong Kong, Cina, Jepang, dan Singapura. Berbagai patung menggambarkan selebritis hiburan dunia, mulai dari penyanyi pop Korea hingga penyanyi Barat dan bintang Hollywood yang terkenal. Ada juga koleksi ilusi visual dengan gambar kreatif, sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk mengisi album Instagram Anda.

Museum Alive buka dari hari Selasa hingga Minggu, pukul 10:00 hingga 9:00 malam. Tempat wisata di Jakarta ini hanya buka pada hari Senin jika hari itu bertepatan dengan hari libur nasional.

7. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol adalah pusat pariwisata seni, budaya dan komersial, yang dikemas dengan desain yang mirip dengan taman hiburan keluarga. Pasar Seni Ancol adalah tempat bagi para seniman dan pengrajin untuk memajang dan menjual karya-karya mereka. Pengunjung juga dapat mengunjungi berbagai studio seni dan melihat proses pembuatan karya seni.

Pasar Seni Ancol memamerkan dan menjual barang-barang seperti lukisan, boneka, penutup dinding dan sejenisnya. Ada juga patung unik yang menghiasi berbagai sudut taman. Selain itu, pengunjung dapat menikmati pertunjukan artistik dan musikal dari berbagai komunitas. Salah satu pertunjukan yang secara rutin berlangsung di Pasar Seni adalah malam Jazz, yang berlangsung setiap hari Jumat dari jam 19:30 hingga 22:30.

Terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, pengunjung tidak perlu lagi membayar untuk memasuki area Pasar Seni.

8. Pantai Marunda

Pantai Marunda

Pantai Marunda

Pantai Marunda sering menjadi tujuan wisata bagi penduduk lokal di Jakarta Utara, dengan nuansa yang lebih sederhana dari Ancola. Pemandangan di tempat wisata di Jakarta Utara cukup indah dan suasananya relatif tidak ramai. Tempat wisata utama adalah tempat wisata bersejarah di dekatnya, yang merupakan rumah bagi pahlawan Betawai Si Pitung dan masjid Al-Alam.

Anda dapat mengunjungi Pantai Marunda kapan saja secara gratis. Pengunjung dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar dengan harga yang relatif murah (pastikan untuk menyetujui ongkos sebelum naik). Pengunjung yang tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil rute angkutan umum Priok – Cilincing yang terhubung dengan KWK U05 lokal (merah). Berhenti di depan gedung STIP, lalu berjalanlah sampai Anda mencapai pantai.

9. Waterbom

 Waterbom

Waterbom

Waterbom adalah taman wisata air populer yang terletak di Pantai Indah Kapuk. Waterbom menawarkan berbagai kolam untuk segala usia, dengan berbagai tingkat ketegangan. Situs wisata di Jakarta ini memiliki fasilitas lengkap dan lokasi strategis, dan staf profesional yang akan memastikan bahwa setiap kendaraan memenuhi standar keselamatan setiap saat.

Waterbom Jakarta menawarkan wahana yang menarik seperti Twizter, Speedslide dan The Hairpin. Salah satu wahana ikonik adalah Aquatube, lereng setinggi 118 kaki. Ada wahana yang cocok untuk pengunjung muda, seperti kolam dangkal, tempat sampah mahal dan kolam santai. Fasilitas nyaman termasuk kamar ganti, pancuran, toilet, toilet, dan beberapa tempat santai.

Waterbom Jakarta buka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai 6 sore. Pengunjung yang tidak mengendarai mobil sendiri dapat menggunakan bus Trans Jakarta ke pusat perbelanjaan Pluit Village dan kemudian mengambil rute angkutan umum Grogol – Angke (B01) ke Pantai Indah Kapuk.

10. Taman Alam Mangrove Angka Kapuk

Taman Alam Mangrove Angka Kapuk

Taman Alam Mangrove Angka Kapuk

Taman Alam Mangrove Angka Kapuk juga terletak di sekitar Pantai Indah Kapuk. Daerah ini adalah hutan bakau yang dikelilingi oleh air. Pengunjung dapat menggunakan perahu berpemandu untuk melihat pemandangan hutan bakau dan menemukan banyak kadal yang memanjat di daerah tersebut. Pengunjung juga dapat menikmati keteduhan hutan bakau saat mereka berjalan di jembatan.

Tempat wisata Jakarta memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti restoran, penginapan bergaya tradisional dan tempat untuk bersantai. Pengunjung juga dapat membantu melestarikan lingkungan dengan menanam pohon bakau, hanya dengan membayar biaya rendah untuk satu biji. Penanaman pohon juga sering merupakan kegiatan kelompok wisata, misalnya di kalangan siswa, siswa atau karyawan sekolah.

Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai 6 sore. Taman wisata ini dapat dicapai dengan bus kota yang menuju Grogol atau Trans Jakarta (koridor 9A). Dari Grogol, pengunjung harus naik angkutan umum lagi ke Angka Kapuk.

11. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah tujuan wisata keluarga dan pendidikan yang cocok untuk segala usia. Ragunan tidak hanya memiliki koleksi lebih dari 290 spesies hewan, tetapi juga berbagai fasilitas pendidikan dan kesenangan.

Saat ini, Ragunan memiliki dunia Orang Utan dan Primate Schmutzer, sebuah lembaga pendidikan tentang primata. Selain museum dan pusat informasi, pengunjung dapat berinteraksi dengan orangutan hidup. Ada juga taman bermain dan Kebun Binatang Anak-Anak, yang merupakan kebun binatang mini di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan peliharaan kecil.

Tempat wisata di Jakarta Selatan ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai 4 sore. Lokasi kebun binatang ini cukup strategis, dan dapat diakses oleh Trans Jakarta, transportasi umum, serta berbagai jenis transportasi jaringan.

12. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia adalah museum di Jakarta Pusat, yang berisi koleksi prasasti, patung, senjata tradisional, tekstil, keramik, manuskrip, penggalian arkeologi dan benda-benda kuno lainnya dari berbagai daerah di nusantara. Didirikan pada 1778, tempat wisata di Jakarta Pusat ini sekarang dikenal sebagai salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum Nasional juga dikenal sebagai "Museum Gajah," karena patung gajah di halamannya.

Museum Nasional Indonesia menawarkan akhir pekan seni dan sejarah setiap akhir pekan. Pengunjung dapat belajar tarian tradisional dan batik, atau menonton pertunjukan seni dan dongeng. Objek wisata di Jakarta ini buka dari jam 8:30 pagi sampai jam 4 sore, tetapi pada hari Jumat museum tutup pada jam 11:30 pagi. Selain itu, Museum Nasional juga tidak beroperasi pada hari Senin.

Pengunjung yang ingin ke tempat wisata ini di Jakarta dapat menggunakan bus Trans Jakarta, dengan ibukota atau stasiun bus yang berhenti di Stasiun Gambir.

13. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah adalah nama yang populer untuk Museum Sejarah Jakarta. Didirikan pada 1712, objek wisata di Jakarta ini menyimpan barang-barang dari kerajaan Pajajaran dan Tarumanegar, koleksi becak dari berbagai era, produk budaya Betawai, dan peninggalan bersejarah era kolonial. Ada juga koleksi furnitur kuno dengan gaya berbeda, mulai dari Jawa, Cina, hingga Belanda.

Museum Fatahillah juga memiliki program pendidikan sejarah dan budaya, seperti Program Seni Nusantara, Seminar Museum Sejarah, untuk kegiatan restorasi sejarah. Museum ini juga populer sebagai tempat persiapan foto karena latar belakang yang ditawarkan sangat khas. Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari kecuali Senin mulai pukul 09:00 hingga 17:00.

Pengunjung yang tidak mengangkut kendaraan pribadi dapat naik bus KRL atau Trans Jakarta ke Kota, turun di Stasiun Kota dan kemudian berjalan kaki singkat ke daerah Kota Tua.

14. Museum Boneka

Museum Boneka

Museum Boneka

Museum Wayang terletak di kawasan Kota Tua, tidak jauh dari Museum Fatahillah. Museum ini menampung koleksi boneka dari berbagai daerah di Indonesia, seperti boneka bayangan, pertunjukan boneka, dan boneka. Di lokasi wisata di Jakarta ini, pengunjung juga dapat melihat boneka dari negara-negara tetangga Indonesia, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Cina, India, dan Kamboja.

Museum ini memiliki bangunan khas era kolonial Eropa tetapi "rumah" yang lebih berkesan dibandingkan dengan Museum Fatahillah. Selain koleksi boneka, pengunjung juga dapat mengunjungi teater dan proses pembuatan boneka. Museum Boneka juga menawarkan berbagai kegiatan untuk menyebarluaskan wawasan pengunjung, melalui kursus membuat boneka pendek.

Museum Wayang buka setiap hari kecuali Senin, mulai jam 9:00 – 22:00.

15. Monumen Nasional

Monumen Nasional

Monumen Nasional

Monumen Nasional Monas adalah destinasi wajib bagi warga di luar Jakarta untuk berfoto. Dikelilingi oleh taman-taman indah di luar, bagian dalamnya menggambarkan diorama perjuangan rakyat Indonesia untuk kemerdekaan. Ada juga lift yang akan membawa pengunjung ke puncak monumen dan melihat panorama Jakarta dari atas.

Sejak 2016, pemerintah provinsi DKI Jakarta telah membuka Monumen Nasional di malam hari sehingga pengunjung dapat menikmati tamasya malam hari. Pengunjung dapat memasuki kawasan wisata Jakarta dengan menggunakan kereta wisata Gerbang Lugangan Jakarta, terutama pada malam hari. Pengunjung lapar bisa makan di warung makan di sekitar Monako.

Monumen Nasional dibuka pada pukul 08:00 setiap hari dan tutup pada pukul 22:00 (pada akhir pekan pukul 00:00). Namun, lift menuju puncak Monas hanya beroperasi hingga pukul 16:00, dan kemudian mulai melayani pengunjung lagi pada pukul 18:30 dengan kuota 500 orang. Ini menjaga kondisi elevator serta menyediakan opsi perawatan teknis.

Lokasi Monas cukup strategis karena terletak di tengah kota, tidak jauh dari Stasiun Gambir. Pengunjung dapat mengambil rute TransJakarta antara Blok M – Kota (Koridor 1), KRL dan Kereta Penumpang Jabodetabek.

16. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah salah satu situs ikonik Jakarta yang terletak dekat dengan Istana Nasional dan Monumen Nasional. Dibuka pada tahun 1978, masjid terbesar di Asia Tenggara adalah "Masjid Nasional", yang dibangun untuk menandai kemerdekaan Indonesia. Arsitekturnya luar biasa dan sering menjadi subjek foto oleh fotografer lokal dan internasional.

Masjid ini tidak hanya cantik tetapi juga nyaman dan dapat menampung sekitar 200.000 orang. Masjid Istiqlal buka 24 jam untuk Muslim yang menginginkannya. Pengunjung juga dapat berfoto di area masjid dan beristirahat sejenak saat berjalan kaki di Jakarta.

17. Gereja Katedral

Gereja Katedral

Gereja Katedral

Katedral ini terletak tidak jauh dari masjid Istiqlal, sehingga merupakan simbol keharmonisan antar agama. Gereja ini memiliki desain bergaya Eropa yang khas, dengan menara pengait yang khas dari gereja Gothic. Katedral ini terbuka untuk umat Katolik dan pengunjung umum yang ingin melihat keindahan bangunan.

Desain Gereja Katedral yang unik dan khas juga membuatnya populer sebagai situs fotografi pra-pernikahan. Lokasi yang strategis memfasilitasi akses ke bus Trans Jakarta dan transportasi umum.

18. Kuil Jin De Yuan

Kuil Jin De Yuan

Kuil Jin De Yuan

Din Je Yuan adalah kuil tertua di Indonesia, yang dibangun pada tahun 1650. Kuil ini memiliki desain kompleks yang berwarna-warni, dan merupakan salah satu kekayaan sejarah dan agama yang diwarisi dari komunitas Cina. Kuil ini masih bertindak sebagai tempat ibadah, tetapi pengunjung biasa dapat masuk untuk mengambil gambar di tempat wisata ini.

Pengunjung yang tidak datang untuk beribadah dapat difoto di area tertentu dan diharapkan mendapat kehormatan. Tidak ada biaya untuk memasuki bait suci, tetapi pengunjung dapat memberikan kontribusi sederhana dalam penghormatan.

Kuil Din Je Yuan terletak di Glodok, tepat di Kota Tua Cina. Berbagai kendaraan umum melewati daerah tersebut, seperti kereta penumpang Jabodetabek, bus Trans Jakarta (koridor 1) dan bus Mayasari.

19. Blok Pasar Anah dan Tanah Abang

Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang Blok A dan B adalah pusat perbelanjaan grosir yang menjual berbagai pakaian murah, mulai dari pakaian muslim, koleksi pakaian pria dan wanita, pakaian anak-anak, hingga tas, sepatu dan syal. Resor wisata di Jakarta ini terdiri dari 12 lantai dan merupakan salah satu surga belanja murah bagi penduduk dan pelancong yang suka berbelanja (atau ingin mencari oleh-oleh murah).

Pasar Tanah Abang juga dikenal untuk menjual barang-barang berkualitas ekspor dengan harga yang relatif wajar dibandingkan dengan pusat perbelanjaan mewah. Suasana Blok A dan Blok B mirip dengan mal modern akan membuat belanja Anda lebih menyenangkan.

Pasar Tanah Abang buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Pengunjung dapat menemukannya menggunakan koridor bus Trans Jakarta 1, turun di stasiun Bundaran HI dan kemudian naik angkutan umum ke Tanah Abang.

20. Museum Tekstil

Museum Tekstil

Museum Tekstil

Sesuai dengan lokasinya di dekat Tanah Abang, Museum Tekstil memamerkan berbagai kain tradisional. Pengunjung dapat melihat banyak tekstil dari berbagai daerah di Indonesia, dari batik Jawa, Sumatra, Bali dan Papua hingga berbagai ikata. Pengunjung juga dapat melihat berbagai alat tenun, alat batik dan alat lainnya yang terkait dengan pembuatan kain tradisional.

Museum Tekstil juga memiliki koleksi tanaman yang sering digunakan sebagai pewarna atau benang tradisional. Ada juga teater mini untuk film-film pendidikan tentang sejarah dan budaya tekstil. Pengunjung dapat mengunjungi toko-toko suvenir untuk membeli berbagai buku, kain, dan bahkan alat pembuatan kain tradisional. Paviliun Batik di museum ini sering merupakan area untuk kursus membatik atau menenun ikat untuk umum.

Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari (kecuali Senin) mulai pukul 09:00 hingga 15:00. Menuju ke sana sama dengan pergi ke daerah Tanah Abang, ditambah sedikit berjalan kaki setelah tiba di stasiun Tanah Abang (untuk pengunjung yang menggunakan transportasi umum).

21. Pecenongan Night Food

Pecenongan Night Food

Pecenongan Night Food

Jalan Kuliner Malam Jalan Pecenongan memanjang sepanjang 600 meter di daerah Sawah Besar di Jakarta Pusat. Aktif mulai pukul 18:00 hingga 14:00, Malam Kuliner Pecenongan menyajikan berbagai makanan murah, dalam bentuk warung kaki lima dan restoran legendaris.

Daerah Pecenongan memiliki restoran makanan laut, restoran Cina, kios martabak, toko kue, stan sate dan sejenisnya. Ada juga kedai makanan lokal dan restoran seperti Restoran Padang, Restoran Kuliner Medan dan Toko Nasi Uduk. Beberapa restoran Cina menyajikan daging babi untuk menjaga keaslian resep, jadi pengunjung Muslim harus bertanya terlebih dahulu.

Kawasan kuliner Jakarta Pecenongan cukup strategis, sehingga dapat dicapai dengan mudah menggunakan bus Trans Jakarta, Microbus, dan KRL.

22. Kuliner BSM

Kuliner BSM

Kuliner BSM

Tidak seperti Pecenongan, ruang kuliner BSM buka mulai jam 9 pagi sampai 6 sore. Terletak di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kawasan Kuliner BSM adalah tempat makan favorit yang murah bagi penduduk lokal dan juga wisatawan. Kawasan kuliner Jakarta ini menghadirkan stan dan stan yang bertempat di satu ruang khusus. Pengunjung dapat berjalan di jalur sempit antara setiap gudang untuk memilih hidangan.

Area Kuliner BSM menyajikan hidangan berat dan makanan ringan. Pengunjung dapat menemukan bakso, nasi goreng, aneka soto, nasi padang, nasi uduji, pecli, seth, panas, gado-gado dan sebagainya. Ada juga berbagai hidangan ringan dan kue kering, seperti donat kentang, jamur goreng, sup buah, kentang goreng, serta berbagai makanan goreng.

Pengunjung dapat mengambil koridor bus 1 Trans Jakarta 1 (Blok M-Kota) ke stasiun bus Bank Indonesia dan kemudian menyeberang jalan ke gedung Bank Mandiri. Dari sana, BSM Culinary cukup mudah ditemukan.

23. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu pulau paling terkenal di gugusan Kepulauan Seribu, yang terletak di lepas pantai Jakarta. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, Tidung Besar dan Tidung Kecil, dengan jembatan yang disebut Jembatan Cinta yang menghubungkan mereka. Jembatan sering menjadi tempat memotret dan menyaksikan matahari terbenam.

Di Tidung Besar, pengunjung dapat menemukan pondok-pondok, warung makan dan tempat penyewaan sepeda yang dioperasikan oleh penduduk setempat. Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni tetapi memiliki hutan bakau dan sering menjadi lokasi pusat penelitian konservasi. Pengunjung dapat naik perahu cepat dari pelabuhan Muara Angka untuk sampai ke tempat-tempat wisata Jakarta di sepanjang jalan.

24. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Down

Pulau Semak Down

Pulau Semak Daun adalah salah satu pulau kecil di ribuan pulau yang populer sebagai tempat berkemah. Tempat wisata di Jakarta ini memiliki pantai berpasir putih, perairan jernih, terumbu karang, dan area berkemah. Pengunjung dapat menyewa tenda dan membeli air minum jika Anda ingin berkemah. Snorkeling adalah kegiatan populer di pulau ini.

Pulau Semak Daun juga memiliki tempat berkembang biak bagi penyu dan hiu. Jika Anda ingin menjelajahi pulau lebih nyaman, pengunjung harus datang berkelompok dan menutupi biaya naik dan meminjam alat selam bersama. Di pantai Marina Jaya Ancol ada kapal Pelni yang melayani dari Jakarta ke Pramuka. Dari Pulau Pramuka, pengunjung dapat menyewa perahu kecil untuk mengunjungi Semak Daun.

25. Pulau Malaikat

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah pulau kecil di ribuan pulau yang dikenal sebagai kawasan konservasi alam. Pulau ini memiliki hutan bakau, berbagai pohon langka seperti santigas dan elang, dan binatang seperti rusa, lumba-lumba tutul dan elang. Pulau ini juga memiliki area wisata terapung, lengkap dengan kabin kayu bergaya tradisional yang berdiri di atas kolom air.

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau yang didirikan oleh Angkatan Darat Belanda sebagai stasiun pemantauan. Pecinta sejarah dapat mengunjungi reruntuhan kastil dan pos penjagaan di pulau ini. Pengunjung dapat naik perahu dari Pantai Marina Ancol ke objek wisata ini di Jakarta.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Candi Prambanan 5

Wisata Jogja – Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan dinyatakan sebagai Situs …

Jalan Malioboro

Wisata Jogja – Jalan Malioboro

Kapan terakhir kali Anda pergi ke Yogyakarta? Yogyakarta adalah kota yang dapat membuat wisatawan melewatkannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.