Home / Uncategorized / 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba

15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba

Liburan ke ibu kota Jawa Tengah selalu menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Selain menikmati berbagai tempat wisata, rencana penjelajahan kuliner Semarang pasti menjadi rencana yang wajib dimiliki.

Secara umum, pemilihan kuliner Semarang didominasi oleh berbagai spesialisasi Jawa. Bagi Anda yang ingin merasakan sajian kuliner tradisional di kota ini, berikut adalah ikhtisar tempat wisata kuliner Semarang yang perlu Anda coba.

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Pak Bakeng Jawa Bakmi

Pak Bakeng Jawa Bakmi

Mie olahan tentu saja merupakan salah satu sajian kuliner paling populer dari berbagai kalangan. Jika Anda ingin memancing mie di Semarang, masakan Jawa Bakmi milik Pak Gareng adalah tempat yang sangat nyaman untuk makan.

Mie Jawa Pak Gareng melayani pelanggan setia mereka setiap hari, tepat setelah matahari terbenam. Basis masakan kuliner Semarang adalah hidangan mie dengan spesialisasi Jawa. Variasi pasta terdiri dari mie sup dan mie goreng.

Selain mie andalannya, kota kuliner Semarang ini juga menawarkan menu nasi yang rumit. Nasi goreng olahan berbentuk dicampur dengan mie dan sate ayam atau kambing kambing, menu alternatif ini tidak kalah lezat. Mie Jawa Pak Gareng ada di Jalan Wotgandul Dalam No. 173, Gabahan, Semarang Tengah.

2. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Belut adalah salah satu jenis ikan yang memiliki daging paling asam. Ikan yang kaya nutrisi ini relatif mudah diproses. Anda bisa menikmati menggorengnya kering, dan bisa juga diolah dengan saus santan atau sering disebut mangut.

Pemasok mangan paling terkenal di Semarang, tentu saja, Warung Bu Nasima. Untuk membuktikan kelezatan Anda, Anda bisa bergegas ke Jalan Menoreh No. 10, Sampangan, Gajahmungkur.

Di antara saus mangga pedas, ditambah belut yang enak dan lembut saat dimakan, dijamin membuat keringat Anda bocor. Anda juga dapat mencoba berbagai hidangan lainnya, seperti bit goreng, ayam goreng, salad nila, asam jawa fermentasi, lele goreng, rempah-rempah siput pedas, ikan goreng susu, nila goreng, bit goreng, tempe kering, goreng dan paprika goreng.

Objek wisata kuliner di Semarang siap untuk Anda mulai Senin hingga Sabtu, mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

3. Pengetahuan tentang Bp. Edya Gimbala

Gimbal Tofu Paka Edya

Gimbal Tofu Paka Edya

Tahu Gimbal sudah dikenal sebagai salah satu produk kuliner favorit di Semarang. Kunjungan Anda tentu tidak lengkap kecuali Anda menikmati tahu yang dicampur dengan udang.

Tahu Edy Gimbal berada di Jalan Supenoa Menteri, Mugassari, Semarang Selatan. Penanda termudah adalah Taman Keluarga Berencana (KB). Dapat dikatakan bahwa area taman ini memang merupakan pusat penjualan tahu gimbal di Semarang. Anda bisa menikmatinya dari sore hingga malam.

Tahu gimbal itu sendiri berisi campuran irisan kue beras, sayuran kubis, telur, kacang-kacangan dan bawang goreng panggang dan kerupuk. Gimbal Tofu Paka Edya disajikan dengan saus yang cukup banyak dan banyak saus kacang, sehingga kenikmatannya terasa merata. Jika Anda suka pedas, Anda juga bisa memesan tingkat bumbu secukupnya di kota kuliner Semarang ini.

4. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Semarang identik dengan daun jendela. Ketika Anda berhenti di Semarang, Anda pasti akan berburu untuk kuliner khas Semarang ini. Sebelum Anda menyadarinya untuk keluarga dan teman-teman Anda, pertama-tama nikmati rasanya di Lumpia Siem Swie Kiem.

Nama yang terkenal adalah Lumpia Gang Lombok, karena lokasinya di Gang Lombok No. 11, Kauman, Semarang Tengah. Wisata Kuliner Semarang sangat dekat dengan Kuil Tay Kak Sie, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Lumpia Gang Lombok telah berhasil mengambil tempat khusus di hati para penggemar kuliner Semarang, karena rebung tidak terlalu dominan. Porsi juga cukup besar dan bisa makan bersamaan dengan 2 orang agar lebih efektif.

Meskipun buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, Lumpia Gang Lombok dapat ditutup lebih cepat jika ada banyak pelanggan. Jangan kaget jika lumpia pesanan Anda harus antri hingga 1 jam, ya!

5. Warung Asem-asem Koh Liem

Warung Asem-asem Koh Liem

Warung Asem-asem Koh Liem

Asem-asam adalah masakan daging sapi potong dadu dengan sup cokelat bening. Menggunakan buah belimbing sebagai bumbu utama, asam jawa diproses dengan cabai untuk memberikan rasa asam dan pedas yang sangat menyegarkan.

Tempat kuliner terbaik di Semarang untuk mencicipi rasa asam segar, tentu saja, di Warung Warung Liem. Terletak di Jalan Karanganyar No. 28 / C4, Gabahan, Semarang Tengah, Asem-Asem Koh Liem Warung siap melayani Anda setiap hari, mulai pukul 09:00 hingga 19:00 WIB.

Selain masakan asam-asam, stand ini menawarkan banyak jenis masakan lain, misalnya kombi lombok hijau, sarden beras dan ikan sarden susu yang sangat khas Indonesia. Ada juga pilihan menu khas Cina, seperti kue beras Cap Gomeh, capcai, untuk olahan daging babi, udang dan daging katak.

6. Waroeng Semawis

Waroeng Semawis

Waroeng Semawis

Tempat wisata kuliner Semarang hanya buka di malam hari. Penggemar masakan Semarang akan melihat dengan jelas ketika mereka menghidupkan kembali Waroeng Semawis di akhir pekan. Tujuannya adalah untuk makan beragam menu oriental dan kepulauan yang ditawarkan di tempat kuliner di Semarang ini.

Anda dapat menemukan Waroeng Semawis di Jalan Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang Tengah. Pilihan makanan yang bisa Anda nikmati di sini termasuk nasi panas, nasi, sajian daging sapi, dan berbagai hidangan makanan laut. Sedangkan untuk pilihan minuman, Anda dapat mencicipi wedang bundar dan berbagai teh dari berbagai merek.

7. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Es Cong Lik menawarkan banyak pilihan selai es seperti mentega coklat, mesin fotokopi, leci, acar, lengkeng, kantari, alpukat, kacang-kacangan, dan durian. Pilih saja sesuai dengan selera Anda, karena semua rasa menawarkan tingkat rasa yang tidak berbeda.

Proporsi es krim yang disajikan tidak terlalu besar, tetapi terlihat agak kental dengan komposisi es krim 1-2 sendok teh. Untuk ukuran tenda yang tidak terlalu besar, harga Es Puter Cong Lik relatif terjangkau, yaitu berkisar antara Rp10-12 ribu.

Penamaan Cong Lik sendiri berasal dari akronim "Little Peas". Dalam bahasa Indonesia, itu berarti "pembantu kecil." Nama ini digunakan karena pemiliknya, Pak Sukimin, adalah seorang pelayan Jepang pada usia muda. Dia dikenal sebagai pekerja yang gigih dan terampil ketika menjual es di sekitar wilayah Matarama dan Chinatown.

Generasi kedua Pak Sukimin melanjutkan penjualan es mentega, yaitu Pak Imam Suwarto. Anda dapat menemukan Es Puter Cong Lik di Jalan K.H. Ahmad Dahlan A No.11, Karangkidul, Semarang Tengah.

8. Mie Siang Kie

Mie Kie Sore

Mie Kie Sore

Toko mie yang telah berdiri sejak zaman Belanda memiliki menu utama mie mie. Porsi pangsit biasanya disajikan dengan telur goreng, pangsit matang yang mengandung daging babi, daging ayam yang diiris tipis, tahu bakso, bakso ikan dan udang.

Jika disajikan dalam mangkuk sup berisi mustard, kelezatan Mie Siang Kie tidak diragukan lagi. Buka setiap hari dari jam 8.30 malam sampai 4.30 sore, toko mie ini selalu penuh dengan pelanggan, terutama penduduk keturunan Cina.

Jika Anda tertarik, cepatlah kunjungi Jalan Gang Lombok No. 10, Kauman, dekat Kuil Tay Kak Sie.

9. Pisang Plenet

Pisang Plenet

Pisang Plenet

Sesuai namanya, pisang plenet adalah pisang panggang yang ditekan sampai diluruskan. Presentasi menggunakan berbagai topping seperti cokelat, keju, selai stroberi, selai nanas dan kacang-kacangan.

Anda dapat menemukan penyedia kuliner pisang Plenet di Semarang di tiga tempat. Masing-masing terletak di seberang Pusat Perbelanjaan Sri Ratu Pemuda, Jalan Gajah Mada, dan Pasar Semawis. Meskipun sederhana, masakan Semarang juga termasuk kuliner legendaris, misalnya, pisang Pak Puka Plenet di Jalan Pemuda, yang telah melayani pelanggan sejak 1960-an.

Saat ini, Pisang Jalan Pemuda dikelola oleh Pak Tuk generasi kedua. Namanya adalah Pak Turdi. Dialah yang akan Anda kunjungi ketika Anda membeli sepotong piring pisang seharga Rp. 4000.

Di Pasar Semawis sendiri, pengunjung pisang akan dibanjiri pesanan pada akhir pekan hingga malam hari. Audiensi akan mulai dari 18:00 hingga 22:00 melalui WIB, dan Anda dapat mencapai toko Sri Ratu Center antara pukul 13:00 dan 20:00.

10. Soto Bangkok

Soto Bangkok

Soto Bangkok

Masakan soto adalah hidangan yang relatif mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia maupun ketika Anda mengunjungi Semarang. Salah satu tempat soto paling terkenal di Semarang adalah Soto Bangkok. Tempat Kuliner Semarang ini telah melayani pelanggan sejak 1950-an.

Meskipun namanya, Soto Bangkok, Soto ini tidak menggunakan daging katak olahan (Bangkok). Nama Bangkok sendiri diambil dari nama jalan tempat ia dijual. Lokasi ini juga dikenal sebagai Jalan Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Semarang Selatan.

Bagian dari Soto Bangkok akan menampilkan ayam cincang, tomat cincang, bihun, tauge dan bawang acar dan bawang. Presentasi ini dilengkapi dengan saus cokelat jernih yang terbuat dari campuran kecap. Anda dapat menikmati masakan khas Cina ini hanya dengan Rp10.000 per sajian.

Selain menawarkan hidangan soto, Anda juga bisa makan menu lain, seperti ayam goreng, asam asem, sate ayam, satie udang, madu puyuh, telur goreng, rempel goreng atau rebus, rebus dan rebus goreng, rebus dan rebus goreng, serta mint goreng.

11. Bebek goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori

Makan bebek itik tidak kalah enak dari ayam goreng. Saat ini, keduanya sangat diminati, dibuktikan dengan jumlah pemburu bebek kuliner olahan yang rela mencari jauh untuk menikmati kelezatannya. Di Semarang, tempat yang paling tepat bagi pecinta bebek adalah, tentu saja, bebek goreng Pak Thori.

Pemandangan bebek goreng di kota kuliner Semarang tidak berbeda dengan bebek goreng di tempat makan lainnya. Namun, simpan hidangan Anda terlebih dahulu hingga gigitan kedua, karena daging bebek di sini sangat lembut dan empuk. Bumbunya juga sangat dalam pada daging.

Pilih cabai hijau pedas atau saus cabai merah untuk menemani kepuasan makan bebek Anda. Anda bisa menikmati satu porsi bebek goreng dengan biaya sekitar 25 ribu.

Selain bebek, beberapa menu lain yang bisa Anda coba antara lain ayam goreng, lele goreng, dan nasi goreng. Semuanya disajikan dengan tingkat pedas untuk dipilih sesuai selera. Jadi cepatlah dengan Jalan Pati Gunung 15 KM.

12. Mie Pak Dhuwur Kopyok

Mie Pak Dhuwur Kopyok

Mie Pak Dhuwur Kopyok

Tempat kuliner Semarang lainnya yang tak kalah tua dan legendaris adalah mie Pak Dhuwur Kopyok. Jika kereta Anda tiba di Stasiun Poncol Semarang, cepatlah ke lokasi Pak Kopuwok Kopyok. Tempatnya di Jalan Tanjung No. 1 18A, Sekayu, Semarang Tengah, tidak jauh dari stasiun.

Secara keseluruhan, wilayah Sekayu benar-benar penuh dengan banyak tempat makan. Namun, mie Pak Dhuwur Kopyok tetap menjadi pilihan terbaik. Anda akan segera memahami alasannya ketika Anda menemukan kerumunan yang sangat mencolok dibandingkan dengan warung dengan makanan di sekitarnya.

Mie Pak Dhuwur Kopyok menyajikan campuran mie basah yang dimasak terlebih dahulu, potongan tahu goreng, irisan kue beras, kerupuk jahe hancur, kecambah kacang, ditambah bawang goreng dan irisan daun seledri. Sup cokelat akan meningkatkan spesialisasi.

Anda bisa makan satu porsi mie kopyok untuk sekitar 18.000 dengan kerupuk nasi. Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda juga bisa menambahkan saus kacang, yang juga memiliki rasa khas. Buktikan sendiri nikmatnya mie Pak Dhuwur Kopyok, yang buka dari jam 8 pagi sampai 4 sore.

13. Kue Paimo Leker

Cure Kue Paimo

Cure Kue Paimo

Selain lumpia, ternyata kota Semarang juga memiliki manisan lezat yang rasanya seperti kue manis bernama dokter. Kue ini, yang sudah ada sejak zaman Belanda, memiliki rasa yang sangat khas dan berbentuk seperti martbak, tetapi cukup renyah.

Salah satu vendor kue fenomenal di Semarang adalah Kue Leker Paimo. Tempat Kuliner Semarang ini menawarkan makanan ringan yang bisa menjadi salah satu makanan ringan favorit Anda sambil menghabiskan waktu nongkrong bersama teman-teman.

Kue penyembuh Paimo menawarkan berbagai rasa, seperti cokelat, keju, stroberi, pisang, kacang, dan bahkan yang pedas. Lokasi tersebut berada di Jalan Karanganyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah.

14. Nasi Goreng & Gongso Babat Pak Karmin

Nasi goreng dan gongso Babat Pak Karmin

Nasi goreng dan gongso Babat Pak Karmin

Nasi goreng Babat Pak Karmin atau lebih dikenal dengan nasi goreng Babat Mberok adalah salah satu kuliner legendaris Semarang. Mr. Karmin memulai bisnisnya dari tahun 1954 dengan menjualnya di alun-alun, kemudian pada tahun 1971 ia pindah ke sisi Jembatan Mberok. Saat ini, bisnis Pak Karmin berlanjut dengan generasi kedua bernama Pak Suhari. Tempatnya sederhana, tapi kelezatannya tidak perlu diragukan.

Disajikan dengan basis dalam bentuk daun pisang dan irisan telur plus acar, Anda dapat memilih dari berbagai jenis campuran nasi goreng seperti hati, babat, limpa, paru-paru dan banyak lagi. Gongo Tripe sendiri adalah hidangan yang berisi potongan delima dan lauk yang dimasak sampai lunak dan disajikan dengan kecap.

Anda bisa makan satu porsi nasi goreng sekitar 18.000. Sedangkan kerak babat bernilai sekitar Rp. Ingin menikmati kuliner Semarang ini? Berjalanlah melalui Jalan Pemuda, Kauman, Semarang tengah.

15. Restoran Kampung Laut

Restoran Kampung Laut

Restoran Kampung Laut

Menghabiskan liburan di Semarang bersama pasangan pasti akan membuat Anda lebih berkesan jika memilih tempat kuliner romantis di Semarang. Kita harus mencoba Kampung Laut Restaurant.

Menu utama di Kampung Laut Restaurant adalah berbagai jenis makanan laut olahan. Jika ada batasan makanan laut, Anda bisa menggantinya dengan aneka olahan ayam dan iga sapi. Nikmati sensasi makan malam romantis Anda di tengah danau.

Selain dikenal sebagai tempat kuliner romantis, kolam pemancingan juga menjadikan restoran Kampung Laut cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan anak-anak. Ingat, ada taman bermain khusus untuk anak-anak dengan slide, ayunan dan trik.

Keunggulan konten dan suasana di sini tentu menjanjikan pengalaman kuliner yang menyenangkan. Jadi jangan buang waktu Anda, segera siapkan anggaran 45,000-125,000.00 IDR dan bergegas ke Puri Maerokoco di Jalan Anjasmoro, Tawangmas, Semarang Barat.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kalimilk Yogyakarta

10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang bisa menolak pesona Yogyakarta? Sebuah kota yang masih mempertahankan budaya Jawa di tengah-tengah …

beeferoni mushroom pino pizza

Wisata Kuliner Bandung – Pino Pizza Buah Batu

Bosan dengan pizza yang sama? Saya juga bosan, jadi kemarin saya dan teman saya mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.