Wednesday , February 19 2020

15 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang belum pernah mendengar nama Solo? Sebuah kota di Jawa Tengah yang resmi bernama Surakarta benar-benar terkenal di kalangan wisatawan. Tidak hanya memiliki latar belakang sejarah yang padat, Solo juga memiliki pemandangan yang indah. Tidak heran ada banyak tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari alam, budaya, sejarah, agama, hingga wisata modern.

Nah, Anda ingin tahu tempat wisata apa yang harus dikunjungi di Solo? Berikut ini adalah daftar tempat-tempat wisata yang direkomendasikan di Solo yang harus dimasukkan dalam daftar kunjungan Anda saat berlibur.

1. Grojogan ke Sewu Tawangmang

Grojogan ke Sewu Tawangmang

Grojogan ke Sewu Tawangmang

Salah satu tempat wisata paling terkenal di Solo yang telah banyak dibicarakan oleh wisatawan adalah Grojogan Sewu Tawangmang. Tujuan air terjun setinggi 80 meter ini terletak di sisi barat Gunung Lawu, sekitar 37 kilometer dari pusat kota Sol. Air terjun ini adalah yang tertinggi di wilayah Jawa Tengah.

Untuk mencapai situs tersebut, wisatawan harus menaiki setidaknya 1.000 anak tangga. Dengan pemandangan indah ke kanan dan kiri, perjalanan akan terasa lebih nyaman. Mitos, kamu tidak bisa datang ke sini dengan pasanganmu kecuali kamu ingin cintamu putus di tengah jalan.

Di akhir pekan, tempat wisata ini penuh dengan wisatawan dari dan ke luar kota. Untuk dapat melihat keindahan alam di sekitar Air Terjun Tawangmangu, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 20.000 per orang.

2. Istana Surakarta

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang sejarah Sol, kunjungi Istana Surakarta. Bangunan ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan Istana Kartasura, yang dihancurkan oleh sebuah insiden di Chinatown pada tahun 1743.

Sampai sekarang, bangunan ini terus berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan serta objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo. Kompleks di Istana Surakarta dibagi menjadi: Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton dan Kamagang, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. salah satunya digunakan sebagai museum. Berbagai koleksi harta disimpan di situs wisata ini di Solo, seperti gamelan, replika istana, dan barang-barang lainnya yang merupakan hadiah dari raja-raja Eropa.

3. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Tempat wisata bersejarah di kota Solo, yang merupakan Taman Sriwedari berikutnya. Resor wisata di Solo ini adalah kompleks taman yang terletak di daerah Laweyan, Solo, dan telah ada sejak zaman Pakubuwan X. Selain digunakan sebagai tempat hiburan malam rutin Selikuran, Taman Sriwedari juga digunakan sebagai tempat PON pada tahun 1948.

Gedung Boneka Sriwedari (GWO) terletak di daerah ini yang merupakan situs pertunjukan boneka. Di dinding atas dan kanan bangunan ada lukisan besar yang berbicara tentang epik Mahabharata yang disebut "Kresno Duto".

Taman Sriwedari telah menjadi pusat hiburan, seni dan budaya masyarakat Solo dan daerah sekitarnya. Jika Anda berencana untuk berhenti di sini, datanglah sekitar pukul 10:00 hingga 22:00. Harga tiketnya cukup murah, hanya sekitar $ 3000 per orang.

4. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Lokasinya tidak akurat di kota Solo. Namun, objek wisata ini menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di Solo. Sesuai namanya, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.

Objek wisata bersejarah dan pendidikan ini terletak di dekat situs kuno Sangiran, yang ditunjuk oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Dengan luas sekitar 56 kilometer persegi, tempat ini tidak hanya bertindak sebagai tujuan wisata, tetapi juga pusat penelitian bagi para arkeolog dari dalam dan luar negeri, yang ingin mengenal kehidupan manusia dalam prasejarah.

Selain fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus, jejak peninggalan masa lalu yang berusia 200.000 hingga 2 juta tahun juga ditemukan di sini.

5. Taman Balekambang

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Jika Anda menyukai tempat-tempat wisata yang indah dengan pepohonan hijau sejuk, datanglah ke Taman Balekambang yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Solo. Taman seluas 10 hektar ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 untuk dua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Tempat wisata di Solo dibagi menjadi dua bagian. Kompleks pertama adalah Partinah Bosch, yang menampung berbagai tanaman langka, seperti kacang, beringin putih, beringin breech, dan apel cokelat. Sedangkan komplek kedua disebut Partini Tuin (Taman Air Partini). Tempat ini adalah kolam dengan perahu hias yang bisa didaki wisatawan.

Setelah revitalisasi, Taman Balekambang secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 2008 dan difungsikan sebagai pusat / taman seni dan budaya, kebun raya, tempat wisata pendidikan dan rekreasi.

6. Pilar dengan lilin

Tiang lilin

Tiang lilin

Tempat wisata berikutnya di Solo yang sempurna sebagai tempat untuk bersantai di sore hari adalah Tugu Lilin. Bangunan yang didirikan untuk memperingati 25 tahun kelahiran Boedi Oetomo ini bertempat di Jalan Kebvival Nasional, Kota Solo. Angka-angka lilin sengaja dipilih untuk menggambarkan semangat dan perjuangan bangsa Indonesia, yang terus memerintah dalam usahanya untuk kemerdekaan.

Tempat wisata di Solo ini sangat nyaman sebagai latar belakang foto bagi Anda yang suka fotografi. Tidak hanya suasana di sekitar situs yang sejuk dan menyegarkan mata, kita juga dapat mempelajari sejarah di sini dengan mengingat layanan pertempuran di zaman kuno. Ada banyak tempat wisata kuliner di dekat Tugu Lilin yang lezat dan tidak boleh dilewatkan, salah satunya adalah mie ayam pocong.

7. Desa Batik Kauman

Desa Batik Kauman

Desa Batik Kauman

Kunjungan ke Solo tentu tidak lengkap kecuali Anda membeli batik khas. Nah, jika Anda tertarik melihat langsung proses pembuatan kain batik, datanglah ke Desa Batik Kauman, Solo. Di objek wisata belanja tak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta, wisatawan bisa mendapatkan aneka batik dengan berbagai motif dan pola.

Umumnya, batik yang dibuat di sini oleh pengrajin adalah batik tulis, batik cap atau batik kombinasi, dengan motif gelap modern. Anda tahu, kualitas produk dari desa Batik ini sudah terkenal di mancanegara. Banyak turis yang sengaja mampir ke sini untuk membeli batik, baik untuk oleh-oleh khas Solo atau untuk dijual kembali. Harga batik di sini juga bervariasi, mulai dari yang murah hanya di kisaran ratusan ribu, sampai yang mahal hingga jutaan rupee.

8. Pasar Klewer

Pasar Klewer

Pasar Klewer

Masih soal wisata belanja. Solo adalah salah satu tujuan favorit Anda bagi mereka yang suka membeli kain atau batik, Pasar Klewer. Pasar tekstil terbesar di Solo menjual berbagai kain untuk batik, baik oleh master lokal maupun asing. Ya, siapa sangka orang asing bisa membuat batik, lho.

Selain memiliki koleksi batik yang lengkap, di pasar ini, yang dihuni oleh sekitar 2.000 pengecer, Anda dapat menemukan barang-barang fashion lainnya, seperti seragam sekolah, lengkap dengan aksesoris, jaket, kaus, pakaian dan sejenisnya. Ada juga layanan menjahit yang siap membantu memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan selera Anda.

Di Pasar Klewer, Anda dapat memuaskan preferensi belanja Anda tanpa harus khawatir tas rusak. Ya, tempat wisata di Solo ini benar-benar surga bagi batik khas dan murah di Solo. Namun, Anda harus berhati-hati saat membeli situs ini, karena Pasar Klewer dikenal rentan terhadap pengecualian.

9. Candi Mangkunegaran

Candi Mangkunegaran

Candi Mangkunegaran

Selain Istana Kasunanan, Solo juga memiliki Pura Mangkunegaran. Istana ini dibangun dengan sangat indah dan merupakan kediaman resmi yang luar biasa dari pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan yang terletak di Jalan Ronngowarsito telah berhasil menjadi pusat seni dan budaya kota Sol. Berbagai koleksi di dalam istana adalah peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Ketika Anda memasuki area kuil / mendengkur, Anda akan melihat halaman luas dan bangunan khas arsitektur Eropa dengan kata-kata Kavalerie-Artillerie. Setelah di kuil, Anda akan disambut oleh paviliun bergaya Eropa-Jawa dengan seperangkat gamelan, Kyai Kanyut Mesem.

Jika memungkinkan, datanglah ke tempat wisata ini di Solo pada hari Rabu, karena akan ada acara gamelan reguler di sana setiap hari Rabu. Ada studio tari tradisional dan modern, yang diadakan setiap hari mulai jam 3 sore. Ketika mereka memasuki area candi, wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata. Harga tiket untuk tempat wisata di Solo adalah sekitar Rp 10.000. Bagi Anda yang tertarik mencoba sensasi makan malam dengan menu khas Jawa dan suasana Jawa, Makan Malam Kerajaan Mangkunegaran juga tersedia.

10. Galabo Solo

Galabo Solo

Galabo Solo

Kota Solo adalah daerah di Indonesia yang terkenal akan kuliner dan ragam kulinernya. Di sini, wisatawan dapat dengan mudah menemukan berbagai makanan lezat yang dijual hingga tengah malam. Salah satu tes kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di kota ini adalah Galabo Solo. Terletak di Jalan Mayor Sunaryo, atau tepat di depan Pusat Grosir Solo, Galabo menyediakan berbagai hidangan kuliner yang lezat dan murah.

Setidaknya ada 50 stan perdagangan yang diadakan masing-masing dari jam 17:00 hingga 16:00 di tempat-tempat wisata di Solo yang satu ini. Nasi liwet, cakar panas, sate kere, tengkleng, mie toprak, wedang ronde, wedang dongo, bak tahu dan penutup nasi adalah beberapa kuliner tradisional yang bisa Anda temukan di tempat ini. Selain murah, makanan yang dijual di sini juga enak. Tidak heran Galabo selalu dipadati pengunjung dari seluruh dunia, terutama pelajar.

11. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Tidak banyak wisatawan tahu bahwa Solo juga memiliki klinik objek wisata berupa kebun binatang. Terletak di Jalan Ir. Sutami, Kenting, Jebres, Solo, tepat di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret, Kebun Binatang Taru Jurug tidak hanya murah tetapi juga nyaman untuk dikunjungi bersama anak Anda. Hanya dengan membayar tiket IDR 8000, Anda sudah dapat melihat berbagai binatang di tempat wisata ini di Solo.

Taman Margasatwa Taru Jurug didirikan pada tahun 1870 oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat untuk melestarikan flora dan fauna. Seiring waktu, koleksinya juga bertambah. Di situs wisata ini di Solo, pengunjung dapat menemukan berbagai spesies yang terancam punah seperti merak hijau, harimau Sumatra, iguana, komodo dan sejenisnya.

Jika tertarik, ada juga gajah yang disewa khusus untuk pelancong. Di akhir pekan, objek wisata ini cukup ramai dengan pengunjung dari dan ke luar kota. Kebun Binatang Taru Jurug buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Jika Anda datang ke sini, hubungkan anak atau saudara Anda, ya!

12. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Solo menawarkan sensasi perjalanan tanpa akhir. Pasar Malam Ngarsopuro kali ini. Sesuai namanya, tempat wisata di Solo ini adalah objek wisata belanja murah yang terletak di Jalan Diponegoro, lebih khusus di wilayah selatan Pura Mangkunegaran.

Di pasar malam, yang buka setiap hari Sabtu dan Minggu, wisatawan dapat memuaskan preferensi berbelanja dan kuliner mereka. Selain pakaian, aksesori, dan kerajinan tangan, Anda dapat menemukan berbagai makanan murah yang lezat di tempat wisata ini di Solo, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern. Anda tahu, area ini juga sering digunakan sebagai tempat nongkrong untuk anak muda, pelajar, atau aktivis.

13. Pasar Triwind Solo

Market solo untuk Triwind

Market solo untuk Triwind

Apakah Anda ingin mengulang ingatan dan membangkitkan nostalgia masa lalu? Jangan bingung. Anda hanya perlu datang ke Kota Solo. Tidak jauh dari Pasar Malam Ngarsopuro adalah pasar yang menjual berbagai benda seni. Ini adalah Pasar Triwindu, atau yang biasa disebut dengan Pasar Antik Triwindu. Pasar ini dibangun pada tahun 1939 sebagai bentuk untuk menandai ulang tahun ke 24 pemerintahan Mangkunegaran VII.

Sayangnya, pihak yang bertanggung jawab tidak terlalu memperhatikan pengelolaan tempat wisata yang satu ini. Hanya di pemerintahan Walikota Sol, Bpk. Jokowi, pasar dibangun kembali dan ditata ulang sehingga menjadi teratur seperti sekarang. Berbagai karya seni yang dapat dibeli di Pasar Triwind termasuk pahatan batu dan kayu, uang kuno, radio tua, senjata kuno, perabotan rumah, boneka, jam dinding, kacamata, mesin ketik, telepon lama, dan banyak lagi.

14. Pandawa Solo Baru Aquatic World

Dunia air Pandawa Solo Bar

Dunia air Pandawa Solo Bar

Tidak seperti fasilitas wisata sebelumnya, Pandawa Water World Solo Bar adalah tujuan modern di tengah Sol. Resor wisata di Solo ini menawarkan sensasi wisata yang menarik dalam bentuk wahana atau permainan air yang cocok untuk semua anggota keluarga, terutama anak-anak.

Terlepas dari kolam renang besar, seluncuran, berbagai permainan anak-anak dan ombak buatan, satu hal yang membuat daya tarik ini unik dan banyak digemari wisatawan adalah tema dan konsep epik Mahabarata yang digunakannya. Ada lima patung besar Pandawa di dunia air Pandawa. Harga tiket untuk atraksi ini adalah IDR 80.000 pada hari kerja dan IDR 100.000 per orang pada akhir pekan.

15. Museum Batar Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Tempat wisata yang direkomendasikan terakhir di Solo untuk dikunjungi adalah Museum Batik Danar Hadi. Terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Museum Sriwedari, Solo, Batik Museum Danar Hadi adalah tujuan wisata batik terpadu di kota Solo. Sesuai namanya, tempat ini dibangun oleh perusahaan Batik dari Sol, PT Batik Danar Hadi.

Dinamai Rumah Danar Hadi (HDH), bangunan ini bertempat di sebuah kompleks bangunan kuno yang termasuk dalam warisan budaya kota Sola – Ndalem Wuryaningratan. Museum ini menampung sedikitnya 10.000 koleksi kain batik dengan motif berbeda, tergantung pada budaya, lingkungan, dan periode produksi masing-masing batik.

Koleksinya adalah milik pribadi PT Batik, Danar Hadi, H. Santoes Doellah. Sedangkan untuk bagian belakang museum, ada pabrik batik dan segel yang terbuka untuk wisatawan. Jika Anda mengunjungi Solo, pastikan untuk mampir ke tempat ini.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kebun Teh Ciater

10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan …

Alas Purwo 3

Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

Kota Banyuwangi di Jawa Timur dikenal karena wisata pantainya yang indah dan cocok untuk tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.