15 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang telah menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik untuk bisnis maupun kesenangan. Kedatangan turis yang tinggi juga telah dibantu oleh berbagai tempat wisata. Wisatawan dapat menemukan objek wisata alam yang indah, situs bersejarah atau tempat wisata yang sesuai dengan diri sejati.

Lalu, landmark menarik apa yang bisa Anda temukan di Semarang? Berikut ini adalah rekomendasi dari 15 tempat wisata paling populer di Semarang yang dapat Anda kunjungi di ibu kota provinsi Jawa Tengah:

1. Kota Tua Semarang

Kota Tua Semarang

Kota Tua Semarang

Kunjungan ke Semarang tidak akan terasa lengkap kecuali Anda datang ke daerah Kota Tua Semarang. Tujuan wisata di Semarang ini telah lama dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di ibu kota provinsi Jawa Tengah. Apalagi jika Anda adalah orang yang gemar berburu foto. Barisan bangunan tua bergaya Eropa klasik sering diburu oleh fotografer.

Di kawasan Kota Tua Semarang Anda akan menemukan tempat-tempat yang kerap memikat pengunjung. Gereja Blenduk dengan atap berbentuk kubah adalah pilihan favorit pertama. Suasananya bahkan lebih menyenangkan dengan Srigunting Park, yang terletak di depan gereja. Jika Anda ingin tampil narsis, Anda dapat menyewa sepeda tua sambil mengambil foto dengan latar belakang Gereja Blenduk.

Ada juga Spiegel Cafe, yang menawarkan tempat kuliner unik dengan suasana bangunan klasik. Selain Spiegel, ada banyak kafe lain yang menawarkan suasana bergaya kolonial. Ini termasuk Cafe Nuris, Tekodeko atau Retro Cafe.

2. Desa Batik Semarang

Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang

Ketika Anda mengunjungi Kota Tua, luangkan waktu untuk mampir dan kunjungi Kampung Batik Semarang. Tempat wisata di Semarang ini terletak di dekat kawasan Kota Tua, terletak di desa Rejamulya, di Semarang Timur. Wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata ini dengan melewati jalan masuk di sebelah Horison Hotel. Ada pintu yang mengatakan Kampung Batik.

Sesuai namanya, Desa Batik Semarang adalah tujuan belanja yang merupakan pusat kerajinan Batik Semarang. Anda dapat menemukan sejumlah toko yang menawarkan berbagai jenis batik khas Semarang. Batik Semarang identik dengan pola monumen muda, Lawang Sewu, pohon asam, burung suram dan sebagainya. Selain itu, batik dari sini juga memiliki warna-warna cerah.

Harga batik di desa Batik Semarang tidak terlalu mahal. Anda dapat menemukan berbagai batik dengan tanda sekitar Rp 50.000. Jika suka, Anda juga dapat meluangkan waktu untuk mempelajari cara membuat batik dan melihat proses pembuatannya. Untuk informasi tambahan, tempat ini buka dari jam 8 pagi sampai 6 sore.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Pusat Jawa

Masjid Pusat Jawa

Tempat wisata di Semarang yang akan dikunjungi berikutnya adalah Masjid Pusat Jawa Tengah. Masjid ini memiliki bentuk karakteristik enam payung listrik di teras, sehingga mirip dengan Masjid Nabawi. Enam payung dengan diameter 14 meter biasanya dikembangkan selama pelaksanaan sholat Ied dan sholat Ied.

Ada juga 25 pilar yang sengaja dibentuk mirip dengan Colosseum di Roma, Italia. Jumlah pilar melambangkan jumlah nabi dan rasul yang harus dikenal dalam Islam. Di pintu gerbang, pengunjung dapat melihat kata-kata "Sucining Guno Gapuraning Gusti" dalam huruf-huruf Arab Melayu dan dua kalimat shahad.

Menara Asmaul Husna setinggi 99 meter tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Pengunjung diizinkan untuk naik ke puncak menara ini dan melihat kota Semarang dan masjid dari atas. Harap dicatat bahwa Anda akan dikenai biaya jika naik ke puncak menara ini.

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu mungkin menjadi perhentian menarik berikutnya di kota Semarang. Lawang Sewu sering disebut sebagai bangunan tua berhantu yang pernah berfungsi sebagai markas Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). NIS dikenal sebagai perusahaan yang membangun jalur kereta api antara Semarang dan Solo dan Yogya.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1904 ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan karakteristik memiliki banyak pintu dan jendela. Karena jumlahnya yang besar, masyarakat setempat juga menyebut bangunan ini Lawang Sewu, yang berarti seribu pintu. Meskipun, jumlah pintu sebenarnya di gedung tiga lantai ini tidak mencapai 1.000 dan hanya 429 pintu.

Berbagai kisah mistik mengabadikan tempat wisata Semarang. Dikatakan bahwa ada beberapa situs berhantu yang dapat ditemukan di dalam gedung. Ini termasuk sumur tua, gerbang utama, penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok dan penjara karena menyiksa tahanan. Dilaporkan terlalu banyak penampakan di tempat wisata ini. Mulai dengan hantu-hantu tentara Belanda, quillanak, genderuwo dan lainnya.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Wisatawan juga memiliki kesempatan untuk mengalami pengalaman unik mengendarai lokomotif tua saat berkeliling Semarang, mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Bahkan, wisatawan dapat memilih uap atau kereta yang menggunakan mesin diesel. Ada dua rute kereta wisata: Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Sebagai catatan, rute Ambarawa-Bedono hanya memungkinkan kereta uap.

Situs wisata di Semarang ini dulunya adalah situs Stasiun Ambarawa, dibangun pada 21 Mei 1873 oleh Raja Belanda Willem I. Stasiun ini ditutup pada tahun 1976 dan secara resmi mulai mengubah fungsinya menjadi museum. Di lokasi wisata di Semarang ini, wisatawan dapat melihat sebanyak 21 lokomotif memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan, terutama sebagai alat transportasi untuk militer.

Museum Kereta Api Ambarawa, yang terletak di Reganda Semarang, juga merupakan salah satu dari tiga tempat penyimpanan lokomotif uap bergerigi Hannoversche Maschinenbau AG. Dilaporkan hanya ada tiga model kereta uap yang tersisa seperti ini. Dua kereta lainnya disimpan di Swiss dan India. Mengunjungi tempat wisata di Semarang, wisatawan juga memiliki kesempatan langka untuk berfoto bersama kereta kuno. Jarang, kan?

6. Kuil Sam Poo Kong

Kuil Sam Poo Kong

Kuil Sam Poo Kong

Dikenal sebagai kota multi-etnis, Semarang juga merupakan tempat yang menarik untuk menyaksikan keragaman etnis. Salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk kegiatan ini adalah Kuil Sam Poo Kong, tempat etnis Tionghoa disembah di Semarang. Tempat wisata di Semarang ini dibangun di lokasi kedatangan laksamana terkenal dari Cina, lebih khusus Laksamana Cheng Ho pada 1400-an.

Candi ini, terletak di Simongan di Semarang, memiliki desain arsitektur Cina. Merah menjadi warna dominan di bangunan candi. Kompleks candi, juga disebut Pura Gunung Batu, memiliki luas 3,2 hektar. Ada lima bangunan di dalamnya, yaitu Sam Poo Kong, Tho Tee Kong, Kyai Judi Mudi, Kyai Jangkat dan Kyai Cundrik Bumi.

7. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara di Watugong mungkin menjadi tempat wisata menarik lainnya di kota multi-etnis ini. Pagoda, yang merupakan bagian dari kompleks candi Watugong Buddhagaya, memiliki ketinggian 45 meter dan 7 lantai di pagoda ini. Di setiap tingkat ada patung Dewi Kwan Im yang menghadap empat arah mata angin.

Tempat wisata di Semarang memiliki bentuk yang unik, tidak jauh berbeda dengan pagoda di Tiongkok. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Semarang sering menghabiskan waktu melukis dengan latar belakang pagoda. Jika Anda suka, wisatawan juga dapat mengikuti ritual tjiam shi yang bertujuan untuk memperkaya kekayaan. Ritual ini sering dilakukan oleh umat Buddha yang beribadah di kompleks candi.

8. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Kompleks Candi Gedong Songo yang terletak di Kabupaten Bandungan, pemberhentian berikutnya adalah pemberhentian Kabupaten Semarang berikutnya. Terletak di lereng Gunung Ungaran, tempat wisata di Semarang tidak hanya tempat wisata bersejarah, mereka juga dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Sebagai bonus Anda juga akan menemukan kolam air panas alami di kompleks candi ini.

Sesuai namanya, candi Gedong Songo ini terdiri dari sembilan bangunan candi. Menariknya, candi ini dulunya disebut Kuil Gedong Pitu, karena hanya tujuh candi yang ditemukan pada saat itu. Hanya di kisaran 1908-1911. Pada tahun itu dua candi ditemukan di tempat yang sama dan namanya diubah menjadi Kuil Gedong Songo. Kuil-kuil tersebut adalah peninggalan Rumah Syailendra yang memerintah pada abad ke-9 Masehi.

9. Ambarawa Pendem Fort

Benteng Pendara Ambarawa

Benteng Pendara Ambarawa

Saat berada di Kabupaten Ambarawa, Kabupaten Semarang, Anda juga dapat memanfaatkan waktu untuk datang ke Benteng Pendem yang juga disebut Benteng Willem I … Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Semarang sering menjadikan objek foto ini menarik.

Namun, ada hal yang perlu diingat ketika mengunjungi tempat wisata di Semarang. Benteng Pendem Ambarawa berada dalam jangkauan Kompleks Ambarawa Kelas II, sehingga pengunjung pertama-tama akan memerlukan izin. Bukan bukti yang berlebihan bahwa tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, pembuatan film film Soekarno yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dilakukan di sebuah lokasi wisata di Semarang.

10. Eling Bening Ambarawa

Eling Bening Ambarawa

Eling Bening Ambarawa

Jika Anda ingin menemukan tempat wisata dengan fasilitas lengkap, Anda dapat memutuskan untuk mengunjungi Eling Bening Ambarawa. Tidak hanya pemandangan indah yang bisa dilihat di tempat wisata ini di Semarang. Ada juga beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang, restoran, pintu keluar, area berkemah, kafe, dan ruang rapat. Tak heran Eling Bening sering menjadi pilihan untuk berbagai kegiatan, seperti liburan keluarga, atau liburan bersama rekan kantor.

Kawasan Wisata Eling Bening memiliki pemandangan yang fantastis. Di tempat wisata di Semarang ini Anda dapat melihat serangkaian delapan gunung. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat keindahan Raw Penning, sawah dan perkebunan kopi di sekitarnya. Pemandangannya akan semakin menakjubkan jika Anda datang ke tempat ini di sore hari, ditemani dengan suasana matahari terbenam. Itu menyenangkan!

11. Desa Pelangi

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

Desa Pelangi adalah objek wisata terbaru di Semarang. Keberadaannya menyaingi Desa Jodipan di Kota Malang. Seperti Jodipan, desa yang dulu bernama Kampung Gunung Brintik itu dulu dikenal sebagai Desa Kumuh. Proyek renovasi pasar bunga Kalisari di depan desa juga mengubah tempat itu sehingga memiliki penampilan yang menarik.

Keberadaan desa Pelangi berhasil mendapatkan perhatian dunia. Apalagi, setelah beberapa pengguna Instagram menampilkan pose mereka dengan latar belakang desa. Tidak heran jika banyak turis yang datang. Ini memiliki dampak yang sangat positif pada perekonomian warga negara. Selain itu, warga juga sudah mulai menyadari manfaat yang bisa didapat dari kegiatan kebersihan di lingkungan.

12. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Kunjungan ke Semarang akan menyenangkan jika Anda tidak datang ke Umbul Sidomukti. Tempat Wisata di Semarang yang satu ini dikenal sebagai daerah wisata yang lengkap. Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran yang 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu dingin. Tak heran wisatawan merasa nyaman ketika berada di kawasan wisata ini.

Anda tidak perlu khawatir memilih aktivitas saat berada di situs wisata ini. Mulai dari kolam renang alami, ada kafe-kafe dengan pemandangan yang menenangkan di tempat wisata ini, fasilitas keluar, area berkemah, dan semua jalan ke rumah wisatawan. Jika suka, Anda juga bisa melakukan kegiatan hiking di sepanjang daerah sekitar Umbul Sidomukti.

13. Taman Wisata Taman Maerokoco

Taman Wisata Puri Maerokoco

Taman Wisata Puri Maerokoco

Jika ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, maka ada tempat serupa di kota Semarang. Ini disebut Taman Wisata Taman Maerokoco. Wisatawan sering menyebut tempat ini TMII dari Jawa Tengah. Di situs wisata ini di Semarang, pengunjung dapat menyaksikan keberadaan miniatur tempat wisata dan rumah-rumah tradisional dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Jangan sampai kita lupa, ada juga produk industri dan kerajinan dari setiap daerah.

Dengan fasilitas ini, tidak heran untuk mengunjungi Maerokoco seolah-olah itu adalah tur Jawa Tengah. Di Jawa Tengah yang terkenal Anda dapat melihat berbagai tempat wisata miniatur. Mulai dari Candi Borobudur, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak, hingga Masjid Mantingan. Selain itu, ada beberapa fasilitas hiburan seperti kolam renang, kereta gantung, taman kanak-kanak dan banyak lagi.

14. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening adalah situs yang sering dikunjungi oleh kaum muda, baik dari Semarang maupun luar kota. Bukit Cinta menawarkan suasana istimewa, karena orang dapat langsung melihat kesaksian Pening Raw Raw yang indah. Suasananya ditingkatkan dengan deretan pohon pinus yang tertata rapi.

Selain menyaksikan keindahan panorama di sekitarnya, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Cinta Rawa Pening. Anda dapat memutuskan untuk mengundang pasangan Anda untuk mengikuti tur perahu motor Rawa Pening atau memainkan berbagai permainan mengemudi.

Oh ya, ada mitos yang berkembang di tempat-tempat wisata di Semarang. Dikatakan bahwa ketika pasangan yang belum menikah pergi ke sana, mereka akan berantakan. Percaya atau tidak, itu sepenuhnya ada di tangan orang lain.

15. Hutan Pinus Kayon

Hutan Kayon Pine

Hutan Kayon Pine

Pilihan terakhir untuk menghabiskan waktu liburan Anda di Semarang adalah mengunjungi Hutan Pinus Kayon. Kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Batur dan terdiri dari wilayah Desa Batur, Kecamatan Getasan, wilayah Semarang ini sangat cocok untuk pecinta alam. Wisatawan sering menghabiskan waktu berkemah di sini. Jangan khawatir, ketika Anda berkemah di tempat wisata di Semarang, sumber air bersih mudah ditemukan.

Barisan pohon pinus membentuk tempat wisata di Semarang dan memiliki suasana yang hampir mirip dengan Mangga daripada hutan pinus di Jogja dan Gunung Pancar di Bogor. Wisatawan dapat memilih lokasi yang berbeda sebagai sarana berpose untuk narsisme. Bahkan, ada pinus yang memiliki bentuk batang yang unik, melengkung seperti kursi alami. Pohon ini adalah lokasi favorit bagi para wisatawan untuk berfoto.

sumber : anekatempatwisata.com

Orang lain juga mencari kata berikut:

About Wisata

Check Also

Candi Prambanan 5

Wisata Jogja – Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan dinyatakan sebagai Situs …

Jalan Malioboro

Wisata Jogja – Jalan Malioboro

Kapan terakhir kali Anda pergi ke Yogyakarta? Yogyakarta adalah kota yang dapat membuat wisatawan melewatkannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.