Home / Jawa Barat / Bandung / 15 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Selain dari Puncak, Bandung juga merupakan tujuan akhir pekan favorit bagi penduduk Jakarta dan tempat-tempat sekitarnya. Untuk mencapai kota Bandung, penduduk Jakarta cukup menggunakan jalan tol, sehingga sangat mudah untuk mengakses kota di daerah pegunungan ini. Bagi warga Jakarta yang tidak memiliki kendaraan, tidak perlu khawatir karena ada begitu banyak layanan wisata yang menyediakan transportasi dari Jakarta ke Bandung.

Selain kemudahan aksesnya, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata menarik sehingga dikunjungi oleh wisatawan yang tinggal di sekitar Bandung. Apa saja tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi? Berikut adalah tempat-tempat wisata di Bandung untuk dikunjungi:

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Terletak di Ciwidey, sekitar 50 KM selatan Bandung, Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata paling populer di Bandung, terutama di kalangan penggemar wisata alam. Kawah putih Ciwidey, seperti namanya, adalah kawah gunung berapi dengan tanah putih. Yang ini berwarna putih karena memiliki kandungan belerang di tanah. Keunikan utama kawah putih adalah airnya yang selalu berubah warna.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Alam Wajib di Bandung

2. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Terletak di sekitar 20 KM utara Kota Bandung, gunung berapi Gunung Tangkuban Perahu terletak di perbatasan Subang dan Lembang. Keunikan Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya yang mengingatkan pada kapal terbalik, menurut legenda yang mengatakan Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang didorong terbalik oleh Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata alam yang telah menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di dan sekitar Bandung.

Baca Juga: 10 Objek Wisata yang Harus Anda Kunjungi di Lembang

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah area permainan rekreasi dan wisata yang terletak bersama dengan Trans Studio Mall (sebelumnya bernama Bandung Super Mall). Sederhananya, Trans Studio Bandung adalah versi tertutup dari Dufan. Trans Studio Bandung adalah salah satu area permainan luar ruang terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan menarik. Harga tiket adalah Rp 150.000 (Senin hingga Jumat) dan Rp 250.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Selain terintegrasi ke dalam mal, Trans Studio Bandung juga terintegrasi dengan dua hotel kelas internasional, jadi Anda tidak keberatan jika ingin bermalam.

4. Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago adalah air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. Air terjun Curug Dago tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter, tetapi air terjun tersembunyi ini sangat bagus dan menarik untuk dilihat. Curug Dago tidak terlalu populer di telinga wisatawan, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba sampai ke Curug Dago.

5. Pasar Baru

Pasar Baru

Pasar Baru

Pasar Baru adalah tujuan wisata di Bandung yang cocok untuk pecinta belanja murah. Di Pasar Bar Anda akan menemukan berbagai jenis pakaian dan aksesoris dengan harga yang relatif wajar. Pasar Baru adalah tujuan wisata di Bandung yang paling disukai oleh wisatawan yang datang dari Malaysia. Untuk bisa mendapatkan barang murah di Pasar Bar, Anda harus bisa dengan sabar menegosiasikan harga.

Baca Juga: 8 Pusat Perbelanjaan di Bandung yang Harus Anda Kunjungi

6. Observatorium Bosscha

Observatorium Bossch

Observatorium Bossch

Observatorium Bossch adalah observatorium bintang yang terletak di Lembang, sekitar 15 km utara Bandung. Jika Anda pernah menonton film "Sherina's Adventure" maka Anda akan merasa akrab dengan tempat ini, karena Observatorium Bossch adalah salah satu lokasi syuting film tersebut. Jika Anda ingin mengunjungi Observatorium Bossch, Anda harus mendaftar terlebih dahulu, Anda tidak bisa hanya masuk dan masuk saja.

7. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang terletak tidak jauh dari kota Kawah Putih Ciwidey di Bandung Selatan. Hanya 7 KM dari objek wisata Kawah Putih, Danau Situ Patenggang dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangannya yang eksotis. Selain menikmati pemandangan danau sambil berpiknik, Anda juga bisa bermain perahu air di Danau Situ Patenggang.

8. Desa Gajah

Kampung Gajah

Kampung Gajah

Kampung Gajah, yang terletak di utara Bandung, adalah kawasan wisata terpadu. Apa pun tur yang Anda inginkan, Anda dapat menemukannya di Kampung Gajah. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner hingga aneka permainan air dan darat dapat Anda temukan di Kampung Gajah, sehingga kawasan wisata ini sangat cocok untuk keluarga.

Baca Juga: 10 Kunjungan Wajib Untuk Atraksi Anak-Anak Di Bandung

9. Air panas Ciater

Sumber air panas Ciater

Sumber air panas Ciater

Mata air panas Ciater yang terletak di perbatasan Subang adalah salah satu tempat wisata di Bandung dan daerah sekitarnya yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena selain bertindak sebagai fasilitas rekreasi, Mata Air Panas Ciater juga memiliki efek kesehatan pada Anda. Terletak sekitar 30 KM utara Bandung, mata air Ciater berasal dari kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berenang di Ciater Sulphur Water sangat cocok bagi Anda yang ingin istirahat.

10. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung yang terletak dekat ITB mungkin tidak menjadi pilihan utama bagi wisatawan di Jakarta karena ada kebun binatang di Jakarta juga, tetapi jika Anda memiliki anak kecil tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Kebun Binatang Bandung karena anak-anak biasanya suka melihat binatang. Selain sebagai objek wisata di Bandung, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat untuk menyebarkan pengetahuan tentang hewan. Biaya masuk ke Kebun Binatang Bandung tidak mahal, hanya Rp 20.000 per orang.

11. Rumah mod

Rumah mode

Rumah mode

Rumah Mode adalah nama factory outlet paling terkenal di Bandung. Terletak di Jalan Setiabudi, Rumah Mode adalah pabrik terbesar, terlengkap dan tersibuk di Bandung. Suasana berbelanja dalam mode Rumah sangat nyaman dan bersih, sehingga sangat cocok untuk mereka yang suka belanja. Barang-barang yang ditawarkan dalam mode Rumah adalah pakaian, sepatu, tas dan hal-hal lain yang berbau modis. Sebagian besar item dalam mode Rumah adalah sisa untuk diekspor, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif wajar.

Baca Juga: 10 Souvenir Bandung Paling Terkenal

12. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah tempat untuk pertunjukan pendidikan dan budaya. Kunjungan ke Saung Angklung Udjo akan memperkenalkan seni dan budaya Sunda ke alat musik bambu. Sesuai namanya, Saung Angklung Udjo berfokus pada pelestarian budaya Angklung yang kini sudah mulai dilupakan. Program yang bisa dilihat di Saung Angklung Udjo adalah pertunjukan boneka, helaran, tarian topeng dan orkestra angklung. Selalu ada pertunjukan seni rutin setiap malam di Saung Angklung Udjo.

13. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate. Seperti museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber pengetahuan yang nyaman bagi anak-anak. Selain menjadi sumber pengetahuan, Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena mereka dapat melihat fosil dinosaurus di sini. Anda tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke Museum Geologi Bandung.

14. Pasar Makanan Pascal

Pasar Makanan Pascal

Pasar Makanan Pascal

Pasar Makanan Pascal adalah tempat wisata favorit saya di Bandung. Pascal Food Market adalah pusat wisata kuliner Bandung dengan jumlah warung makanan yang sangat besar. Dengan lebih dari 1.000 menu makanan dan minuman, Paskal Food Market adalah pusat kuliner terbesar di Bandung. Pasar Makanan Paskal terletak di Jalan Pasir Kaliki.

Baca Juga: 15 Kunjungan Wajib ke Objek Wisata Kuliner Bandung

15. Kebun Strawberry Ciwidey

Jagodina Ciwidey

Jagodina Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat Anda dapat melihat dan berjalan di sekitar Kebun Strawberry. Plus, Anda dapat memilih stroberi sendiri. Stroberi yang Anda pilih kemudian akan ditimbang dan Anda harus membayar sesuai dengan berat stroberi yang Anda pilih. Saran saya datang di musim kemarau karena kualitas stroberi lebih baik daripada musim hujan.

Nah, ini adalah daftar tempat wisata yang direkomendasikan di Bandung dari AnekaTempatWisata.com. Tempat wisata apa yang ingin Anda kunjungi? Atau punya rekomendasi untuk tempat wisata lain di Bandung yang tidak tercantum di sini? Mari berbagi!

Masih ragu ke mana harus pergi berlibur di Bandung? Baca rekomendasi untuk tempat wisata di Bandung dari AnekaTop10.com.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kalimilk Yogyakarta

10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang bisa menolak pesona Yogyakarta? Sebuah kota yang masih mempertahankan budaya Jawa di tengah-tengah …

beeferoni mushroom pino pizza

Wisata Kuliner Bandung – Pino Pizza Buah Batu

Bosan dengan pizza yang sama? Saya juga bosan, jadi kemarin saya dan teman saya mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.