Thursday , November 8 2018
Home / Jawa Barat / Wisata Puncak Bogor / 11 Tempat Wisata Puncak Bogor Populer yang Wajib di Kunjungi

11 Tempat Wisata Puncak Bogor Populer yang Wajib di Kunjungi

wisata puncak bogor

Puncak adalah tujuan tepat untuk keluarga dan rombongan yang dekat dengan ibukota. Daerah ini pun terkenal di kalangan turis Asia dan Timur Tengah, oleh sebab itu, tidak heran jika Kamu menemukan toko-toko atau pelayanan jasa yang memakai bahasa Arab.

Jalur Puncak berada di perbatasan antara Bogor dan Cianjur dengan suhu berkisar antara 14 – 18 derajat, dan bisa lebih sejuk lagi pada malam hari. Karena padatnya pengunjung pada masa liburan/weekend, Puncak menerapkan sistem jalur buka-tutup untuk menanggulangi kemacetan. Untuk Kamu yang hendak berlibur ke wilayah Puncak, dianjurkan untuk mencari informasi tentang sistem buka-tutup jalan ini. Berikut beberapi tempat yang bisa Kamu kunjungi :

1. Puncak Pass Resort

puncak pass resort

Puncak Pass Resort merupakan sebuah hotel dan restoran yang terletak di Jalan Raya Puncak km 90, Cipanas. Salah satu hotel tertua di Puncak, Puncak Pass Resort menjadi landmark terkenal saat melewati Jalan Raya Puncak. Hotel ini menghadap ke lereng gunung dan menawarkan pemandangan estetis dari jendela kamar.

Puncak Pass Resort mempunyai tiga tipe kamar yakni Superior, Deluxe, dan Suite yang dapat Kamu sewa dengan harga mulai Rp800.000 per malam. Pengunjung dapat menikmati keindahan hamparan perkebunan teh dari restoran Puncak Pass dengan makanan khas Indonesia.

2. Seruni Hotel

seruni hotel

Seperti Puncak Pass Resort, Seruni Hotel pun adalah penginapan yang terdapat di wilayah Puncak. Harga yang ditawarkan oleh hotel ini sebetulnya tergolong murah, yakni mulai dari Rp500.000 per malam. Walau beitu, keindahannya yang terletak persis salah satu dari dua gunung tidak tertandingi oleh pemandangan dari hotel lain. Oleh sebab itu, hotel ini selalu ramai bahkan di luar masa liburan.

Bagi pra Pngunjung yang hendak merasakan keindahan pemandangan dan kesejukan udara di Seruni Hotel ini, usahakan pesan kamar dari jauh-jauh hari sebelumnya. Hotel ini mempunyai dua gedung penginapan, dengan renang besar dan permainan anak di tengah-tengah hotel tersebut. Dengan kemudahan yang memadai, semua anggota keluarga tentu akan berlibur dengan nyaman di Seruni Hotel ini.

3. Villa Kota Bunga

villa kota bunga

Villa Kota Bunga sebetulnya adalah sebuah kompleks besar yang terletak di Jalan Hanjawar, Cipanas. Walaupun tidak berada di jalur utama Puncak, tempat ini termasuk lokasi menginap dan lokasi wisata Puncak yang terkenal. Salah satu kelebihannya ialah rumah-rumah yang mempunyai tema eksterior dan interior unik. Di dalam Villa Kota Bunga, ada blok khusus  dengan desain Jepang, Victorian, Amerika, sampai rumah yang di desain fantasi seperti lokasi tinggal boneka.

Di samping vila-vila yang dapat disewa, Villa Kota Bunga pun mempunyai wahana permainan anak-anak dan ada juga renang. Di tengah-tengah kompleks, ada sebuah telaga besar yang dapat dijelajahi dengan gondola seperti di kota Vienna. Villa Kota Bunga merupakan salah satu lokasi yang populer dan sangat sering dikunjungi oleh turis Timur Tengah. Jadi, bila Kamu menginap di sini pada masa liburan, dapat dijamin Kamu bakal menemukan tidak sedikitnya turis asing lalu-lalang.

4. Taman Bunga Nusantara

taman bunga nusantara

Taman Bunga Nusantara yang berada di Jalan Mariwati km 7, Kabupaten Cianjur. Dibangun pada tahun 1992, taman indah ini adalah salah satu taman tematik di Indonesia. Sekarang ini, Taman Bunga Nusantara mempunyai lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya dengan baik.

Di lokasi wisata di Puncak ini, pengunjung dapat mengunjungi taman-taman dengan tema tertentu seperti contohnya Taman Mediterania yang mempunyai koleksi kaktus dan tumbuhan yang dapat tumbuh di hamparan pasir putih, Taman Bali yang bernuansa laksana berada di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar bermacam-macam warna, Taman Air dengan sekian banyak  jenis bunga teratai, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang dapat Kamu dijelajahi.

Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara, Kamu perlu mengeluarkan ongkos tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Beberapa taman tematik membutuhkan tiket ekstra akn tetapi dengan harga yang relatif murah yakni Rp10.000 per orang.

5. Taman Safari Indonesia

taman safari indonesia

Taman Safari Indonesia menawarkan sensasi berpetualang di alam liar dengan hewan-hewan buas di dalamnya. Tempt ini merupakan tempat wisata di Puncak yang cocok untuk membawa anak-anak dan keluarga. Di Taman Safari Indonesia, terdapat fauna liar seperti singa, harimau, gajah, jerapah, zebra,unta danlainnya. Dan menariknya disini, bukan hewannya yang dimasukkan ke dalam kandang, namun pengunjung yang akan masuk ke habitat buatannya dengan mengendarai mobil atau bus.

Di samping bertemu dengan binatang eksotis, Pengunjung juga dapat menikmati wahana permainan yang seru serta kolam renang yang menyegarkan sesudah seharian berpetualang. Di samping itu, Taman Safari Indonesia ini pun menyediakan tour siang dan malam. Pada malam hari, seringkali Kamu dapat* bertemu dengan binatang nokturnal yang jarang tampak pada siang hari. Biaya tiket masuk Taman Safari Indonesia untuk dewasa ialah sebesar Rp150.000 dan anak-anak Rp140.000. Kamu dapat mengunjungi lokasi wisata di Puncak ini di Jalan Raya Puncak nomor 601, Cisarua, kurang lebih 10 menit dari pintu tol Ciawi.

6. Danau Lido

danau lido

Danau Lido berada di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Bogor yaitu  tempat rekreasi family yang lengkap. Memanfaatkan telaga alami yang luas dan bersih, Danau Lido kini mempunyai tempat penginapan, restaurant, dan berbagai permainan air.

Jika Kamu tidak ingin menginap, Kamu dapat menjelajahi telaga dengan memakai perahu naga, rakit, dan becak air. Dn beberapa permainan lain yang pun ada di Danau Lido yakni luncur gantung, layang gantung, memancing, dan mengemudikan ATV di jalur yang telah disediakan. Bagiyang ingin masuk ke kawasan telaga ini, pengunjung hanya diharuskan membayar ongkos tiket masuk yaitu sebesar Rp5.000 per orang. Namun, untuk seluruh kegiatan, penginapan, dan restaurant mempunyai harga masing-masing.

7. Kebun Raya Cibodas

kebun raya cibodas

Kebun Raya Cibodas beralamat di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas. Terletak 1.275 meter di atas permukaan laut, Kebun Raya Cibodas mempunyai suhu terdingin sampai 15 derajat celcius. Tumbuhan yang terdapat di dalam kebun ini terdiri dari tanaman dataran tinggi tropis. Di samping koleksi tanaman kaktus dan anggrek, Kebun Raya Cibodas ini pun mempunyai spesies tanaman lumut yang lengkap. Terhitung 5.831 tanaman dari sekian banyak jenis terdapat di kebun raya ini.

Dengan luas 85 hektare, Kebun Raya Cibodas ini pun memiliki sejumlah penginapan yang disewakan untuk pengunjung. Di samping itu, Kamu juga dapat membawa atau menyewa tendauntuk bermalam di hutan. Kebun Raya Cibodas buka dari pukul 08:00-17:00 WIB. Bagi kamu yang ingin masuk ke dalam kawasan kebun raya ini, ongkos tiket masuk ialah sekitar Rp10.000 per orang dan ongkos parkir antara Rp5.000 sampai Rp15.000 tergantung jenis kendaraannya.

8. Istana Kepresidenan Cipanas

istana kepresidenan cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas terletak di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Dengan luas 26 hektare, istana ini sebetulnya dibangun di atas tanah seorang tuan tanah berkebangsaan Belanda pada tahun 1740 lalu dipakai sebagai lokasi peristirahatan gubernur pada masa itu.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini mulai dipakai sebagai istana presiden. Bangunan bersejarah ini mempunyai koleksi ukiran dan lukisan antik karya seniman Indonesia dan internasional. Dengan mendatangi Istana Kepresidenan Cipanas, Kamu dapat meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah Indonesia serta menyaksikan indahnya arsitektur dari zaman penjajahan Belanda.

Untuk bisa mengunjungi ke Istana Kepresidenan Cipanas, Kamu butuh memesan jadwal terlebih dahulu, minimal 7 hari sebelum kedatangan. Jadwal yang diperbolehkan ialah Senin-Minggu, pukul 08:00-14:00 WIB dan libur di hari Jumat dan tanggal merah. Karena Istana Kepresidenan ini masih dipakai untuk acara-acara penting, pengunjung juga diharuskan untuk mengenakan pakaian yang diizinkan selama di istana yakni batik, kemeja, dan sepatu.

9. Taman Wisata Matahari

taman wisata matahari

Taman Wisata Matahari berada di Jalan Raya Puncak km 77. Dengan konsep rekreasi edukasi, lokasi wisata di Puncak ini sebenarnya ialah sebuah perumahan besar yang terdiri dari berbagai macam wahana, penginapan, dan arena bermain. Tempat wisata di Puncak ini sangatlah sesuai dikunjungi oleh family yang membawa anak-anak, atau grup yang hendak melakukan outing

Kamu dan keluarga dapat menikmati permainan antara lain, luncur gantung atau flying fox, ATV, panjat tebing, dan arung jeram. Anak-anak juga dapat diajak mengerjakan kegiatan edukatif yaitu seperti menanam padi, membajak sawah, memberi makan binatang ternak, sampai memerah susu sapi.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Matahari ialah Rp25.000 saat weekend dan Rp20.000 pada hari kerja. Anak dengan tinggi di atas 80 cm telah terhitung satu tiket. Menariknya lagi, satu tiket telah termasuk free 5 macam wahana permainan dan potongan harga 10% di restoran Sunda Express yang berada dalam Taman Wisata Matahari.

10. Melrimba Garden

melrimba garden

Lokasi wisata Melrimba Garden terletak di Jalan Raya Puncak km 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor. Tanpa kemacetan, lokasi wisata di Puncak ini dapat dengan mudah dijangkau dari Jakarta hanya menempuh waktu 60 menit saja. Berkonsep taman keluarga, Melrimba Garden menawarkan pemandangan yang asri serta berbagai macam kegiatan yang dapat menyegarkan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan ialah berjalan di atas jalan setapak sambil merasakan taman bunga dengan indah, lalu mendatangi rumah kaca yang membudidayakan berbagai macam jenis anggrek dan tumbuhan hias. Bahkan, Kamu juga dapat membawa tanaman hias dalam pot sebagai buah tangan.

Di samping itu, kamu sekeluarga dapat menikmati tea walk yakni berjalan keliling perkebunan teh, memetik stroberi segar langsung dari pohonnya, dan memancing. Untuk kegiatan yang lebih mengasikkan, jelajahi juga beberapa wahana yang terdapat di Melrimba Garden ini seperti mengemudikan ATV, dan mendayung perahu. Untuk rombongan, Melrimba Garden pun menawarkan paket barbeque acara keluarga. Harga tiket masuk ke Melrimba Garden berkisar antara Rp15.000 sampai Rp30.000 per orang tergantung usia dan jumlah rombongan. Lokasi ini buka setiap hari pukul 08:00-21:00 WIB, kecuali pada hari Sabtu yang mana lokasi wisata di Puncak ini tutup lebih malam, dari pukul 08:00-23:00 WIB.

11. Kampung Nde

kampung nde

Masih terletak di wilayah Cipanas, Cianjur, Kampung Nde merupakan tempat wisata nyaman untuk sekadar bersantai dan merasakan wisata kuliner siang hari. Ketika masuk, Kamu bakal disambut oleh saung-saung dan kolam ikan yang dapat Kamu pancing ikannya. Lebih jauh ke dalam, Kamu dapat menemukan kampung yang penuh kebun sayuran dan kandang binatang ternak kecil yaitu ayam, angsa, kelinci, dan bebek.

Di dalam area Kampung Nde pun ada trek sepeda dan ATV yang sangat aman dan cocok untuk anak-anak. Di samping itu, Kamu juga dapat mencoba permainan tradisional yakni egrang, congkak, dan bakiak batok. Makanan yang disajikan disini ialah makanan tradisional khas Sunda dengan alunan seruling bambu yang sendu.

Untuk masuk ke Kampung Nde, pengunjung tidak diwajibkan membayar tiket masuk. Namun, untuk mencarter sepeda, ATV, dan permainan lain bakal dikenakan ongkos tambahan di luar makanan yang dipesan di restoran.

 

Itulah beberapa referensi Wisata Puncak yang bisa Kamu kunjungi saat liburan dan akhir pekan.. Share ke teman-teman Kamu juga ya….

About Ngulon

Check Also

paket tour kawah ijen

PAKET TOUR BLUE FIRE GUNUNG IJEN

Itenerary :  Day 1 : SURABAYA-BONDOWOSO -IJEN (-/-/D) Dijemput dari Bandara/stasiun sekitar pk.15.00, berangkat dari …

tempat wisata di bekasi

7 Tempat Wisata Bekasi yang Harus di Kunjungi

Sebagai kota satelit dari Jakarta, Bekasi dapat disebutkan kota yang tak kalah sibuknya dengan ibu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.