10 Tempat Wisata Pantai di Jakarta dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta dikenal sebagai kota yang padat, padat dan memiliki beberapa objek wisata alam. Sebagai ibukota negara, kota Jakarta memiliki banyak sejarah, sehingga Anda dapat mengunjungi banyak tempat wisata bersejarah di sini. Monumen atau Monumen Nasional Kota Tua adalah salah satu situs bersejarah yang terkenal di Jakarta.

Tetapi siapa sangka kota super padat ini juga memiliki potensi wisata pantai yang indah. Apakah ada pantai di dalam dan sekitar Jakarta yang indah dan dapat membuat kemacetan di Jakarta hilang? Tentu saja ada, bahkan beberapa! Dalam diskusi ini, kami akan memberikan beberapa referensi ke pantai di Jakarta dan tempat-tempat sekitarnya. Ingin tahu? Lihat ulasan di bawah ini.

1. Pantai Ancol

Pantai Ancol

Pantai Ancol

Ancol adalah salah satu ikon wisata pantai di Jakarta. Tempat wisata ini sangat terkenal, sehingga tidak heran jika mereka yang datang dari luar Jakarta atau dari kota sendiri suka mengunjungi Ancol. Selama liburan, Ancol selalu dipadati pengunjung. Ini disebabkan oleh banyaknya hiburan yang ditawarkan oleh Ancol, seperti arena laut, dunia fantasi (tembakau) dan banyak lainnya.

2. Seribu pulau

Ribuan pulau

Ribuan pulau

Meskipun terpisah dari Jawa, ribuan pulau adalah bagian dari provinsi DKI Jakarta. Di pulau-pulau yang mencapai 108.000 hektar, ada banyak tujuan eksotis untuk dikunjungi, seperti Pulau Pramuk, Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Harapan di Pula. Di kepulauan ini, yang terletak 45 km utara Jakarta, tidak hanya permukaan lautnya yang indah, tetapi juga pariwisata di laut yang menarik untuk dijelajahi.

3. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu dari ribuan pulau. Untuk sampai ke tempat-tempat wisata pantai di sekitar Jakarta, Anda dapat naik speedboat di Taman Impian Jaya Ancol Marina selama sekitar 30 menit. Yang istimewa dari pulau ini adalah pasirnya yang putih dan lautnya yang biru jernih. Ada pondok-pondok tanah dan terapung di Pulau Bidadari yang sering dipilih para wisatawan sebagai tujuan akhir pekan mereka. Selain itu, pemandangan indah dan indah ini juga cocok untuk berbagai olahraga, seperti bersepeda, olahraga air atau sekadar bersantai menikmati langit biru dan berjemur di bawah sinar matahari.

4. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung

Ribuan pulau lagi, Pulau Tidung adalah perpaduan antara pantai berpasir putih dan laut yang tenang yang sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat wisata di sekitar Jakarta yang penuh kedamaian. Pulau itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Big Tidung dan Little Tidung yang dihubungkan oleh jembatan yang disebut Jembatan Cinta. Pulau Tidung Besar memiliki jumlah pulau terbesar di ribuan pulau. Untuk mencapai pulau ini, Anda harus melakukan perjalanan tiga jam dari pelabuhan Muara Angka.

5. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Pulau ini terletak di tengah gugusan laut Kepulauan Seribu. Ada banyak penduduk di Pulau Pramuka yang bekerja sebagai nelayan dan melayani turis. Anda dapat melakukan banyak kegiatan di pulau ini, seperti menyelam, memancing, bermain kano, menyelam atau hanya menikmati pantai yang indah. Anda juga dapat melihat pertanian elang di pulau ini, sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

6. Pulau Pari

Pulau Pari

Pulau Pari

Karena memiliki bentuk seperti Stingray jika dilihat dari atas, pulau itu kemudian dinamai Pulau Pari. Dengan pasir putih yang lembut dan bagian pantai yang tenang, pulau ini sangat cocok untuk Anda yang suka damai.

Di sisi lain, pulau ini juga merupakan area Pusat Penelitian LIPI. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda bisa naik speed boat dari dermaga Marina di Ancol atau pelabuhan Muara Angke dengan perjalanan yang memakan waktu 1 hingga 1,5 jam. Atau bisa dari Pulau Rambut, Pulau Tidung, Pulau Lancang dan Pulau Pramuka dengan perjalanan yang lebih singkat, yang hanya berjarak 30 menit.

7. Teluk Jakarta

Teluk Jakarta

Teluk Jakarta

Teluk Jakarta adalah daerah yang masih berada di wilayah yang sama dengan Kepulauan Seribu. Tempat ini mungkin menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan kepenatan setelah Anda bosan dengan rutinitas harian Anda dan perlu istirahat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini seperti menyewa perahu wisata. Anda bisa menyewa perahu dari Ancola atau menggunakan perahu milik seorang nelayan di Teluk Gong, Tangerang. Ada juga cottage yang tersedia di sini yang bisa Anda sewa untuk bermalam dan tinggal jauh dari Jakarta yang lelah. Ingin melihat keindahan terumbu karang? Cobalah menyelam di tempat dangkal.

8. Pantai Anyer

Pantai Anyer

Pantai Anyer

Terletak sekitar 30 km dari bagian barat Jakarta atau merupakan perbatasan di Serang, Banten. Pantai ini juga merupakan pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta dan tempat-tempat sekitarnya. Pantai Anyer dianggap oleh banyak orang sebagai tujuan wisata karena pantainya yang indah dan akomodasi yang cukup lengkap. Dari area pantai ini Anda bisa melihat Bukit Rakata, seorang anak dari bukit Krakatau yang menjulang di belakang laut. Ada juga mercusuar di Pantai Anyer yang merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

9. Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai ini juga terletak di Banten, lebih khusus di Kabupaten Pandeglang. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan tempat-tempat sekitarnya, pantai ini tentu saja terkenal. Pasir putih yang indah dan air laut biru adalah fitur yang akan Anda temukan di sini. Di daerah pantai Carita ini sudah ada banyak akomodasi atau villa untuk bermalam dan juga fasilitas hiburan lainnya.

10. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah pantai yang masih cukup alami karena tidak dikelola dan dikembangkan seperti pantai Banten lainnya. Ada tiga area pantai yang wajib Anda kunjungi saat berada di Pantai Sawarna, yaitu Pantai Bokor, Pantai Karang Ciantir dan Pantai Karang Taraje. Anda dapat melakukan penyelaman atau tabung gua di pantai ini, karena pantai ini memiliki banyak gua kapur untuk dijelajahi. Bagi Anda yang ingin bermalam di pantai ini, menginap juga disediakan.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Punthuk Setumbu

10 Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur yang Wajib Dikunjungi

Magelang benar-benar terkenal dengan Candi Borobudur, terutama jika Anda bepergian ke Yogyakarta atau Semarang, Anda …

puncak

13 Tempat Wisata di Puncak dan Sekitarnya

Puncak adalah kawasan wisata gunung di dekat Jakarta yang merupakan tujuan akhir pekan paling populer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *