Home / Uncategorized / 10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

Solo mungkin tidak sepopuler kakaknya Yogyakarta. Namun, sebuah kota yang berkembang pesat di bawah Kesultanan Surakarta juga bisa bangga dengan masalah kuliner. Mengunjungi Solo berarti mencoba pengalaman baru, untuk mencicipi produk kulinernya yang tidak kalah lezat dengan kelezatan kuliner daerah lain di nusantara.

Untuk mengetahui ke mana harus pergi di Solo, pertimbangkan rangkuman 10 tempat wisata kuliner di Solo yang harus Anda coba:

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Timlo Sastro

Jika Anda pergi ke Yogyakarta Anda harus merasakan hangat, Timlo adalah suatu keharusan untuk kuliner di Solo. Anda dapat dengan mudah bertemu Timla di semua sudut Sol, tetapi Anda harus mengunjungi "legenda" Timla, Timlo Sastro.

Apa itu timlo? Timlo adalah jenis sup kaldu ayam kuliner yang mengandung wortel, stew liver, kentang, sosis solo, dan daging ayam. Timlo biasanya dimakan dengan nasi dan kerupuk kulit. Timlo Sastro telah menjadi salah satu tim paling populer sejak 1952.

Timlo Sastro berada di belakang Pasar Gede Timur, lokasi yang mudah diakses karena sangat populer. Tempat kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 15.00. Hal unik lainnya adalah musik keroncong live yang dimainkan oleh kelompok-kelompok bus yang "dikontrak" untuk menghibur pelanggan akan menemani Anda di sana.

2. Bale Padi Resto

Bale Padi Resto

Bale Padi Resto

Menikmati sajian kuliner khas Solo di tengah sawah hijau akan menjadi pengalaman menarik yang sulit dilupakan. Angin sepoi-sepoi yang sejuk juga dapat menambah kenikmatan makan dan bersantai bersama keluarga Anda. Anda dapat menemukan semua ini di Bale Padi Restaurant yang berlokasi di Jalan Kadilang, Baki Pandeyen, Solo.

Tur kuliner ini memiliki konsep makan siang dan makan malam yang berbeda. Dari pagi hingga sore, menunya adalah kuliner tradisional seperti tahu, cheetah goreng, sajian goreng dan kari. Anda dapat menemukan berbagai makanan laut yang lezat untuk malam itu. Ingatlah untuk memesan rempah-rempah muda dengan kelapa. Minuman unik ini memadukan kelapa muda yang disajikan dengan air pedas yang mengandung jahe, cengkeh, serai, dan kayu manis. Cara menikmatinya, cukup campurkan air pedas ini ke tempurung kelapa.

Bale Padi Resto buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai 10 malam.

3. Roem Mogue Resto

Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto atau juga dikenal dengan Laras Restaurant adalah tempat wisata kuliner Jawa yang wajib Anda kunjungi. Terletak di Jalan Radjiman 501, wisata kuliner ini bertempat di sebuah kompleks apartemen yang juga memiliki rona yang sama.

Menu utama Roemahkoe Resto adalah nasi jemblung, yang merupakan hidangan khas kerajaan. Nasi jemblung disajikan bersama dengan lidah sapi yang dimasak dalam perang. Mode penyajiannya unik dan indah, atas dasar daun pisang, terbentuk nasi yang menyerupai cincin monster, lidah sapi kemudian ditempatkan di tengah cincin. Sebagai tambahan yang lezat, nasi ini dihiasi dengan pasta cabai, irisan mentimun dan kerupuk kulit.

Untuk minuman, jangan lupa memesan cemol, yang juga merupakan hidangan kerajaan khusus. cemol terbuat dari air jahe, gula, serai, kelapa muda, kacang panggang dan roti irisan. Selain hidangan khas, Roemahkoe Resto juga menyelenggarakan hiburan musik live pada hari Jumat dan Sabtu.

4. Pancake notosuman

Pancake Notosuman

Pancake Notosuman

Di Bandung, elang ini dikenal sebagai Surabi, di Solo namanya sedikit diimbangi oleh pancake. Pancake yang populer adalah pancake Notosuman yang terletak di Jalan Moh. Yamin (sebelumnya bernama Jalan Notosuman).

Panekuk ini berbeda dari yang ada di Bandung. Pancake Notosuman tidak disajikan dengan kacang polong, hanya ada dua rasa, asli dan cokelat. Selain itu, makanan ringan tepung beras dan campuran santan masih diminati oleh penduduk Sol serta wisatawan luar kota. Rasanya sangat enak untuk menikmati teh hangat di sore hari.

5. Galabo Solo

Galabo Solo

Galabo Solo

Malam dan perut lapar? Kunjungi Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan), yang terletak di Sunar Mayor Street. Pasar Malam buka dari jam 5 sore sampai jam 5 pagi, sedangkan pada siang hari lokasi ini berfungsi sebagai jalan raya biasa.

Selain serangkaian tenda dan bangku, pasar malam ini dilengkapi dengan WiFi gratis dan musik live sebagai hiburan bagi pengunjung. Di sini Anda dapat menemukan berbagai spesialisasi kuliner seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang bundar dan lainnya. Beberapa yang populer di sini adalah Sere Kere Yu Rebi dan Shi Jack Fresh Milk.

6. Terletak Warung Selat Mbak

Selat Mbak terletak

Selat Mbak terletak

Pernahkah Anda mendengar tentang seni kuliner yang disebut Selat? Selat ini sebenarnya jenis salad, tetapi namanya berubah setelah menyebutkan penduduk setempat. Salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan menu ini adalah Warung Selat Mbak Laes yang terletak di Jalan Serengan 42.

Menu utama di Selat Warung Mbung Lies adalah Selat Bestika. Bestika pasta adalah kombinasi dari irisan daging sapi, telur rebus, wortel, kentang goreng, kacang, selada, mentimun, acar dan mayones Jawa. Minuman yang cocok untuk dimakan dengan selat adalah gunung es. Di sini Anda dapat memilih gula Jawa, gula putih atau sirup sebagai pemanis.

Tempat kuliner ini juga memiliki dekorasi yang terlihat "berantakan" karena ada banyak koleksi barang antik seperti tembikar kuno yang memenuhi ruang makan ini. Yang unik dari Selat Mbak adalah pelayan yang mengenakan seragam imut warna mencolok. Tur kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 17:00.

7. Tengkleng Bu Eddie

Tengkleng Bu Eddie

Tengkleng Bu Eddie

Ketika mengunjungi Solo, Anda harus mencicipi Tengkleng Bu Edi. Tengkleng dikenal di zaman kuno sebagai makanan untuk orang miskin. Ini karena tengkleng terbuat dari tulang kambing yang meninggalkan sedikit daging. Tengkleng dimasak dengan dua cara, menggunakan santan dan tidak. Rasanya yang segar, asam dan asin membuat makanan orang miskin sekarang sangat diminati dan telah menjadi salah satu produk kuliner yang wajib dimiliki di Solo.

Bu Edi Tengkleng mungkin adalah tengkleng paling populer di Solo. Jangan bayangkan tempat dalam bentuk restoran besar. Tengkleng Bu Edi terletak di gerbang utara Pasar Klewer dan tidak menawarkan tempat kepada pembeli karena ruangnya yang terbatas. Tapi jangan salah, Tengkleng ala Bu Edi, yang buka setiap jam di sore hari, sudah memiliki banyak penggemar dan terjual habis hanya dalam 3 jam.

8. Sate Buntel Tambaran Segaran

Sate dengan ikan segar

Sate dengan ikan segar

Solo sangat kreatif dalam pengolahan kuliner. Jika Anda biasanya makan pada jam yang sama, saatnya mencicipi sate buntel Solo. Seperti namanya, sarang lebah ini dibungkus sebelum dibakar. Bagaimana dibungkus? Jam tangan ini terdiri dari daging kambing yang dibumbui dan dibungkus dengan lemak kambing tipis. Saat dibakar, lemaknya akan meleleh dan menambah rasa batan setan.

Sate Buntel yang paling populer adalah Sate Buntel Tambaran Segaran, yang terletak di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Selain sate buntel, wisata kuliner ini menawarkan menu lain seperti sate kambing dan angsa rebus. Tempat ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi hingga 11 malam.

9. Tentrem es krim

Es krim tentrem

Es krim tentrem

Yang namanya es krim selalu menjadi favorit banyak orang. Jika Jakarta memiliki Ragus, Surabaya dengan Zangrandi dan Malang memuji Toko Oen, Solo juga memiliki toko es krim legendaris, Tentrem Ice Cream. Toko es krim buatan sendiri ini terletak di Jalan Urip Sumaharjo dan telah populer sejak tahun 1952.

Beberapa menu utama termasuk buah tutti, rum kopi, mawar robin dan pelangi. Ingin istirahat di tengah jalan-jalan keliling Sol? Datang saja ke tur kuliner ini yang buka malam ini dari jam 10 hingga jam 9.

10. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Inilah pasar malam dan pertemuan sosial untuk kaum muda di Solo. Pasar Malam Ngarsopuro terletak di Jalan Diponegoro dan diadakan setiap Minggu malam. Anda dapat menemukan banyak spesialisasi kuliner Sola yang lezat di sini seperti nasi, kubis rambback, sosis Solo, bakso bakar, sate monyet, dan wedang bundar.

Selain menyantap seni kuliner, Anda juga bisa berkeliling dan mengunjungi berbagai kerajinan tangan menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ada juga pertunjukan oleh berbagai komunitas pemuda solo seperti Capoeira, tari, fotografi dan banyak lagi.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kalimilk Yogyakarta

10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang bisa menolak pesona Yogyakarta? Sebuah kota yang masih mempertahankan budaya Jawa di tengah-tengah …

beeferoni mushroom pino pizza

Wisata Kuliner Bandung – Pino Pizza Buah Batu

Bosan dengan pizza yang sama? Saya juga bosan, jadi kemarin saya dan teman saya mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.