Home / Uncategorized / 10 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi

Medan adalah kota yang populer di Sumatra. Ibukota Sumatera Utara bahkan merupakan salah satu pelabuhan wisatawan asing di Indonesia bagian barat, terbukti dari lokasinya yang tidak jauh dari bandara internasional utama, Bandara Internasional Kuala Namu.

Medan juga merupakan pintu masuk bagi setiap wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata seperti Danau Toba dan Danau Singkarak. Nah, sebelum Anda melanjutkan tur, berhentilah sejenak dan nikmati seluruh kota Medan.

Kota ini memiliki banyak tempat wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah ringkasan 10 tempat wisata kuliner menarik di Medan yang wajib Anda kunjungi:

1. Top Tip Restoran

Tip Top Restaurant

Tip Top Restaurant

Jenis Top Restaurant sangat populer dengan telinga para Medan dan wisatawan yang mengunjungi kota ini. Restoran ini awalnya terletak di Jalan Pandu, dengan nama Retoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Namun kemudian pada tahun 1934 restoran tersebut pindah ke Jalan Kesawan dan namanya juga berubah menjadi Tip Top Restaurant.

Jenis Top Restaurant masih mempertahankan suasana masa lalu. Bangunan yang digunakan masih khas arsitektur Belanda. Meski bangunannya rona Eropa yang pekat, namun menu yang dihadirkan cukup bervariasi, mulai dari nusantara, oriental hingga internasional.

Tempat kuliner ini populer dengan roti dan es krim yang dibuat sesuai resep asli sehingga rasanya tidak berubah dari generasi ke generasi.

2. Kedai Durian Ucok

Kedai Durian Ucok

Kedai Durian Ucok

Medan tidak bisa dihilangkan dari buah durian. Medan Durian terkenal dengan dagingnya yang legendaris dengan rasa pahit yang sedikit menggoda. Jika Anda datang ke Medan, kunjungan Anda tidak akan berarti tanpa mengunjungi Toko Ucok Ucian yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, sebelumnya di Jalan Iskandar Muda.

Kedai Durian Ucok adalah duri terlaris di Medan. Buka pada malam hari hingga dini hari, Kedai Durian Ucok dapat menjual 6.000-7.000 durian dalam semalam.

Durian dapat dimakan di lokasi atau dibawa pulang. Uniknya, Bang Ucok atau Zainal Abidin, pemilik toko, memungkinkan Anda untuk menukar durian dengan yang baru jika Anda merasa durian pembuka terasa tidak nyaman.

Tidak ada stok durian di toko ini. Durian bersumber dari berbagai daerah penghasil durian di Sumatera Utara, seperti Sidikalang dan Sibolga. Jika bukan musim durian (Maret-Mei), maka Bang Ucok bergantung pada tengkulak yang sudah memiliki stok durian sebelumnya.

3. Jalan Merdeka

Jalan Merdeka

Jalan Merdeka

Suka wisata kuliner di malam hari? Ambil Jalan Merdeka, yang merupakan area terbesar kehidupan malam dan wisata kuliner di Medan.

Jalan Merdeka pada malam hari sangat ramai dan menjadi tempat berkumpul bagi ratusan orang di Medan. Setidaknya ada 30 tempat kuliner dan 700 bangku pengunjung yang tersedia. Anda dapat mencoba berbagai spesialisasi kuliner, mulai dari sup, kue beras, sushi, steak hingga sup oktal.

Menariknya, di sini pernah menjadi lokasi berbagai kegiatan pemuda yang menarik seperti kompetisi tari, kompetisi band dan menonton pertandingan sepak bola bersama.

4. Jalan Semarang

Jalan Semarang

Jalan Semarang

Jalan Semarang adalah daerah Chinatown yang merupakan pusat penjualan suku cadang kendaraan di Medan pada siang hari. Di malam hari, area sepanjang 200 meter ini telah diubah menjadi pasar malam dan tempat kuliner favorit di Medan.

Daerah ini telah populer sejak tahun 1960-an sebagai salah satu pusat hiburan di kota Medan. Pasar Malam dimulai pada pukul 18:00 dan ditutup pada pukul 01:00. Di sini Anda dapat mencicipi berbagai pilihan menu, dari sate hingga martabak. Salah satu menu favorit di sini adalah nasi bebek hainan.

5. Lapangan Kesawan

Alun-alun Kesawan

Alun-alun Kesawan

Tidak berbeda dengan Jalan Semarang, kawasan Kesavan Square hanya aktif sebagai wisata kuliner di malam hari.

Alun-alun Kesavan terletak di Jalan Ahmad Yani yang merupakan area metropolitan Medana tua. Berada di jalan sepanjang 800 meter ini, Anda kembali ke masa lalu. Menikmati masakan lezat di antara bangunan-bangunan kolonial tua tentu bisa menjadi pengalaman yang menarik.

Makanan yang tersedia di sini sangat beragam, dari halal hingga non-halal. Bagi Anda yang mencari makanan halal, tidak perlu khawatir. Tempat makan yang menyajikan menu halal, menggunakan biru di kursi dan beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non-halal mereka menggunakan atribut merah. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tempat makan.

6. Soto Kesawan & # 39; Tenan Lezat & # 39;

Soto Kesawan & # 39; Tenan Lezat & # 39;

Soto Kesawan & # 39; Tenan Lezat & # 39;

Kembali di kota tua Kesavan. Anda harus mencoba soto kali ini di Soto Kesawan Enak Tenan Restaurant di 116 Ahmad Yani Street.

Soto sangat unik di sini karena ia menggunakan udang dalam masakannya. Sesuatu yang mungkin tidak Anda temukan di soto-soto lain. Udang yang digunakan adalah udang gala berukuran relatif besar. Udang digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam sup.

Meskipun menu utamanya adalah udang Soto, tempat wisata kuliner ini masih menawarkan menu soto lain dengan daging sapi dan ayam sebagai pilihan. Jika Anda ingin mencoba semuanya, Anda dapat memesan kombinasi sup yang akan mencampurkan sup udang dengan sup daging sapi atau ayam, sesuai keinginan Anda.

Restoran ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi – 3 sore.

7. Soto RM Sinar Pagi

Soto RM Sinar Pagi

Soto RM Sinar Pagi

Masih tentang bulan madu di Medan. Pecinta Soto, datanglah ke Sinar Pagi Restaurant yang terletak di Jalan Sei Deli.

Di sini, Soto memiliki rasa santan kental dan bumbu yang kaya akan hidangan yang disajikan dengan irisan daging sapi, burger, tepung kacang dan kecap. Jika Anda tidak suka sup santan, Anda bisa memesan sup ayam yang tidak kalah lezat.

Restoran ini juga nyaman untuk dikunjungi ketika Anda membutuhkan sarapan, karena buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 3 sore.

8. Tabona Restaurant

Restoran Tabona

Restoran Tabona

Tabona Restaurant terletak di Jalan Mangkubumi, Medan. Tempat kuliner ini menyajikan berbagai ikal lezat, dari bihun, kari ayam, kari daging kambing hingga kari daging sapi.

Buka dari 18:30 hingga 16:30, restoran ini sangat ramai, terutama saat makan siang karena terletak di kantor.

9. Mie Ayam Jamur Kumango

Mie ayam Kumango

Mie ayam Kumango

Masih di area Jalan Mangkubumi, mari kita beralih ke mie ayam Kumango Mushroom. Restoran ini menyajikan menu spesial mie ayam dengan jamur siap untuk mencium lidah Anda.

Mie kenyal tipis dipadukan dengan irisan ayam dan jamur serta sejumput kacang, mustard dan bawang goreng bisa membuat Anda ingin menikmati dua porsi sekaligus. Menikmati pasta ayam jamur spesial ini tidak lengkap tanpa kopi susu tradisional yang pasti akan menambah hidangan kuliner Anda.

10. Apek Cafe

Apek Cafe

Apek Cafe

Ini adalah tempat yang harus dikunjungi pecinta kopi. Terletak di Jalan Hindu 37, Keda Kopi Apek adalah kedai kopi tertua dan paling populer di Medan.

Kedai Kopi Apek didirikan pada tahun 1922 dan sampai saat ini rasa kopi belum berubah. Dikatakan bahwa kunci untuk menikmati kopi di sini adalah dalam memilih kopi terbaik, menyesuaikan suhu air dengan teknik pencampuran yang harus dilakukan dengan benar.
Favorit saya di sini adalah Kopi O yang merupakan kopi hitam bebas gula. Selain secangkir kopi, Anda juga harus memesan menu lain, seperti roti bakar, paprika, telur martabak, atau nasi soto.

Kopi Kopi Apek buka mulai pukul 06:00 – 14:00 pada hari Senin – Sabtu dan 06:00 – 11:30 pada hari Minggu.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kalimilk Yogyakarta

10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang bisa menolak pesona Yogyakarta? Sebuah kota yang masih mempertahankan budaya Jawa di tengah-tengah …

beeferoni mushroom pino pizza

Wisata Kuliner Bandung – Pino Pizza Buah Batu

Bosan dengan pizza yang sama? Saya juga bosan, jadi kemarin saya dan teman saya mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.