10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan istirahat. Ada banyak tempat wisata menarik di Subang, Jawa Barat, yang patut dikunjungi. Tempat wisata di Subang didominasi oleh banyak pemandangan alam dan aktivitas luar ruangan yang menyenangkan untuk pengalaman liburan yang menyenangkan.

Nah, jika Anda masih bingung menentukan lokasi liburan yang tepat, mari kita simak beberapa rekomendasi perjalanan berikut di Subang.

1. Mata Air Panas Ciater

Sumber Air Panas Ciater

Sumber Air Panas Ciater

Bisa dibilang, tempat wisata di Subang adalah tempat paling nyaman untuk menghilangkan stres. Coba bayangkan kenyamanan berendam di air hangat dari kolam setelah harus berurusan dengan rutinitas yang melelahkan. Tidak mengherankan, sumber-sumber Ciater telah berhasil menjadi salah satu donasi pertama di Subang.

Terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, penduduk setempat juga menggunakan air hangat di sekitarnya untuk mengairi ladang mereka. Dalam pemandian ini Anda tidak hanya bisa merasakan kehangatan air yang akan membuat tubuh Anda rileks, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan dari air. Bagaimana itu? Tentu saja, karena air yang mengalir dari kawah Gunung Tangkuban Perahu mengandung sulfur tinggi, kalsium, magnesium, klorida, sulfat, termo dan mineral. Banyak dengan kombinasi komponen-komponen ini percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, rematik dan gangguan tulang dan saraf.

Setelah berenang, Anda mungkin juga ingin mencoba beberapa kegiatan lain di tempat wisata ini di Subang. Jangan khawatir, ada semua jenis kegiatan luar ruangan yang menyenangkan, seperti menunggang kuda, berperahu, atau bermain kartu.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Jika Anda berkesempatan mengunjungi mata air Ciater, tidak ada salahnya mampir ke kawah Gunung Tangkuban Perahu. Lokasinya yang dekat menghemat waktu perjalanan dan lebih efisien. Kawah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat memiliki panorama yang luar biasa indah yang memalukan jika Anda melewatkannya.

Sebut saja Kawah Ratu. Dalam beberapa hal kawah ini adalah yang paling populer di kawasan wisata ini. Ukurannya yang besar membuat Kawah Rat menjadi daya tarik wisata utama di Gunung Tangkuban Perahu. Daerah ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil minum kopi atau hanya menikmati suasana khas gunung yang damai.

Selanjutnya, ada Kawah Upas yang terletak tepat di atas Kawah Ratu. Sayangnya, pengunjung dapat menikmati pemandangan kawah hanya dari kejauhan, karena akses ke sana ditutup oleh pengelola setempat. Alasannya Ada gas beracun di sekitar kawah yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Masih belum cukup? Ada lagi kawah Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi favorit wisatawan. Kawah Domas, namanya. Kawah ini memiliki "area kesehatan" berupa kolam belerang. Rasakan kegembiraan merendam kaki yang lelah di genangan lumpur belerang saat berbicara dengan teman-teman. Menyenangkan, bukan?

3. Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Siapa bilang wilayah Jawa Barat hanya memiliki gunung? Di Subang, Anda dapat menemukan fasilitas wisata pantai yang masih dijaga oleh penduduk setempat, yaitu Pantai Kalapa Patimban, yang terletak di Dusun Patimban, Pusakagara, Kabupaten Subang, berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Seperti kebanyakan pantai, pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa di pantainya. Masyarakat setempat juga menyebutnya Pantai Kalapa / Kalapa Patimban. Anda tidak harus pergi jauh-jauh ke Bali, bosan dengan tempat wisata di Subang bisa membuat Anda rileks, lho.

Kebaikan penduduk setempat adalah puncak liburan Anda di tempat wisata di Subang ini. Plus, Anda bisa bersenang-senang di luar ruangan. Ingin gaya Popeye? Cukup sewa perahu dari nelayan setempat, pemandu akan menemani Anda menjelajahi laut yang tenang. Bagi pengunjung yang menyukai olahraga, laut yang landai dapat digunakan untuk bermain voli pantai, berperahu, speedboat, dan lainnya.

Setelah permainan yang memuaskan, Anda dapat berbaring di tempat istirahat yang ditunjuk atau mencicipi hidangan laut yang lezat.

4. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Objek wisata lain di Subang yang memikat banyak wisatawan adalah Pantai Cirewang. Surga alami ini tersembunyi di balik desa Cirewang, kabupaten Legonkulon, Subang. Dibandingkan dengan Pantai Kalapa Patimban, Pantai Cirewang memiliki suasana yang lebih bagus.

Ketika Anda tiba, Anda mungkin bingung dengan kondisi di sana. Dimana pantainya? Meneliti kalibrasi, pengunjung harus berlayar melintasi sungai dengan pohon bakau di kedua sisinya. Perjalanan sungai memakan waktu 15 menit, sebelum akhirnya mencapai mulut Teluk Cidaon.

Dari Teluk Cidaon, pengunjung dapat langsung melangkah ke Pantai Cirewang Sandy. Suasana di tempat wisata ini masih terlihat tenang karena lokasinya yang tersembunyi. Meski begitu, ini telah menjadi favorit bagi para wisatawan yang ingin sendirian keluar dari hiruk pikuk kota dan hiruk pikuk kota.

5. Air Terjun Cibareubeuy

Air Terjun Cibareubeuy

Air Terjun Cibareubeuy

Anda kurang beruntung mengunjungi Subang tanpa berhenti di air terjun. Air Terjun Cibareubeuy adalah salah satu tujuan wisata menarik di Subang. Terletak di desa Cibeusi, distrik Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Anda harus melakukan perjalanan yang cukup sulit untuk sampai ke sana.

Lokasinya yang terpencil, panjang dan menanjak, harus sekitar satu jam 30 menit dari Cibeusi. Pengunjung dapat memilih antara dua rute menuju tempat wisata di Subang, yaitu melalui hutan atau beras. Jika Anda seorang penyuka dan petualang olahraga ekstrim, jalur hutan lebih cocok karena memiliki medan yang curam dan menantang. Perjalanan melalui sawah dianggap lebih mudah dinavigasi karena diikuti oleh rute yang berbeda untuk mencapai area air terjun.

Ketinggian Cibareubeuy adalah sekitar 40 meter. Air dingin, pepohonan di sekitar air terjun dan suasana yang indah membuatnya cocok untuk penawarnya setelah perjalanan yang sulit.

6. Air Terjun Cina

Air terjun Cina

Air terjun Cina

Bagi Anda yang ingin melihat air terjun berjenjang, Anda tidak perlu pergi jauh ke Jamaika. Subang juga memiliki air terjun Tiongkok yang tidak lebih indah dari air terjun Sungai Dunn. Lokasi Curug Curug Tiongkok terletak di Desa Curugagung, Kabupaten Sagalaherang, wilayah Subang. Kawasan wisata ini tergolong muda karena baru dibuka pada tahun 2016.

Dari Kota Bandung ke Curug, Tiongkok relatif mudah bepergian, yaitu melalui kawasan perumahan, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Dari resor Anda harus melewati sawah dan perkebunan menurun dan dalam kondisi jalan yang sangat buruk. Setelah berjalan menyusuri garis, ada jembatan besar yang harus dilewati. Pengunjung harus berjalan di sepanjang jalan setapak untuk mencapai lokasi.

Curug China memiliki garis batu bertingkat sekitar 30 meter. Uniknya, ada kolam air hijau di sekitar air terjun. Menurut penghuni, air kolam berisi belerang, yang sering digunakan untuk mandi. Pada perjalanan ini, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari tempat wisata Subang, selain menikmati dingin dan panorama alam.

7. Air Terjun Ciangin

Air Terjun Ciangin

Air Terjun Ciangin

Curug Ciangin adalah salah satu air terjun prima donna di Subang. Objek Wisata di Subang, yang terletak di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Curug Ciangin memiliki panorama alam yang luar biasa yang juga menawarkan dingin alami.

Seperti air terjun lainnya di Subang, Curug Ciangin berdiri megah di tengah-tengah pepohonan yang rimbun. Nah, jika Anda pernah mengunjungi wisata air panas Ciater sebelumnya, tidak sulit untuk menemukan Curug Ciangin karena kedekatannya.

Sesampainya di Curug Ciangin, kesan pertama terasa dingin. Karena itu, angin bertiup cukup kencang untuk membawa tetesan air dari atas. Air terjun ini memiliki dua tingkat ketinggian yang berbeda. Bagian atas tingginya sekitar 4 meter, sedangkan bagian bawah tingginya sekitar 3 meter. Cobalah untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang dikelilingi oleh pohon bambu di tempat wisata di Subang ini.

8. Air Terjun Air Terjun

Air terjun lanskap

Air terjun lanskap

Saat Anda mengunjungi Subang, wisata air terjun sepertinya tidak ada habisnya. Curug Bentang, air terjun yang terabaikan ini kini menjadi salah satu tempat wisata di Subang yang wajib Anda kunjungi. Terletak di desa Sanca, kabupaten Ciater, air terjun ini berjarak sekitar 32 km dari ibukota Jawa Barat, Bandung.

Pesona alam Curug Bentang tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Di sepanjang jalan menuju lokasi Anda akan melihat serangkaian sawah hijau dan perkebunan teh yang jarang ditemukan di daerah perkotaan.

Sesampainya di Curug Banter, pengunjung akan disambut oleh panorama alam yang luar biasa. Air terjun bertingkat, setinggi sekitar 5 meter. Di setiap tingkat ada genangan air hijau jernih yang menjadi daya tarik utama. Sayangnya, akses ke tingkat yang lebih tinggi cukup sulit, karena dikelilingi oleh bebatuan dan pepohonan yang licin.

9. Perkebunan Teh Ciater

Perkebunan teh ciater

Perkebunan teh ciater

Setelah puas menjelajahi air terjun, kini saatnya membawa keluarga Anda berlibur ke Kebun Teh Ciater. Tidak sulit untuk menemukan lokasi tempat wisata ini karena terletak di sepanjang Jalan Raya Subang-Bandung, tepat di lereng Gunung Tangkuban Perahu.

Di sini Anda dapat mengundang anak Anda untuk menikmati pemandangan taman hijau yang indah sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung dapat memilih teh dan mengunjungi pabrik pengolahan teh. Yang lebih mengasyikkan, ada kegiatan untuk menjeda teh di air terjun sekitar dan menguji teh. Saat senja Anda dapat melihat panorama matahari terbenam di bukit gunung sambil menenangkan pikiran Anda.

10. Menangkap buaya Blancan

Penangkaran buaya blanakan

Penangkaran buaya blanakan

Disebut pembiakan buaya Blanakan karena tempat wisata di Subang, ini terletak di kabupaten Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan memiliki kawanan buaya sebagai daya tariknya.

Pengunjung yang datang mungkin bingung tentang akses ke situs penangkaran buaya karena jalurnya terlihat tidak jelas. Namun, jangan menilai buku dari sampulnya, ya. Berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama keluarga saat liburan tiba.

Adalah Jack dan Baron, dua buaya tawanan raksasa yang hebat. Kedua buaya adalah hasil pemuliaan pertama di sebuah situs dengan 5 buaya betina dan berusia lebih dari 30 tahun. Tindakan memberi makan Jack dan Baron menjadi tontonan yang menarik bagi pengunjung, terutama ketika dia melihat gerakan buaya menarik umpan. Sebagai suvenir liburan, ingatlah untuk mengambil gambar dengan buaya di sana.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Pantai Tambakrejo

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

Ketika datang ke kota Blitara, Kuil Bung Karno datang ke pikiran pertama. Ya, kota Blitar …

Masjid Raya Medan

15 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dijuluki sebagai kota multi-etnis, Medan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.