Home / Uncategorized / 10 Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Kota ini juga merupakan kota terpadat di Kalimantan. Sejauh ini, Samarinda terkenal dengan kain tenunnya yang memiliki pola kotak-kotak dengan berbagai warna. Padahal, kota ini memiliki banyak potensi wisata selain kain yang unik.

Dibandingkan dengan beberapa kota lain di Indonesia, pariwisata Samarind tidak dikenal. Namun sebenarnya kota ini memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Berikut adalah 10 tempat wisata di Samarinda yang tidak lebih rendah dari tempat wisata lainnya di Indonesia:

1. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah terletak di pedalaman Dusun Purwosari di kabupaten Samarida Utara atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarind. Tempat wisata ini mudah diakses dengan transportasi umum, Anda hanya perlu naik angkot menuju Pasar Segiri – Sungai Siring.

Air terjun setinggi 15 meter ini cukup unik. Air yang mengalir akan terlihat jernih dan jernih, tetapi ketika lebih rendah, air akan menjadi keruh kemerahan. Ini karena tanahnya adalah tipe gambut. Meskipun demikian, tempat wisata di Samarinda masih dikunjungi oleh banyak wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Jika Anda tidak ingin bermain dengan air dan basah, Anda bisa duduk di stan sambil menikmati keindahan air terjun ini. Selain bersantai di stan, Anda juga bisa memuaskan perut Anda di warung makan sekitar. Jika Anda membawa anak kecil, taman bermain juga disediakan di area air terjun ini.

2. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang

Wisata budaya sangat diminati, karena selain melihat budaya lokal, Anda bisa mengenal budaya lain juga. Di Samarinda adalah tempat wisata budaya yang populer, Kamp Village Pampang.

Desa ini dihuni oleh suku-suku Dayak Kenya. Pada akhir pekan, tujuan wisata ini dikunjungi oleh banyak wisatawan dari luar kota dan luar negeri. Setiap hari Minggu pukul 13.00 – 15.00 pertunjukan seni diadakan di auditorium atau ruang rapat desa. Bangunan ini unik karena merupakan rumah Dajak tradisional dengan ukiran suku.

Sangat menarik bahwa selama pertunjukan artistik semua penduduk setempat akan mengenakan pakaian tradisional mereka. Anda juga dapat menyewa fotografi tradisional untuk latar belakang rumah tradisional Dayak. Selain itu, ada toko suvenir di desa ini yang menjual berbagai kerajinan lokal.

3. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul, Samarinda

Kebun Raya Unmul, Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda berjarak 10 km dari pusat kota Samarinda. Situs wisata ini adalah hutan pendidikan milik Universitas Mulawaman tetapi terbuka untuk umum. Pengunjung hanya perlu membayar 5.000 rupee per orang untuk memasuki kebun raya ini.

Di area Kebun Raya ada sebuah danau besar yang bisa Anda kelilingi dengan menyewa sepeda air. Jika Anda ingin tur ke daerah ini, Anda bisa menggunakan kuda. Selain itu, objek wisata di Samarinda ini juga memiliki kebun binatang mini dan museum kayu yang berisi informasi tentang spesies pohon di Kalimantan.

Kebun Raya Unmul Samarinda buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai jam 9 pagi sampai 4 sore

4. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung

Tempat wisata di Samarinda ini adalah area hijau yang biasa digunakan sebagai tempat berkemah. Meskipun Anda tidak berkemah di sini, Anda masih bisa menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung.

Tanah di daerah ini memiliki ketinggian yang berbeda sehingga sungai yang dilewati menyerupai air terjun pendek. Anda bisa mandi dan bermain di tank dangkal. Selain itu, Anda dapat berjalan-jalan dan menjelajahi daerah untuk melihat keindahannya.

Telaga Permai Batu Besaung terletak hanya 15 km dari pusat kota Samarinda.

5. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah tempat wisata di Samarind di tengah Sungai Mahakam. Pulau ini berasal dari pengendapan lumpur sungai. Jika dilihat, bentuknya mengingatkan kita pada perahu terbalik.

Tempat wisata ini disebut mirip dengan mini Indonesia Tamil Indah yang berlokasi di Jakarta. Ini karena budaya Kalimantan ditampilkan di Pulau Kumala, dimulai dengan bangunan tradisional, kuil, dan patung lembu.

Selain bangunan bernilai budaya lokal, ada juga wahana permainan modern seperti menara langit 75 meter, kereta mini, kereta gantung, dan juga mobil putar. Jika Anda ingin menginap, DJS Resort menawarkan pondok dan kolam renang.

Objek wisata ini terletak di sebelah barat kota Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara atau 27 kota Samarinda. Untuk sampai ke Pulau Kumala, Anda dapat naik perahu motor atau kereta gantung dari Tenggarong.

6. Taman Rekreasi Green Valley

Taman Rekreasi Green Valley

Taman Rekreasi Green Valley

Objek wisata ini tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda, tepatnya antara Samarinda dan Bontang KM 15. Ada berkemah, flying fox, replika hutan, kolam renang, taman bermain, stan, kolam dan kafetaria di Taman Rekreasi Lembah Hijau.

Selain menjadi tempat wisata di Samarinda yang sering dikunjungi oleh banyak keluarga, taman ini juga sering dijadikan outlet bagi anak-anak sekolah dan karyawan banyak perusahaan.

Tiket ke Taman Rekreasi Green Park adalah Rp5.000 per orang. Adapun tiket Anda, biayanya 180.000 rupee per orang.

7. Masjid Islamic Center Samarind

Masjid Islamic Center Samarind

Masjid Islamic Center Samarind

Masjid ini terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Dibangun pada tahun 2001 dan dibuka pada tahun 2008, Masjid Islamic Center adalah salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi di kota ini.

Arsitektur masjid mengilhami Aja Sophia di Turki, misalnya, dalam kubahnya yang besar dan berpola. Masjid ini memiliki satu menara utama setinggi 99 meter, yang disesuaikan dengan Asmaul Husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek melambangkan pilar-pilar agama. Selain itu, 33 anak tangga mengarah ke lantai utama masjid, sebanyak manik-manik.

Masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga tempat wisata. Banyak pengunjung dari luar kota datang untuk melihat ukuran masjid ini. Pada malam hari, Masjid Islamic Center Samarind dari kejauhan terlihat sangat indah dengan latar belakang Sungai Mahakam.

8. Tenun Desa Samarinda

Tenun Desa Samarinda

Tenun Desa Samarinda

Yang khas dari kota Samarinda adalah kain tenun. Kain tenun khusus Samarinda memiliki motif kotak-kotak yang indah. Jika Anda ingin membeli kain tenun ini sebagai oleh-oleh, datanglah ke Kabupaten Seberang Samarinda. Ada dua desa yang menjadi pusat kerajinan ini, yaitu desa Baqa dan desa Masjid.

Kedua desa ini adalah tempat wisata bagi pengunjung luar kota. Di sini, selain membeli kain, Anda juga dapat melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih sangat sederhana karena masih menggunakan alat tenun bukan mesin yang disebut "Gedokan".

Diperlukan 3 hingga 7 hari untuk membuat kain rajut sesuai dengan berat motif yang Anda inginkan. Tidak mengherankan, harganya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupee untuk setiap untai. Jika Anda menginginkan motif yang berbeda dari yang lain, Anda dapat memesannya terlebih dahulu.

9. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Air terjun ini terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Air Terjun Pinang Seribu memiliki bentuk yang unik karena seperti tangga dan dapat didaki. Airnya tidak mengalir terlalu cepat, sehingga relatif aman untuk dimainkan bersama anak-anak.

Selain bermain air, Anda juga bisa menyewa sepeda air seharga 15.000 Rupiah untuk mengunjungi danau buatan. Anda juga dapat membayar 10.000 Rupiah untuk memancing tanpa batas. Ada juga banyak bilik untuk bersantai sambil menikmati makan siang Anda. Jika Anda masih ingin tinggal lebih lama di tempat wisata ini, Anda bisa tinggal di villa di daerah ini.

Tiket untuk Air Terjun Pinang Seribu adalah Rupiah 5.000 per orang.

10. Pulau beras basah

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah terletak di Bontang, Kalimantan Timur, lebih tepatnya di penderitaan Makassar. Dibutuhkan sekitar 3 jam dari Samarinda untuk sampai ke tempat wisata ini. Perjalanan akan terbayar ketika Anda melihat keindahan Pulau Beras Basah sendiri.

Pemandangan pasir putih dan air biru jernih akan membuat Anda lupa jauh di sini. Anda juga akan disambut oleh mercusuar tinggi yang sudah tidak terpakai. Keindahan pulau ini tidak terbatas pada pasir putih dan panorama pantai, dunia bawah laut Beras Basah tidak bisa dilewatkan.

Jangan lupa membawa persediaan, karena pulau ini masih belum berpenghuni. Untuk akomodasi, Anda dapat menemukannya di Bontang.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kalimilk Yogyakarta

10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang bisa menolak pesona Yogyakarta? Sebuah kota yang masih mempertahankan budaya Jawa di tengah-tengah …

beeferoni mushroom pino pizza

Wisata Kuliner Bandung – Pino Pizza Buah Batu

Bosan dengan pizza yang sama? Saya juga bosan, jadi kemarin saya dan teman saya mencoba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.