Wednesday , February 19 2020

10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Ketika berbicara tentang Pangandaran, pasti kata pertama yang muncul di benak adalah pantai. Pandangaran sudah terkenal dengan wisata pantai, tidak hanya oleh orang Indonesia tetapi juga dari luar negeri. Memang, pantai-pantai di Pangandaran memiliki panorama yang indah dan menarik. Tapi apakah tujuan wisata di Pangandaran hanya sebuah pantai? Jelas tidak. Berikut ini adalah daftar tempat wisata Pangandaran untuk dikunjungi:

1. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Atau, pada tahun 1993, seorang warga negara Perancis memanggilnya Green Canyon. Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis. Dari Ciamis sendiri Anda harus menempuh perjalanan sekitar 130 km atau 31 km dari Pangaranan.

Di situs wisata ini Anda dapat menyewa perahu dengan harga 75.000 Rupiah, yang dapat digunakan hingga 5 orang. Anda bisa menyewa perahu ini dari jam 7.30 pagi sampai 4.00 sore. Anda dapat menikmati ngarai yang indah dengan udara sejuk dan pemandangan hijau yang menarik. Selain itu, Green Canyon juga dekat dengan tempat wisata Batukaras dan Bandara Nusawiru.

2. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Tentu saja tidak lengkap untuk Pengauran, tetapi tidak ke pantai. Pantai ini sangat bagus untuk wisatawan yang berlibur di Pengandaran. terletak di desa Pananjung, kabupaten Pangandaran. Jika Anda dari arah Ciamis, Anda harus menuju ke selatan sekitar 92 km.

Di pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah, berenang dengan aman karena pantainya yang landai dan menikmati taman laut. Pantai Pangandaran terkenal dengan pasir putihnya. Untuk sampai ke lokasi, mereka juga memberi Anda jalan beraspal yang dilengkapi dengan pencahayaan yang baik.

3. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Terletak di desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran. Tempat wisata ini adalah tempat wisata dengan suasana damai dan ombak bersahabat, sehingga Anda bisa aman di sini.

Tempat wisata ini juga cocok untuk Anda yang memiliki hobi berselancar karena pantai ini merupakan kombinasi dari Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran. Anda juga dapat menginap di hotel atau wisma yang terletak di sekitar pantai, sehingga Anda dapat menikmati matahari terbenam dan matahari terbit yang indah.

4. Gua Lumpur

Gua Bijaksana

Gua Bijaksana

Tidak hanya pantainya, gua-gua alami di Pangaran juga merupakan objek wisata paling populer. Nah, salah satunya adalah Gua Mudur ini.

Nama gua ini diberikan bahwa itu adalah mata air di gua yang menyerupai sumur di Indonesia dengan "lumpur" atau air mendidih. Gua ini adalah gua yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda bepergian ke Pangandaran.

5. Curug Bojong

Air Terjun Bojong

Air Terjun Bojong

Seharusnya air terjun ini disebut Sawangan Curug. Namun kini ia lebih dikenal dengan nama Curj Bojong karena air sungai berasal dari desa Bojong. Jika Anda ingin sampai ke tempat ini dari Pangaranan, ambil rute Babakan lalu Sukahurip jaraknya sekitar 6 km.

6. Pantai Keusik Luhur

Pantai Noble Keusik

Pantai Noble Keusik

Terletak di desa Kertamukti, kabupaten Cimerak, atau sekitar 45 km dari Pangandaram. Kombinasi pemandangan alam pegunungan dan laut merupakan ciri khas pantai ini.

Dari atas bukit, pantai ini menawarkan pemandangan ombak yang menghantam punggung bukit. Nama Keusik Luhur, juga diambil dari latar belakang pantai ini. "Keusik" berarti pasir, sedangkan "mulia" berarti tinggi. Dinamai setelah gelombang laut besar yang meninggi pasir di atas batu.

7. Pipa Sungai Santirah

Santirah River Tubing

Santirah River Tubing

Apakah Anda menikmati wisata air berbahan bakar adrenalin? Anda bisa berjalan ke Sungai Tubing Santirah. Di sini Anda akan merasakan kegembiraan rafting, bukan dengan bantuan sampan, tetapi dengan bantuan ban besar.

Aliran Sungai Santirah di desa Selasari akan membuat Anda merasakan basah sepenuhnya perasaan goyang antara arus dan batuan sungai. Jarak antara objek wisata ini dan pusat kota hanya 15 km.

8. Saung Muara

Saung Muara

Saung Muara

Jika Anda mencari pantai yang bisa dijadikan area berkemah bersama keluarga atau teman, maka Saung Muara adalah tempatnya. Terletak di ujung Jalan Pamugged, Anda dapat melakukan perjalanan ke lokasi ini ke pintu masuk Pangandaran, belok kanan dan perjalanan sekitar 1 km. Anda akan menemukan pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan hutan bakau di sekitarnya.

Di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pemancing yang sibuk mencari ikan. Saung Muara memiliki fasilitas seperti bilik dan masjid. Anda juga dapat menikmati stand kuliner di tepi pantai. Menikmati matahari terbenam sambil memanggang bersama teman atau keluarga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

9. Taman Air Pangandaran

Taman Air Pangandaran

Taman Air Pangandaran

Meski termasuk tempat wisata yang masih baru, namun taman air ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak seperti taman air lainnya, taman air di Pangandaran ini terletak di tepi Pantai Lembah Putri. Anda dapat menemukannya sekitar 5 km dari gerbang wisata Pangarana, tepat di distrik Kalipucang.

Ada beberapa kolam yang bisa Anda nikmati, serta area naik ATV. Untuk masuk ke taman air ini Anda harus membayar antara 10.000 dan 25.000 Rupiah per orang.

10. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak

Pantai-pantai di Pangaran sangat banyak dan menarik untuk dikunjungi. Jika Anda bosan dengan Pantai Pangandaran dan Batu Hiu, Anda bisa datang ke Pantai Karapyak. Objek wisata ini terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Ciamis atau sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran. Jika Anda pergi ke arah Ciamis Town Square, Anda akan menempuh jarak sekitar 78 km.

Menariknya, jalan menuju pantai lumayan, dan ada pemandu. Tetapi tidak ada angkutan umum atau ojek, jadi Anda perlu membawa kendaraan pribadi.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kebun Teh Ciater

10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan …

Alas Purwo 3

Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

Kota Banyuwangi di Jawa Timur dikenal karena wisata pantainya yang indah dan cocok untuk tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.