Wednesday , February 19 2020

10 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Medan, ibukota Sumatera Utara, adalah kota terbesar keempat di Indonesia. Seperti kota-kota besar lainnya, selain menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan, Medan sering menjadi tujuan wisata bagi penduduk Indonesia. Kota yang menggabungkan budaya modern dan kolonial memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa dari 10 tempat wisata di Medan yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit Playground

Hillpark Sibolangit Playground

Hillpark Sibolangit adalah taman bermain terbesar di Medan. Konsep yang ditata sebenarnya hampir sama dengan konsep dari majalah Dufan atau Trans. Anda dapat menikmati wahana mulai dari roller coaster, ferry (roda raksasa), teater 4D, dan ampiteater dengan kapasitas 1.200 orang untuk pertunjukan dan konser.

Selain itu, kondisi taman bermain ini cukup bersih dan memiliki udara sejuk. Sayangnya, Hillpark Sibolangit hanya buka pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Taman bermain ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Anda hanya perlu membayar biaya 45.000 Rupiah.

2. kacang polong Santa Maria Velangkanni

Kacang Santa Maria Velangkanni

Kacang Santa Maria Velangkanni

Jika Anda mencari tujuan spiritual, tempat ini adalah tempat yang baik untuk dikunjungi. Kacang Santa Maria Velangkanni terletak di Jalan Sakura III, No. 7-10 Tanjung Selamat, Kabupaten Medan Tuntung. Bentuknya terlihat seperti candi Hindu, tetapi ini adalah gereja Katolik. Karena kemegahan bangunan gereja ini, tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke sini hanya untuk mengambil foto.

Gereja ini dibangun oleh Pastor James Bharataputra S.J. Tahun 2001 dan kemudian dibuka pada tahun 2005. Yang unik dari gereja ini adalah arsitektur Indo-Mughal, yang pewarnaannya dilakukan sesuai dengan makna tulisan suci. Mengunjungi gereja ini gratis, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

3. Masjid Agung Medan

Masjid Agung Medan

Masjid Agung Medan

Masjid Raya Al-Mashun, lebih dikenal sebagai Masjid Medan Raya, terletak di Jalan Sisingamangaraja No. 718, Medan. Masjid di jantung kota Medan dibangun pada 21 Agustus 1906. Gaya urbannya adalah campuran antara Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah.

Bangunan masjid ini sangat unik dengan desain melingkar segi delapan dan memiliki empat teras utama di bagian depan, belakang dan kiri dan kanan. Kubah masjid berbentuk persegi panjang dengan dekorasi bulan sabit di ujung atapnya. Selain itu, dindingnya memiliki ornamen bunga berwarna minyak.

4. Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara terletak di Jalan H.M Jhoni Nomor 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara yang memiliki berbagai jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara. Museum seluas 10.468 meter persegi terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruang pameran permanen, ruang pameran sementara, ruang audio-visual, dan lainnya.

Museum Sumatera Utara memiliki 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan-hewan khas Sumatra, diorama kehidupan prasejarah, patung-patung peninggalan Hindu-Budha dan peninggalan bersejarah lainnya.

5. Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja. Istana Maimun dibangun oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid, pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891.

Dibangun dengan desain arsitektur Italia, istana seluas 2.777 kaki persegi ini terdiri dari dua lantai dan dibagi menjadi tiga bangunan utama, sayap kiri dan kanan. Istana memiliki setidaknya 30 kamar yang padat dengan pengaruh budaya Eropa.

6. Bug taman asam

Taman Buaya Kumbang Assam

Taman Buaya Kumbang Assam

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, coba kunjungi Taman Buaya Assam Kumbang. Taman ini adalah taman buaya terbesar di Indonesia dengan setidaknya 2.500 buaya dengan berbagai ukuran. Selain taman buaya terbesar di Indonesia, taman buaya ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut informasi, situs pengembangbiakan ini awalnya dijalankan oleh keluarga yang menyimpan beberapa jenis buaya di halaman mereka. Buaya tawanan yang tidak terduga semakin meningkat jumlahnya dan dari waktu ke waktu menjadi peternakan buaya. Lokasi taman buaya ini berada di desa Assam Kumbang.

7. Danau Siombach

Danau Siombak

Danau Siombak

Danau Siombak terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak adalah danau buatan seluas 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Air Terjun Sungai. Meskipun danau ini adalah danau buatan, tetapi airnya sangat jernih dengan warna pirus. Ini karena lumut dan ganggang tumbuh terlalu banyak di dasar danau.

Anda bisa melakukan aktivitas memancing di sini. Anak-anak juga dapat berenang di kolam renang mini atau bermain di ruang dansa. Harga tiket untuk Danau Siombak hanya Rp 2.000.

8. Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi terletak di persimpangan Jalan Sisingamangaraja 1, dekat dengan Soeichi International Hotel. Menara air ini adalah ikon kota Medan dan merupakan bangunan penting bagi masyarakat Medan karena merupakan reservoir air.

Dibangun pada tahun 1908 oleh Belanda, pembangunan Menara Air Tirtanadi kini secara resmi menjadi milik PDAM. Dengan bangunan khas bergaya kolonial Belanda, berukuran tinggi 42 meter dan berat 330 ton, menara ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan.

9. Surat Medan

Surat Medan

Surat Medan

Kantor Pos Medan terletak tepat di seberang Lapangan Merdeka. Kantor Pos Medan adalah salah satu bangunan bersejarah yang masih berdiri sampai sekarang. Kantor Pos Medan didirikan pada tahun 1911 dan dibangun oleh seorang arsitek Belanda.

Kantor pos memiliki kubah yang unik dengan jendela setengah lingkaran dan kolom pendukung berwarna putih. Sekilas, postingan ini berbentuk sarang merpati. Jangan lupa untuk mengunjungi kantor pos untuk membawa kamera Anda, karena sangat ramah foto.

10. Merdeka Walk

Jalan Merdeka

Jalan Merdeka

Setelah seharian berkeliaran di Medan, kunjungi Merdeka untuk berjalan-jalan sebelum senja. Merdeka Walk, atau sering disebut MW, adalah salah satu tempat wisata kuliner di Medan, sebuah pesta, tetapi juga tempat bagi anak muda Medan untuk hang out. Ada berbagai jenis toko medan khas di sini, makanan Barat dan makanan Asia.

Salah satu tempat paling nyaman di Merdeka Walk adalah Piece Centre, yang merupakan negara dengan banyak pohon rindang. Biasanya ada band, rap, breakers dan pertunjukan menyenangkan lainnya di Piece Centre.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kebun Teh Ciater

10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan …

Alas Purwo 3

Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

Kota Banyuwangi di Jawa Timur dikenal karena wisata pantainya yang indah dan cocok untuk tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.