Home / Uncategorized / 10 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Manado adalah ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Kota ini memiliki moto Torang Samua Basudara & # 39; yang berarti kita semua adalah saudara. Orang-orang Manados dikenal karena keramahan mereka kepada pendatang baru karena oleh mereka semua yang datang ke kota adalah kerabat.

Kota ini biasanya digunakan sebagai penghentian sementara sebelum melanjutkan perjalanannya ke Taman Laut Bunaken, yang sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata bawah laut terbaik di dunia.

Bahkan, Taman Laut Bunaken bukan satu-satunya tempat wisata terbaik di Manado. Untuk mengenal negara Minahase ini lebih dekat, berikut adalah ringkasan 10 tempat wisata Manada yang dapat Anda kunjungi saat berada di kota ini:

1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Inilah tepatnya objek wisata dunia di Manado yang membuat kota ini terkenal. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman laut ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Ini tidak mengherankan karena kehidupan laut di sini sangat kaya. Anda dapat menemukan berbagai bentuk karang dan ikan dengan warna-warna indah.

Dunia bawah laut adalah surga bagi pecinta scuba diving, menyelam, dan fotografi air. Dengan 39 lokasi penyelaman yang ada, tentu Anda akan merasa nyaman menginap di sini. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda masih bisa menikmati keindahan tempat wisata bawah laut ini menggunakan kapal selam yang dirancang khusus. Dinding kapal dalam bentuk kaca tembus pandang sehingga pemandangan bawah laut yang luar biasa terlihat jelas.

Anda bisa menyelam di sini kapan saja, tetapi waktu terbaik adalah antara Mei dan Agustus. Air lebih jernih selama periode ini, jadi visibilitas lebih baik. Selain itu, suhunya sangat ideal untuk menyelam.

Objek wisata ini dapat dicapai dalam 35 menit dengan kapal cepat dari pelabuhan Manado.

2. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Pantai ini hanya berjarak 4 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah menarik. Tidak perlu khawatir jika Anda lupa membawa peralatan menyelam, berikut adalah penyewaan peralatan menyelam.

Ombak di pantai ini relatif tenang sehingga Anda bisa bermain air di atas pasir hitam. Selain menyelam dan bermain air, kegiatan menarik lainnya adalah menikmati kuliner khas pantai Malalayang, yaitu pisang goreng dengan saus dabu-dabu. Tempat-tempat wisata Manada terkenal karena menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Tak ada salahnya menikmati pemandangan indah ini dengan sepiring pisang goreng plus sambal khas Manado.

3. Arung Jeram Sawangan

Arung Jeram Sawangan

Arung Jeram Sawangan

Apakah menyelam kurang menantang bagi Anda? Anda harus mencoba arung jeram. Sungai ini memiliki arus yang cukup besar, sehingga peran pemula akan diperlukan sebagai panduan.

Anda akan diundang untuk menaklukkan arus dan batu yang telah ada sekitar dua jam. Panjang aliran sungai adalah 9 km. Perjalanan akan dimulai di River Park Resort, Desa Sawangan. Saat berada di atas kapal, Anda dapat menikmati pemandangan pohon yang rimbun di tepi sungai. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat monyet tergantung di pohon.

Untuk menikmati olahraga ekstrem ini, Anda perlu menghabiskan 180.000 Rupiah.

4. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Masih terhubung dengan air, kali ini tempat wisata lain di Manado yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Kima Atas. Sesuai namanya, air terjun ini terletak di desa Kima Atas, atau sekitar 15 km dari pusat Manada.

Ada banyak pohon di sekitar air terjun yang membuat udara di kota wisata ini dingin. Air terjun ini terdiri dari tiga level dengan aliran yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang di genangan air.

Jika Anda tidak ingin bermain dengan air, Anda dapat menyebarkan permadani dan duduk dan bersantai sambil menikmati kelezatan kuliner di tempat. Anda masih dapat menemukan ATM di tempat wisata ini sehingga Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan uang.

5. Danau Tondano

Danau Tondano

Danau Tondano

Danau Tondano adalah danau vulkanik yang merupakan hasil dari letusan gunung berapi purba. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, objek wisata ini memiliki pulau di tengah dan terletak di dataran tinggi pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Danau seluas 4.000 hektar ini dikelilingi oleh gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.

Di sini Anda bisa melihat aktivitas nelayan memancing dengan keramba. Jika Anda ingin melihat lebih dekat, naiklah perahu motor yang dapat menampung 10 orang untuk berwisata di danau. Ketika Anda naik perahu motor ini, Anda akan dikenai biaya 50.000 rupiah dan Anda harus menunggu hingga 10 penumpang.

Puas dengan tur, Anda dapat menikmati masakan di sekitar danau. Ingatlah untuk mencoba ikan betu yang merupakan ikan khas di danau ini. Berbagai ikan air tawar olahan bisa Anda nikmati di sejumlah stand di sekitar tempat wisata ini.

6. Taman Wisata Tandurus

Taman Wisata Tandurus

Taman Wisata Tandurus

Tandurusa Tourist Park terletak di Aertembaga County atau sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Manador. Di situs wisata ini Anda dapat menemukan banyak hewan unik dari Sulawesi, mulai dari babirus, monyet hitam, enamel dan berbagai spesies burung.

Paling menarik, tentu saja, adalah satu-satunya yang menjadi ikon Sulawesi Utara. Bangau ini terlihat seperti monyet, tetapi tubuhnya tidak lebih besar dari 15 cm. Lengan dan kakinya lebih panjang dari tubuhnya. Salah satu fitur yang paling mencolok adalah mata bundar yang besar dan hampir setengah ukuran wajah.

7. Bukit Kasih

Bukit Kasih

Bukit Kasih

Konon semboyan orang yang mengatakan bahwa tidak semua saudara hanyalah kata-kata. Ini membuktikan keberadaan Bukit Kasih yang merupakan simbol kerukunan umat beragama di Manad. Di sini Anda dapat menemukan rumah ibadah dari lima agama resmi di Indonesia di satu tempat.

Bukit Kasih terletak di desa Kanonang atau sekitar 55 km dari pusat kota Manado. Tidak jauh dari pintu masuk Anda akan disambut oleh monumen setinggi 22 meter yang disebut Tolerance Monument. Monumen ini berbentuk segi lima di setiap sisi dan merupakan simbol dari setiap agama dengan kutipan dari ayat-ayat dari kitab sucinya.

Naik ke atas, ada lima rumah ibadah, masing-masing dihubungkan oleh tangga yang berliku. Untuk dapat mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus naik ratusan tangga ke atas dan kemudian memakai alas kaki yang nyaman.

Selain monumen toleransi, ada menara salib putih dengan ketinggian 53 meter. Menara ini bahkan dapat dilihat dari area Boulevard pusat kota Manado.

8. Museum Negara Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara

Cara paling praktis untuk mengenal budaya masing-masing daerah adalah dengan mengunjungi museum. Di Museum Negara Sulawesi Utara, Anda dapat melihat budaya suku Minahasa, yang berasal dari provinsi tersebut.

Tempat wisata yang terletak di Jalan WR. Supratman ini memiliki koleksi beragam yang mencerminkan budaya masyarakat setempat. Di Heroic Heritage Anda dapat menemukan rumah-rumah tradisional miniatur, pakaian tradisional, peralatan memancing, peralatan rumah tangga. Ada sekitar 2.810 koleksi di museum ini.

Untuk menikmati tempat-tempat wisata ini di Manado, Anda hanya akan dikenakan biaya IDR 1.000 untuk orang dewasa dan Rp 250 untuk anak-anak. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Minggu dan hari libur nasional.

9. Area Boulevard

Area Boulevard

Area Boulevard

Area bulevar ini terletak di sepanjang Jalan Pierre Tendean. Awalnya, daerah ini hanya berfungsi sebagai pedagang kaki lima, sampai pemerintah kota menjadi landmark di Manado.

Di sore hari, tempat wisata ini dipenuhi oleh penduduk yang menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika Anda ingin membuktikan keindahan matahari terbenam di sini, Anda harus tiba sebelum jam 5 sore untuk mendapatkan bangku.

Di malam hari, daerah ini menjadi pusat kuliner Manado. Tidak hanya makanan khas Manad yang disajikan di sini, tetapi ada juga banyak hidangan kuliner dari daerah lain di kepulauan ini. Sambil menikmati makanan, di seberang lautan Anda bisa melihat keindahan Manado Tua.

10. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon

Dengan lembut memisahkan dari Manado, sekitar 22 km, ada kota bernama Tomohon yang disebut Kota Bunga. Di kaki Gunung Lokon, tanah di Tomohon menjadi sangat subur dan ideal untuk menanam berbagai jenis bunga. Di sini, setiap rumah memiliki taman pribadi yang penuh dengan bunga berwarna-warni yang indah.

Festival bunga hias biasanya diadakan antara Juni dan Agustus. Di jalan-jalan kota Anda dapat melihat parade bunga dan berbagai pertunjukan seni. Jika Anda tidak puas menikmati kota ini dalam satu hari, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak penginapan di Tomohon.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Paskal Food Market

Paskal Food Market, Tempat Asyik Untuk Kuliner Sekaligus Nongkrong

Bandung adalah kota terdekat dengan Jakarta sebagai tujuan wisata. Tidak heran kota ini akan ramai …

sate dan gepuk kuda

Wisata Kuliner Bandung – Gepuk dan Sate Kuda

Sate adalah makanan umum yang ditemukan di Indonesia. Kita bisa melihat banyak penjual sate ayam, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.