10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Kuningan adalah lingkungan di Jawa Barat. Lokasi tersebut berada di jalur perlintasan regional yang menghubungkan wilayah Cirebon dan Priangan Timur. Selain itu, rute akses di kabupaten ini juga digunakan sebagai rute alternatif yang menghubungkan Jawa Tengah ke Bandung dari selatan.

Meskipun hanya memiliki luas 1.200 kilometer persegi, Kabupaten Kuningan memiliki banyak tujuan wisata menarik. Tak heran kawasan itu selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan tiba. Tempat wisata di Kabupaten Kuningan didominasi oleh wisata alam dan budaya, seperti air terjun, gunung, dan beberapa cagar budaya.

Jika Anda berencana untuk mengisi waktu liburan Anda dengan mengunjungi Kabupaten Kuningan, berikut adalah 10 tempat wisata yang direkomendasikan di Kuningan yang dapat Anda kunjungi:

1. Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul menawarkan suasana pedesaan yang damai dan indah. Jika Anda ingin bersantai dari kepenatan kota dan kesibukan kota, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Kuningan yang satu ini. Sawah hijau akan dengan mudah menyegarkan mata Anda. Selain itu, Anda akan senang dengan budaya Sunda, yang unik dan terkenal karena keramahannya.

Desa Sitonjul adalah gabungan dari dua nama desa yang mengelilinginya, yaitu Desa Simenyan Tonjong dan Desa Munjul. Desa ini terletak di desa Sangkanurip, kabupaten Cilimus, Cuningan, tepatnya 13 kilometer dari kota Cuningan dan 24 kilometer dari kota Cirebon. Jika Anda ingin menikmati keindahan desa ini, Anda dapat menghubungi pengelola desa.

2. Air Terjun Putri

Air Terjun Putri

Air Terjun Putri

Kabupaten Cuningan memiliki sejumlah wisata curug yang tidak kalah indahnya dengan wisata curugan di daerah lain. Salah satu air terjun yang indah adalah Curug Putri. Resor wisata di Kuningan ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena aksesnya yang mudah dan pemandangan alam yang menakjubkan. Sepanjang jalan Anda akan ditemani oleh perbukitan dan hamparan hijau pohon buah-buahan dan sayuran.

Curug Putri terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai. Tepat di desa Cisantana, kecamatan Cigugur, wilayah Kuningan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, kurang lebih hanya berjarak 20 meter. Ada tangga batu dan jalur hiking yang memudahkan pengunjung menikmati air terjun yang segar dan sejuk. Curug Putri buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, dengan pintu masuk seharga Rp 5.000.

3. Wisata Bukit Panembongan

Wisata Bukit Panembongan

Wisata Bukit Panembongan

Bagi yang suka wisata bukit, Anda harus mengunjungi objek wisata ini di Kuningan. Bukit Wisata Panembongan yang terletak di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan menawarkan panorama alam Kabupaten Kuningan yang dapat Anda nikmati dari ketinggian. Meskipun baru dibuka secara resmi pada tahun 2016, Bukit Panembongan telah berhasil menjadi salah satu tujuan favorit penduduk lokal dan turis.

Anda tidak hanya dapat memanjakan mata Anda dengan keindahan alam, tetapi Anda juga dapat mencoba berbagai fasilitas lain yang tersedia di tempat wisata ini di Kuningan. Fasilitas yang ada antara lain tempat berkemah, permainan flying fox, dan tempat-tempat menarik untuk menyimpan foto atasan. Wisata Bukit Panembongan buka setiap hari sampai jam 5 sore, dengan harga masuk Rp5.000.

4. Citurem Citurem

Situ Cicerem

Situ Cicerem

Di Kabupaten Kuningan, ada danau dengan warna air kebiruan jernih, sering disebut kembar Labuan Cermina di Kalimantan Timur. Jadi jelas, Anda bisa melihat dasar danau yang dalamnya hanya lima kaki. Nama danau ini adalah Situ Cicerem. Ratusan ikan mas masih hidup di danau dan masih dibudidayakan.

Di danau yang terletak di desa Kaduela, kabupaten Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga bermain ikan. Suasana pedesaan yang indah itu akan membuat Anda betah di tempat wisata Kuningan untuk waktu yang lama. Apalagi dengan pepohonan yang tumbuh di sekitar Situ Cicerema, sehingga danau ini membuatnya lebih sejuk dan lebih menawan.

Harga tiket di Sita Cicerem sangat murah. Dengan hanya membayar tiket seharga Rp 2.500, Anda sudah bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

5. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat yang selalu menjadi tujuan pendaki untuk ditaklukkan. 3.078 meter di atas permukaan laut ini adalah salah satu gunung berapi Tipe A yang masih aktif sampai sekarang. Salah satu bekas kawah letusan di gunung ini terletak di ketinggian 2.900 meter dan disebut Gua Walet.

Empat run dapat dipilih untuk menaklukkan Ciremai di atas. Dari Kabupaten Kuningan Anda dapat memilih Desa Linggarjati, Desa Palutungan atau Desa Linggasana. Sementara itu, dari rekonstruksi Majalengka, Anda dapat mendaki jalan setapak dari desa Apuy. Tentu saja, setiap gunung dan jalan setapak memiliki tingkat kesulitannya sendiri, sehingga banyak pendaki mencoba memanjatnya berkali-kali, melewati jalur yang berbeda.

Selalu awasi kesehatan dan olahraga Anda secara teratur sebelum melakukan pendakian. Jika Anda seorang pendaki amatir, jangan memanjat gunung ini sendirian. Bergabunglah dengan sekelompok pendaki berpengalaman.

6. Taman Rekreasi Gunung Kuningan

Taman Rekreasi Gunung Kuningan

Taman Rekreasi Gunung Kuningan

Mountain Recreation Park adalah tujuan wisata air yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda. Ada lima jenis kolam untuk dinikmati di resor wisata di Kuningan ini, semuanya dengan permainan yang mengasyikkan. Tidak hanya itu, tujuan wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai taman bermain lainnya, seperti kereta mini, kulit kayu, jalan memutar dan banyak lainnya.

Tujuan wisata air terletak di Kompleks Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang, Gunungkeling, Cigugur, Kuningan. Bagi Anda yang ingin merasakan wahana air dan bersenang-senang di sini, Anda dapat mengunjungi mereka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00. Harga tiket mulai dari Rp25.000 dari Senin hingga Jumat, dan Rp30.000 pada akhir pekan dan hari libur.

7. Situs Arkeologi Cipari

Situs Arkeologi Cipari

Situs Arkeologi Cipari

Tidak hanya wisata alam dan air, Kabupaten Kuningan juga kaya akan wisata budaya dan sejarah. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah situs arkeologi Cipari. Tempat wisata di Kuningan ini menawarkan kisah-kisah masa lalu, hanya selama era Megalitikum. Ini dibuktikan dengan ditemukannya kuburan batu sejak tahun 1972.

Penelitian lebih lanjut oleh arkeolog lokal Teguh Asmar mengungkapkan penemuan peninggalan seperti perunggu, gerabah, peralatan dapur di atas fondasi bangunan sebelumnya. Di luar ruangan juga memamerkan beberapa peninggalan besar seperti makam dan lumba-lumba. Sementara itu, benda-benda kecil seperti mug, kapak batu dan gelang disimpan di museum tidak jauh dari tempat ini.

Situs arkeologi Cipari terletak di desa Cipari, distrik Cigugur, wilayah Kuningan, tepat di kaki gunung Ciremai. Lokasinya yang berada di ketinggian 700 meter membuat tempat ini dikelilingi oleh udara dingin dan dingin khas pegunungan. Situs Arkeologi Cipari buka setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 08:00 hingga 16:00. Meskipun pada hari Sabtu, tempat ini hanya buka pada pukul 02:00 sore.

8. Brass Open Space Gallery

Galeri Ruang Terbuka Kuningan

Galeri Ruang Terbuka Kuningan

Ada tempat terbuka di Kabupaten Kuningan yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk rekreasi atau olahraga. Selain itu, berbagai acara seni dan budaya sering diadakan di sini. Tempatnya adalah Galeri Ruang Terbuka Kuningan. Tidak hanya itu, objek wisata di Kuningan ini juga memiliki ruang pamer luar ruang yang memamerkan berbagai benda seni.

Di satu sisi taman teduh dingin teduh pepohonan, ada kolam berukuran cukup besar. Di tepi kolam, Anda dapat menemukan orang-orang duduk dalam barisan dengan kaki mereka dimasukkan ke dalam kolam. Mereka melakukan terapi pijat. Ya, selain fasilitas olahraga dan ruang pameran, Open Space Kuningan Gallery dilengkapi dengan kolam pijat gratis.

Tujuan wisata ini terletak di desa Linggarjati, kabupaten Cilimus, wilayah Kuningan. Anda bebas mengunjungi objek wisata ini di Kuningan kapan saja, dari pagi hingga sore. Anda tidak akan dikenai biaya atau gratis untuk dapat masuk dan mencoba berbagai konten di sini.

9. Gedung Negosiasi Linggarjati

Gedung Negosiasi Linggarjati

Gedung Negosiasi Linggarjati

Siapa yang tidak tahu tentang bangunan cagar budaya ini? Nama Gedung Negosiasi Linggarjati, atau sekarang dikenal sebagai Museum Linggarjati, selalu muncul dalam buku teks sejarah. Alasannya adalah bahwa bangunan tersebut adalah situs negosiasi Indonesia-Belanda tahun 1946.

Sebelum menjadi gedung negosiasi, bangunan ini hanyalah sebuah rumah kecil yang dimiliki oleh masyarakat adat. Bangunan telah mengalami beberapa renovasi, menjadi hotel dengan tiga perubahan kepemilikan, tempat untuk negosiasi. Tanpa berhenti di sana, bangunan Linggarjati juga digunakan sebagai markas tentara Belanda selama Agresi Militer Belanda II dan sekolah dasar sebelum menjadi museum.

Museum Linggarjati dirancang menyerupai keadaan aslinya ketika masih digunakan sebagai tempat tawar-menawar. Perabotan dan interiornya diatur sedekat mungkin dengan aslinya. Museum ini terletak di desa Linggarjati, Kabupaten Cilimus, Kuningan, tidak jauh dari Galeri Ruang Terbuka Kuningan. Museum ini buka pada hari kerja mulai pukul 19:00 hingga 15:00 dan akhir pekan mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

10. Taman Alam Linggarjati

Taman Alam Linggarjati

Taman Alam Linggarjati

Tempat wisata yang direkomendasikan terakhir di Kuningan adalah Taman Alam Linggarjati. Taman ini masih berada di area yang sama dengan Museum Linggarjati dan Galeri Ruang Terbuka Kuningan. Tepat di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, wilayah Kuningan.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menawan dengan udara pegunungan yang sejuk dan kesejukan. Bagi pendaki, taman ini adalah titik awal untuk mendaki Gunung Ciremai. Taman, mewakili 11,51 hektar hutan, juga dilengkapi dengan berbagai taman bermain.

Bagi mereka yang suka memancing, ada kolam yang tersedia di taman ini. Anda yang ingin berenang bisa menggunakan kolam renang di sini. Konten keluar juga tersedia bagi mereka yang menyukai berbagai aktivitas yang memicu adrenalin. Taman terbuka dan sejuk yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Bahkan, akomodasi juga tersedia dengan harga yang sangat wajar.

Biaya masuk ke Taman Alam Linggarjati adalah Rp10.000 untuk orang dewasa dan Rp9.000 untuk anak-anak. Jika Anda ingin memanfaatkan fasilitas lain seperti kolam renang atau dayung di kapal, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena semua biaya sangat terjangkau dan Anda tidak membuat tas berlubang.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Punthuk Setumbu

10 Tempat Wisata di Magelang Selain Borobudur yang Wajib Dikunjungi

Magelang benar-benar terkenal dengan Candi Borobudur, terutama jika Anda bepergian ke Yogyakarta atau Semarang, Anda …

puncak

13 Tempat Wisata di Puncak dan Sekitarnya

Puncak adalah kawasan wisata gunung di dekat Jakarta yang merupakan tujuan akhir pekan paling populer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *