Wednesday , February 19 2020

10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur jelas memiliki banyak kota dengan potensi wisata yang menarik. Kediri adalah salah satu kota yang juga harus ada dalam daftar tujuan Anda. Kota ini adalah kota terbesar ketiga di Jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang. Meski dikenal sebagai mal utama untuk gula dan rokok, ternyata Kediri juga memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Apa saja tempat wisata di Kediri? Lihat ulasan berikut.

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud

Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia kecuali Gunung Merapi. Gunung berapi terakhir kali meletus pada awal 2014. Sejauh ini, banyak wisatawan telah mengunjungi gunung ini karena pemandangan indah dan indah yang ditawarkan Gunung Kelud. Mereka yang datang ke gunung ini tidak hanya pendaki tetapi juga wisatawan biasa. Anda dapat mencapai ketinggian tinggi dengan mobil karena jalan beraspal dan cukup mudah dilalui dengan berjalan kaki.

2. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Limi Gumul

Monumen Simpang Limi Gumul

Jika ada Arc Triomphe di Paris, maka ada sebuah monumen untuk Simpang Lima Gumul atau disingkat MSLG di Kedira. Bangunan ini dibangun pada tahun 2003 dan dibuka pada tahun 2008. Ini masih cukup baru, tetapi statusnya terkenal di seluruh Indonesia. Khusus bagi Anda yang gemar berburu foto, lokasi ini sangat cocok sebagai tempat untuk memuaskan hobi fotografi Anda. Plus, MSLG juga tempat nongkrong. Nama persimpangan adalah bahwa bangunan tersebut terletak di persimpangan 5 jalan, yaitu Gampengrejo, Pare, Pag, Pesantren dan Plosoklaten.

3. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Seperti kebanyakan kota di Jawa Timur, cuaca di Kediri juga cukup panas. Karena itu, mengunjungi tempat wisata air terjun juga merupakan keharusan untuk mencobanya. Lokasi berada di desa Jugo atau sekitar 20 km dari pusat kota Kediri. Untuk mencapai tempat wisata di Kediri, Anda harus melakukan trekking yang cukup menanjak. Tapi jangan bosan dan bosan karena Anda bisa mampir ke perkebunan stroberi dan sayuran tidak jauh dari lokasi air terjun. Anda juga diperbolehkan memetik stroberi di kebun.

4. Pulau Raj Gumul

Pulau Gumul Paradise

Pulau Gumul Paradise

Jika Anda berlibur di Kediri bersama keluarga, Pulau Gumul Paradise adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan liburan Anda. Tempat wisata di Kediri ini terletak di Jalan Simpang Lima Gumul Barat, tidak cukup dari MSLG yang terkenal. Ada banyak taman bermain dan kesenangan di sini untuk Anda nikmati. Dengan fasilitas yang tertata, Anda dan keluarga dapat menikmati aktivitas rubah terbang, skater cepat, berenang, dan lainnya. Untuk harga tiket masuk, Pulau Gumul Paradise sendiri cukup murah, Rp 20.000 untuk dewasa dan 15.000 Rupiah untuk anak-anak.

5. Sumber Kediri Ubalan

Sumber Ubalan Kediri

Sumber Ubalan Kediri

Jika Anda mencari tempat wisata yang berhubungan dengan alam, Anda dapat mencoba mengunjungi Sumber Ubalan. Terletak 18 km sebelah timur kota Kediri. Daerah ini merupakan kawasan hutan lindung yang dapat digunakan sebagai tempat relaksasi dan rekreasi. Ada banyak taman bermain yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa di daerah tersebut, serta kolam renang, sepeda air, kolam, dan panggung hiburan.

6. Taman Air Kediri

Taman Air Kediri

Taman Air Kediri

Siapa sangka ternyata Kediri memiliki taman air terpanjang dengan papan luncur di Indonesia. Taman Air Kediri berjarak 15 km dari pusat kota Kediri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, terutama dengan sekelompok anak dan kerabat Anda. Ada banyak taman bermain, dari kolam renang hingga kolam bermain yang menarik. Untuk memasuki salah satu tempat wisata paling populer di Kediri, Anda harus membayar 50.000 rupee dari Senin hingga Jumat dan 70.000 rupee untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Untuk anak-anak hingga 120 cm ada harga khusus hanya 15.000 Rupiah.

7. Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Di masa lalu, gua ini adalah tempat yang Dewi Kilisuci, putri Raja Erlangga, digunakan untuk mengisolasi dan juga untuk ditutup. Menurut cerita, Dewi Kilisuci pernah membantah tahta kerajaan yang dianugerahkan padanya, untuk kemudian mencoba mengisolasi sang dewi. Bukti keberadaannya juga bisa dilihat dari relief yang terdapat di dalam atau di luar dinding gua. Tidak heran gua ini memiliki nilai historisnya. Jika Anda ingin mengunjungi gua ini, letaknya sekitar 7 km dari pusat kota Kediri, tepat di desa Waung di Mojorot.

8. Desa Inggris

Desa Inggris

Desa Inggris

Di daerah Para, ada sebuah desa di mana penduduk berkomunikasi dengan bahasa Inggris setiap hari. Ya, Kampung Inggris adalah area di mana Anda dapat menemukan ratusan lembaga kursus bahasa Inggris. Desa di Indonesia ini sangat terkenal, bahkan jika Anda ingin berbicara bahasa Inggris dengan lancar, Anda dapat datang ke desa ini. Selama liburan sekolah, banyak siswa atau siswa yang menghabiskan waktu di sini belajar. Menarik?

9. Candi Surawan

Candi Surawan

Candi Surawan

Kembali di wilayah Pare Kediri, ada sebuah kuil kecil yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Itu disebut Kuil Surawana, tempat wisata di Kediri, yang merupakan candi Hindu bersejarah. Dikatakan bahwa candi ini dibangun pada abad ke-14 dengan tujuan untuk memberi penghormatan kepada Raji Bhre Wengker, raja kerajaan Wengker. Jika Anda ingin mengetahui sedikit sejarah tentang apa yang ada di Kediri, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi candi Surawan.

10. Museum Fotografi

Museum Fotografi

Museum Fotografi

Ingin tahu tentang Kediri tetapi tidak punya cukup waktu untuk berjalan? Datanglah ke Museum Fotografi Kediri. Ada ratusan foto kota Kediri di masa lalu. Di sini Anda bisa belajar dan tahu seperti apa Kediri di masa lalu.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Kebun Teh Ciater

10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan …

Alas Purwo 3

Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Pulau Jawa yang Penuh Misteri

Kota Banyuwangi di Jawa Timur dikenal karena wisata pantainya yang indah dan cocok untuk tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.