10 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi

Karawang bukan hanya situs bersejarah, daerah ini terletak di provinsi Jawa Barat juga memiliki keindahan alam yang luar biasa khas negara Pasundan. Tidak mengherankan, ada sejumlah tempat wisata menarik di Karavang yang dikunjungi oleh wisatawan, terutama yang berasal dari negara.

Variasi wisata di Karavang juga cukup bervariasi. Mulai dari situs sejarah, agama, wisata modern, kuliner, budaya, dan kuno dapat ditemukan tidak jauh dari Bekasi. Jika Anda tertarik untuk berlibur di kota ini, berikut adalah 10 tempat wisata di Karavang yang harus Anda kunjungi:

1. Vihara Sian Djin Ku Poh

Kuil Sian Djin Ku Poh

Kuil Sian Djin Ku Poh

Sian Djin Ku Poh adalah salah satu tempat wisata religi tertua dan paling terkenal di provinsi Karavang. Terletak di Jalan Rangga Gede 1, desa Tanjung Pura, sekitar 4 km dari pusat kota, candi ini dikunjungi tidak hanya oleh etnis Tionghoa, tetapi juga oleh berbagai bangsa dari berbagai asal.

Meskipun berstatus rumah ibadah, Sian Jin Ku Poh, yang didirikan pada 1770, terbuka untuk umum. Setiap hari tempat ini selalu dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk menghibur pengunjung, pengelola kuil selalu mengadakan acara besar.

Dimulai dengan perayaan ulang tahun kuil, hingga perayaan lainnya seperti Upacara Penyeberangan dan Potumugan. Selama perayaan, tempat-tempat wisata selalu menunggu atraksi dari Lion Dance. Dia berteriak, untuk mengunjungi tempat wisata di Karavanga, mereka hanya membebankan biaya parkir dan pembersihan.

Meskipun demikian, Anda perlu mengalokasikan sebagian uang Anda untuk amal. Kuil Sian Djin Ku Poh sendiri dapat diakses oleh berbagai kendaraan. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik angkot menuju Tanjung Pura-Karavanga dengan melewati Bogor.

2. Danau Cipule

Danau Cipule

Danau Cipule

Danau Cipule adalah danau yang diciptakan oleh kegiatan penambangan di tepi Sungai Citarum, Karavanga, Jawa Barat. Permukaan danau ini sekitar 90 hektar dan kedalamannya sekitar 2 meter. Cukup dangkal? Meski demikian, panorama dan keindahan alam di sekitar danau tidak boleh dilewatkan.

Di tengah danau adalah sebuah pulau yang meliputi area 2 km yang disebut Pulau Cinta. Ada beberapa fasilitas menarik di pulau kecil ini termasuk warung makan dan makanan ringan. Bayangkan, sambil menikmati minuman hangat kita bisa melihat keindahan danau yang mempesona.

Jika air surut, Danau Cipule berubah menjadi rawa dengan tanaman butiran air di permukaan. Meski dangkal, pada 2011 danau itu dulunya merupakan tempat bergengsi untuk mendayung di Sea Games. Danau Cipule terletak di desa Walahar, tepatnya 3 km selatan Bendungan Walahar.

Dari pusat kota Anda hanya perlu berjalan sekitar 20 km untuk mencapai danau yang indah ini. Bagi mereka yang bekerja di Karavang, danau ini bisa menjadi tujuan wisata alternatif untuk sekadar menghilangkan kepenatan setelah seminggu bekerja. Sedangkan untuk wisatawan di luar Karavang, kunjungan ke Danau Cipule dapat menjadi pengalaman menarik yang sulit dilupakan.

3. Taman Air Leisure Taruma

Taman Hiburan Air Taruma Leisure

Taman Hiburan Air Taruma Leisure

Objek wisata air modern Taruma terletak di Taruma di Jalan Tarumanegara, Karawang. Didirikan pada tahun 2013, Taruma Leisure Waterpark adalah salah satu atraksi keluarga favorit warga Karavanga dan kota-kota di sekitarnya.

Untuk memasuki tempat-tempat wisata di Karavang, pengunjung akan dikenai biaya IDR 50,000 dari Senin hingga Jumat, dan IDR 60,000 pada akhir pekan atau hari libur. Dengan harga tiket, Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas menarik seperti kolam anak-anak, kolam ombak, kembar, sungai malas, dan kolam rekreasi yang dapat digunakan untuk berenang serta untuk terapi air.

Tidak hanya itu, Taruma Leisure Water Park juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti loker, ruang ganti, ruang pembilasan, fasilitas kesehatan, food court, dan tempat parkir yang luas, sehingga Anda dapat menikmati liburan Anda dengan damai dan nyaman.

4. Kuil Jiwa

Kuil jiwa

Kuil jiwa

Kuil Jiwa adalah bagian dari situs kuno di Karavang, wilayah Batujaya. Wilayah Batujaya sendiri diperkirakan sekitar 5 km jauhnya, dan terletak di tengah sawah, daerah pemukiman, dan tidak jauh dari pantai utara Karavanga.

Kuil Jiwa setinggi 4 meter berbentuk oval. Candi itu sendiri berukuran 19 x 19 meter dengan permukaan batu bata bundar. Diameter bata sekitar 6 meter dan dianggap sebagai pengaturan pilar.

Tidak seperti kebanyakan kuil, Kuil Jiwa dibangun dari batu bata. Tidak seperti batu bata hari ini, batu bata dibuat dengan pembakaran langsung. Inilah sebabnya mengapa batu bata kuno berwarna lebih gelap daripada batu modern.

Selain menjadi tempat wisata di Karavang, tempat ini sangat cocok untuk penggemar sejarah, umat Buddha sering melakukan ritual keagamaan di Kuil Jiwa. Saat melakukan ritual, mereka akan mengelilingi candi searah jarum jam. Anda bisa menggunakan arah Rengasdengklok untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Karavang. Jika berangkat dari Jakarta, akan dibutuhkan wisatawan sekitar 3 jam untuk mencapai tempat wisata unik ini.

5. Desa Budaya Karawang

Desa Budaya Karawang

Desa Budaya Karawang

Sekitar 2 km dari gerbang tol Caravan Barat yang menghubungkan Jakarta dan Caravan, ada tempat wisata menarik bernama Desa Budaya Karawang.

Situs wisata unik ini dibangun oleh pemerintah Karawang dan bekerja sama dengan Kantor Kebudayaan setempat pada tahun 2015. Desa ini dibangun sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan seni dari seniman Karavanga asli yang mulai dilupakan.

Saat memasuki wilayah desa, pengunjung akan dapat melihat pemandangan sawah dan struktur rumah khas Sunda. Selain itu, ada dua studio tari aktif, yaitu Jaipong dan Studio Tari Pedalangan, yang terbuka tidak hanya untuk masyarakat setempat tetapi juga untuk wisatawan dari dan di luar kota Karavanga.

Menjadi terbuka untuk umum, desa budaya Karawang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti restoran tradisional Sunda, ruang publik dan tempat-tempat ibadah yang nyaman.

6. Air Terjun Cigentis

Air Terjun Cigentis

Air Terjun Cigentis

Di kawasan wisata Gunung Sanggabuana, Karawang terletak sebuah air terjun yang indah setinggi sekitar 25 meter. Objek wisata ini di Karawang selalu dikenal sebagai tempat bagi pecinta hiking, hiking dan bersepeda di olahraga alam.

Selain air terjun yang indah, objek wisata di Karavanga ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau dan pemandangan indah dari alam indah Pegunungan Pasundan. Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Sanggabuana, pengunjung akan dikenai biaya Rp 2.500.

Jika Anda membawa kendaraan, Anda akan dikenakan biaya IDR 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 7.500 untuk mobil. Tiket masuk ke Air Terjun Cigentis adalah 15.000 RP per orang. Dari pintu masuk Anda harus berjalan kaki sekitar 250 meter jalur yang cukup menanjak dan curam.

Selain air terjun, pengelola menawarkan berbagai wahana menarik lainnya seperti keberangkatan, taman air mini, ATV dan kolam renang dengan air yang berasal dari sumber Gunung Sanggabuana. Jika Anda ingin bermalam, Anda juga tidak keberatan mendirikan tenda. Sudah ada banyak villa dan penginapan di sekitar tempat wisata ini.

Dari Jakarta, objek wisata ini dapat diakses melalui jalan tol Cikampek, kemudian keluar ke gerbang tol Asper dan melanjutkan rute ke Parakan Badaka dan desa Jayanti.

7. Wonderland Adventure Waterpark (WAW)

Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark

WAW adalah kendaraan wisata petualangan terbesar di Karavanga. Kawasan objek wisata di Karavanga sekitar 3,4 hektar dan dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang menarik dan menantang. Ketika Anda mencapai lokasi, Anda akan disambut oleh gerbang unik seperti pintu kerajaan dalam dongeng anak-anak.

Gerbang yang unik tampaknya membawa kita ke tanah ajaib dengan berbagai permainan menarik mulai dari Gorilla Slide, Funny Pool, Sundown Amphi, Adventure River, Gua Stalaktit, Serangan Bajak Laut, Kerajaan Hewan, Air Terjun Niagara, hingga Gelombang Gunung Berapi.

Bagi mereka yang tidak suka berenang, pengelola menyediakan fasilitas lain seperti lapangan futsal, pusat kebugaran, flying fox dan perjalanan untuk anak-anak. Tiket masuk ke WAW saja dikenai biaya IDR 65.000 untuk hari kerja dan IDR 85.000 untuk akhir pekan.

Objek wisata di Karavang ini buka mulai jam 9 pagi hingga 6 sore hari Senin hingga Jumat. Pada akhir pekan, WAW buka hingga pukul 19:00. Konter tiket sendiri hanya buka sampai jam 5 sore. WAW terletak di Jalan Galah Mas Raya Barat, tepat di lingkungan Perumahan Galah Mas.

8. Monumen benteng Rengasdengklok

Monumen untuk tekad

Monumen untuk tekad

Nama Rengasdengklok dikenal bagi kita. Di tempat bersejarah ini manuskrip diproklamasikan dan menjadi tanda lahir Republik Indonesia tercinta. Sebuah peringatan telah didirikan hari ini untuk memperingati acara tertua di negara ini.

Monumen yang akan ditunjuk adalah sebuah monumen dengan salinan naskah konkret yang mendukung sebuah bola yang diukir pada 17 Agustus 1945. Di belakang monumen itu terdapat dinding melengkung dengan relief peristiwa proklamasi beberapa dekade yang lalu.

Meski sudah berlangsung bertahun-tahun, kondisi tugu itu tetap terlihat kokoh dan bersih. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeser pun untuk memasuki monumen. Monumen benteng terbuka untuk umum 24 jam sehari.

9. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

Pantai Pelangi terletak di desa Sungai Buntu, distrik Pedes, sekitar 35 km dari pusat kota Karavanga. Untuk menuju pantai yang indah ini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki ke Pedes County. Kira-kira dua jam perjalanan Anda akan dapat menangani tampilan bidang dan bidang hijau.

Karena akses ke jalan cukup baik dan baik, pengunjung dapat menggunakan motor atau mobil jika mereka ingin bepergian ke Pantai Pelangi. Anda akan dikenai biaya Rp 5.000 untuk memasuki objek wisata Karavanga ini. Harganya cukup murah mengingat pemandangan unik dan panorama pantai utara yang akan Anda lihat.

Ombak di Pantai Pelangi cukup tenang sehingga pengunjung bebas berenang dan bermain di pasir pantai. Jika Anda lapar, Anda tidak perlu khawatir. Di sepanjang pantai ada warung makan dan penjual makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Goa Dayeuh

Goa Dayeuh

Goa Dayeuh

Apakah Anda suka petualangan di alam liar dan menjelajahi gua-gua yang indah? Datanglah ke Caravan untuk mengunjungi Goa Dayeuh yang legendaris. Dalam sebuah gua sepanjang 300 m adalah hutan dengan pohon-pohon tinggi, beberapa gua kecil dan 4 gua besar.

Uniknya, ada beberapa fosil kerang dan hewan laut di stalaktit dari Gua Dayeuh. Artinya, di zaman kuno wilayah Goa Dayeuh adalah lautan. Pengunjung hanya akan dikenai biaya Rp 5.000 untuk memasuki tempat wisata di Karavang. Cukup murah? Mengingat bahwa gua ini merupakan pemandangan alam yang unik dan sulit untuk dilupakan.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Bandung Carnival Land

Wisata Bandung – Bandung Carnival Land

Bandung adalah tujuan wisata favorit penduduk Jakarta dan tempat-tempat sekitarnya, terutama pada akhir pekan, akhir …

Masjid Agung An Nur

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Pekanbaru adalah ibu kota provinsi Riau. Budaya Melayu sangat padat di sini. Sepanjang jalan, Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.