10 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur adalah provinsi di ujung timur Pulau Jawa dengan ibukota Surabaya. Provinsi Jawa Timur memiliki luas daratan lebih besar dari provinsi lain di Jawa. Jawa Timur juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di Jawa Barat. Apa saja tempat wisata di Jawa Timur yang harus Anda kunjungi?

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah objek wisata paling terkenal dan dikunjungi di Jawa Timur. Pengunjung tidak hanya dari daerah Jawa Timur tetapi juga daerah lain yang cukup jauh, seperti Jakarta dan daerah sekitarnya. Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif yang terletak di 4 wilayah Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Aktivitas paling populer di Gunung Bromo adalah menyaksikan matahari terbit, mendaki gunung, menunggang kuda, dan berjalan melintasi gurun Gunung Bromo.

2. Taman Jawa Timur (Taman Jatim)

Taman Jawa Timur

Taman Jawa Timur

Taman Jatim, yang terletak di Kota Baru, Jawa Timur, adalah taman rekreasi dan pembelajaran yang sangat besar dan lengkap. Terletak sekitar 20 KM dari kota Malang, Jatim Park menawarkan lebih dari 36 wahana permainan yang berbeda dan telah menjadi ikon wisata Jawa Timur. Taman Jatim juga menerima hadiah pertama dari tur yang dibuat oleh layanan nasional untuk Menteri Pariwisata, sehingga tidak ada keraguan bahwa Taman Jatim adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang harus dia kunjungi.

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Terletak di sisi selatan provinsi Jawa Timur, Pantai Balekambang adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal dengan pantainya yang indah, dan candi ini terletak di sebuah pulau karang di tepi Pantai Balekambang. Pantai Balekambang terletak hanya sekitar 45 KM selatan Malang, sehingga Pantai Balekambang sekarang menjadi tujuan wisata favorit bagi warga Malang dan sekitarnya. Karakteristik Pantai Balekambang adalah ombak besar dan arus kuat. Jika Anda pernah bepergian ke Tanah Lot, Bali, Pantai Balekambang akan mengingatkan Anda pada tempat wisata di Bali karena kesamaan suasana. Sayangnya, banyak jalan menuju Pantai Balekambang rusak selama ini, jadi ini akan sedikit mengurangi kenyamanan Anda dalam perjalanan ke Pantai Balekambang.

4. Danau Sarangan

Danau Sarangan

Danau Sarangan

Danau Sarangana adalah danau alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, Jawa Timur. Danau, yang memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman sekitar 28 meter, terletak sekitar 16 KM dari kota Magetan. Fasilitas di sekitar Danau Saranganj sangat lengkap, ada banyak penginapan, restoran, pasar wisata belanja, taman bermain, taman, tempat ibadah dan banyak lagi. Kegiatan favorit di Danau Sarangan adalah menunggang kuda, bermain perahu air, dan memancing.

5. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur. Terletak di Kabupaten Situbondo, perjalanan ke Pantai Pasir Putih Situbondo akan memakan waktu sekitar 4 jam dari Surabaya. Sesuai namanya, pantai Situbondo dengan pasir putih dikenal karena pasir putihnya yang indah dan hutannya terletak di pantai.

6. Pantai Iwak yang terkenal

Pantai Iwak yang terkenal

Pantai Iwak

Pantai Iwak, yang terletak di desa Tulungrejo, sekitar 65 KM dari kota Malanga, kurang dikenal tetapi cukup menarik untuk dikunjungi. Suasana pantai tenang dan tenang, dilengkapi dengan ombak besar yang menjadi daya tarik utama Pantai Kondang Iwak. Anda juga dapat menemukan orang-orang memancing di pantai ini.

7. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo yang terletak di kabupaten Pujon adalah air terjun yang tingginya sekitar 84 meter dan berada pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Air terjun Coban Rondo hanya berjarak 25 KM dari kota Malang, jadi tempat wisata ini adalah salah satu objek wisata alam paling populer warga Malang dan daerah sekitarnya. Biaya untuk memasuki air terjun Coban Rondo adalah 10.000 rupee per orang.

8. Mata Air Panas Cangar

Mata Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

Sumber Air Panas Cangar terletak sekitar 20 KM dari kota Batu. Fasilitas yang ada di Mata Air Panas Cangar tidak mewah, tetapi mereka sederhana tetapi dapat memenuhi kebutuhan kita untuk menikmati air panas dari perut bumi. Sumber Air Panas Cangar memiliki beberapa jenis kolam renang, yaitu kolam besar, kolam kecil, kolam renang wanita dan kolam renang indoor. Bagi pecinta wisata kuliner, jangan lupa untuk mencoba masakan khas lokal, yaitu nasi ketan hitam.

9. Gua Maharani Lamongan

Gua Maharani Lamongan

Gua Maharani Lamongan

Gua Maharani Lamongan, yang terletak di kabupaten Paciran, adalah sebuah gua sekitar 2.500 meter persegi, yang pertama kali ditemukan oleh para penambang tanah. Gua Maharani Lamongan menawarkan wisata kecantikan bawah tanah yang penuh dengan stalaktit, stalagmit, dan bebatuan unik.

10. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang terletak 30 KM selatan Malang. Pantai Sendang Biru adalah pantai yang indah dengan ombak yang tidak terlalu besar dan arusnya lebih tenang dari pantai-pantai lain di pantai selatan Jawa. Ombak dan arus yang tidak besar karena ada pulau di dekat pantai ini, yaitu Pulau Sempu. Anda dapat menjelajahi Pulau Sempu dengan menyeberang perahu nelayan dari Pantai Sendang Biru.

Pulau Sempu

Pulau Sempu

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Central Park

15 Mall di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Banyak yang mengeluh tentang keadaan Jakarta, tetapi jelas situasi terburuk di Jakarta masih merupakan satu …

Pantai Banyu Tibo

8 Pantai di Pacitan yang Sayang Untuk Dilewatkan

Pacitan adalah sebuah lingkungan yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.