10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

Ketika datang ke kota Blitara, Kuil Bung Karno datang ke pikiran pertama. Ya, kota Blitar benar-benar terkenal dengan tempat di mana presiden pertama Indonesia tinggal.

Makam ini juga dilengkapi dengan museum dan toko-toko suvenir, serta berbagai masakan yang menggoda. Sekarang, setelah mengunjungi Museum Bung Karno, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata berikut di Blitar yang kami rekomendasikan:

1. Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari

Apa yang membuat Blitar begitu istimewa? Ternyata selain rambutan, Blitar juga terkenal dengan belimbingnya. Buah berbentuk bintang kuning telah terbukti menjadi favorit di Blitar. Anda bahkan dapat mengunjungi agrowisata Blimar di Blitar, lebih khusus di desa Karangsari di kabupaten Sukorejo.

Di agrowisata Karangsari, ada dua jenis buah bintang yang ditanam, yaitu Bangkok dan Filipina. Di sini Anda dapat memilih buah belimbing sendiri untuk dibawa pulang, atau Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas belimbing seperti dodo, permen, keripik, selai sirup.

2. Rusa pembibitan Maliran

Rusa berkembang biak Maliran

Rusa berkembang biak Maliran

Apakah Anda mencari tempat wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga Anda? Pertanian rusa di kabupaten Ponggok, wilayah Blitar, ini sepertinya tepat untuk Anda.

Di sana Anda akan menjumpai 200 rusa yang hidup bebas berkeliaran. Biaya yang harus Anda bayarkan juga sangat murah, hanya 2.000 Rupiah untuk dewasa dan 1.000 Rupiah untuk anak-anak. Di dalam area pengembangbiakan rusa ada punjung, taman bermain, dan warung makan untuk mereka yang ingin makan setelah Anda bosan berwisata. Jadi Anda bisa santai, beristirahat sambil menikmati pemandangan kawanan rusa.

3. Berbagi mandi

Bagian dari Sumber Baths

Bagian dari Sumber Baths

Mencari wahana air di Blitar tidaklah sulit, salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah Pemandian Udel Sumber. Lokasi berada di Jalan Kali Brantas, Desa Bendo, atau sekitar 500 meter dari Kuburan Bung Karno.

Ada kolam renang untuk dewasa maupun anak-anak. Selain itu, ada layanan penyewaan panggung, taman bermain, dan peralatan renang yang ceria. Pemandian ini juga sering digunakan untuk kompetisi renang, lho.

4. Istana Gebang

Istana Gebang

Istana Gebang

Istana Gebang adalah rumah masa kecil presiden pertama Indonesia, Ir. Sukarno. Terletak di Jalan Sultan Agung, No. 29. Terletak di area seluas 2 hektar, Anda akan menemukan di dalam berbagai kamar yang masih khas dari kombinasi kursi kayu rotan.

Di gedung ini, berbagai furnitur masih menggunakan model lama, sehingga Anda akan merasakan suasana masa lalu. Nah, jika Anda berkunjung pada 6 Juni, Anda akan melihat hambatan di sana serta pertunjukan hiburan rakyat.

5. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Blitar jelas juga memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tambakrejo, yang terletak di desa Tambakrejo, kabupaten Wonotirto, atau sekitar 30 km dari pusat kota Blitra.

Pasir putih dengan air laut biru akan disambut. Karena ombaknya tidak begitu besar di sini, maka Anda bisa bersantai sambil bermain air. Ada juga tempat untuk melelang ikan segar dengan harga yang sangat wajar dibandingkan dengan pasar modern.

6. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit terletak di dekat Pantai Tambakrejo, pantai ini berada di sisi timur Pantai Tambakrejo. Untuk mencapai pantai ini Anda akan melintasi bukit dan menyeberangi sungai.

Pantai ini masih tenang dan alami dibandingkan dengan pantai lain di Blitar. Bagi yang lapar, ada stand makanan di sini. Namun, Anda harus membawa persediaan makanan sendiri karena kurangnya variasi makanan yang tersedia di sini.

7. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Pantai ini sedikit unik karena memiliki pasir hitam. Untuk sampai ke Pantai Jolosutro, Anda harus berjalan kaki sekitar 45 km dari pusat kota atau tepatnya berada di desa Ringinrejo, Kecamatan Air.

Pantai ini unik karena terletak di teluk kecil di kawasan lindung. Di pantai Anda dapat menemukan batu karang dengan ukuran berbeda. Pantai ini adalah salah satu pantai favorit Blitar.

8. Falcon Rafting

Kepiting kepiting Soko

Kepiting kepiting Soko

Soko Rafting adalah lokasi yang tepat bagi mereka yang ingin menguji adrenalin mereka. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Blitar.

Di sini Anda dapat menikmati sungai sepanjang 9 km dengan tingkat kesulitan dua dan tiga saat rafting. Kendaraan ini juga cocok untuk Anda yang baru mengenal arung jeram.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda. Psstt, dalam tantangan terakhir ketika Anda rakit Anda melewati sebuah terowongan kecil.

9. Candi Penataran

Pura Penataran

Pura Penataran

Salah satu candi terkenal di Blitar adalah Candi Penataran, yang terletak di desa Penataran, kabupaten Nglegok, wilayah Blitar.

Dalam plot 180 x 130 meter ini, Candi Penataran dibagi menjadi tiga wilayah. Di bagian pertama Anda akan menemukan Bale Agung, Batur Pendopo, tiga candi miniatur dan Kuil Tokoh. Lalu ada Kuil Naga di area kedua dan di ketiga akan menjadi candi utamanya.

10. Gua Embultuk

Gua Embultuk

Gua Embultuk

Ada wisata stalagmit dan stalaktit di Blitar, yang terletak di desa Tumpak Kepuh, Kabupaten Bakung. Jika Anda memulai dari pusat kota, Anda akan menempuh jarak sekitar 40 km.

Gua ini memiliki panjang sekitar 1.500 meter dan lebar tiga meter. Jika Anda ingin menjelajahi gua, disarankan untuk menggunakan pencahayaan dan ingat untuk membawa pakaian Anda. Tempat wisata ini biasanya ramai ketika musim liburan tiba.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Masjid Raya Medan

15 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dijuluki sebagai kota multi-etnis, Medan …

Candi Borobudur - Magelang

15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang telah dihargai dengan begitu banyak fitur. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.