Wednesday , February 19 2020

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Lokasi Bogor dari Jakarta memang sangat strategis sehingga tidak heran jika banyak warga Jakarta dan kota-kota sekitarnya memilih untuk beristirahat dan bersantai dalam kunjungan ke berbagai tempat wisata di Bogor. Bogor memiliki banyak objek wisata alam yang masih asri dan alami.

Ada banyak tempat wisata di Bogor yang harus Anda kunjungi. Dan wisata alam, wisata kuliner dan pendidikan, semuanya di Bogor! Tertarik dengan tempat wisata terbaik apa di Bogor? Berikut ulasannya!

1. Kebun Bogor Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kunjungan ke Kebun Raya Bogor, Bogor, yang merupakan ikon kota Bogor, dapat digunakan sebagai liburan alternatif yang menyenangkan dan ekonomis. Sekarang, Anda tidak hanya duduk atau berjalan, Anda juga dapat mengundang anak Anda ke sini untuk belajar dan mengamati tanaman. Ini dimungkinkan karena telah ada lebih dari 15.000 spesies pohon dan tanaman di Kebun Bogor.

Dikenal sebagai taman botani tertua di Asia, Kebun Raya Bogor memang telah dikembangkan sejak zaman kolonial. Namun, jika pada awalnya taman itu hanya memiliki berbagai jenis tanaman, sekarang ada fasilitas wisata lain yang tidak kalah indahnya. Misalnya, di belakang kebun. Ada danau yang indah, Istana Bogor, jembatan gantung merah, di sebelah Museum Zoologi yang terletak di sebelah Kebun Raya Bogor. Oh ya, jika ada lebih banyak waktu, jangan lupa masakan kuliner, ya!

2. Budaya Desa Sindang Barang

Budaya Desa Sindang Barang

Budaya Desa Sindang Barang

Pernah disebutkan dalam Kronik Padjajaran dan Pantun Bogor yang khas, Sindang Barang adalah salah satu alternatif wisata budaya dan sejarah yang patut Anda kunjungi. Konon, situs ini sudah ada sejak abad ke-12!

Berdasarkan sejarahnya, Sindang Barang adalah lokasi hunian (istana) salah satu suami Prabu Siliwangi. Di sana Anda akan menemukan banyak bangunan rumah asli, pertunjukan panggung yang menampilkan seni Sunda lokal, tarian tradisional, untuk menggambarkan keadaan Kasepuhan Sunda di masa lalu.

3. Taman Wisata Makarsari

Taman Wisata Makarsari

Taman Wisata Makarsari

Jika Kebun Raya Bogor adalah kebun raya paling luas di Indonesia, Taman Wisata Mekarsari adalah kebun terbesar di Indonesia. Setidaknya ada 1.470 varietas pohon buah-buahan dan 100.000 pohon di tanah seluas 264 hektar ini.

Nikmati kegembiraan memetik dan mencicipi buah langsung dari pohon di Mecarsari Tourist Park. Maklum, tempat wisata di Bogor mengusung konsep rekreasi, pendidikan, penghijauan dan konservasi. Selain mencicipi buah langsung dari pohon, Anda dapat naik kereta untuk melihat koleksi tanaman buah, mencoba perjalanan, atau menikmati kegembiraan paket perkemahan keluarga, permainan perahu pisang, angsa air, hingga donat mengambang!

4. Homeland Defense Museum (PETA)

Museum Pertahanan Tanah Air

Museum Pertahanan Tanah Air

Tidak hanya keindahan alam yang tiada duanya, Bogor juga termasuk dalam catatan sejarah perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan. Salah satunya, menyangkut pembentukan pasukan sukarela para pembela tanah air, atau yang kita kenal sebagai PETA.

Meskipun didirikan dengan tujuan membantu Jepang mengalahkan sekutu-sekutunya, seorang pendahulu tentara Indonesia mulai terbentuk di PETA. Nah, seluruh pertarungan itu akhirnya diperkuat oleh pembentukan Museum Pertahanan Tanah Air.

Banyak cerita pertarungan PETA akan disajikan di situs wisata ini di Bogor, dan bahkan ada artefak sejarah. Tempat ini sangat bermanfaat untuk mendorong nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda.

5. Situ Gede

Situ Gede

Situ Gede

Ingin liburan yang santai tapi tetap mengasyikkan dan ekonomis? Ayo, kunjungi Sita Gede sekarang!

Bagi penduduk setempat, Situ Gede biasanya digunakan untuk memancing, berperahu atau hanya berjalan dan berolahraga di sore hari. Namun, tidak ada salahnya untuk datang dan bergabung dengan pikiran menyegarkan di tujuan wisata ini di Bogor.

Terletak di tepi Hutan Dramaga, yang merupakan hutan penelitian yang dimiliki oleh Departemen Kehutanan Indonesia, danau enam hektar dikelilingi oleh berbagai tanaman rindang. Di sisi lain, sangat nyaman jika Anda meluangkan waktu untuk menikmati keindahan danau dengan menjelajahinya dengan perahu. Selesai sambil memancing bersama orang-orang terkasih, tentu saja pengalaman mengunjungi Sita Gede menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

6. Gunung Pancar

Gunung Pancar

Gunung Pancar

Setidaknya ada berbagai jenis tempat wisata yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Gunung Pancar. Tempat wisata Bogor yang sering dijadikan tempat berkemah, hiking, lari, menunggang kuda sangat cocok bagi Anda yang mendambakan wisata alam tetapi tidak ingin jauh dari ibu kota.

Di daerah Gunung Pancar, Anda dapat melihat panorama alam hutan yang dipenuhi pinus, ditambah beberapa satwa liar di daerah tersebut. Tidak jauh dari sana ada Gunung Pancar yang panas, yang airnya berasal dari sumber alami.

7. Jungle Theme Adventure Park dan Taman Sentul Paradise

Paradise Park Sentul

Paradise Park Sentul

Meski Jungle Adventure Adventure Theme masih tergolong baru, ada tempat wisata di Bogor, yang satu ini tidak kalah menarik dari tempat wisata lainnya, lho. Di atas lahan seluas sekitar 35 hektar, Anda akan disuguhkan sekitar 30 jenis wahana dan berbagai atraksi menarik. Terlebih lagi, keseluruhannya dirancang dengan konsep yang unik dan ramah untuk segmen usia yang berbeda. Selain wahana yang mengasyikkan, Jungle Land juga menawarkan banyak kafe dan restoran yang memiliki banyak menu kuliner lezat.

Apakah Anda menginginkan alam? Bersantai karena letaknya relatif tidak jauh dari kawasan Sentul Paradise Park, pada saat yang sama Anda dapat menikmati air terjun setinggi 75 meter yang sering disebut Air Terjun Angel. Air terjun ini berasal dari sumber di Hutan Konservasi Gunung Pancar. Salah satu air terjun yang menarik, meski alami, dirancang sedemikian rupa sehingga luapannya serupa dengan kolam.

8. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Apakah Anda seorang pendaki pemula? Atau apakah Anda suka mendaki tetapi tidak punya waktu untuk menyentuh gunung tertinggi di Indonesia?

Jangan khawatir. Apa pun latar belakang Anda, Gunung Batu Jonggol dapat menjadi tempat wisata alternatif di Bogor untuk menyalurkan kerinduan Anda akan gunung dan ketinggian.

Ketika datang ke ketinggian, gunung ini memang lebih mirip dengan bukit daripada gunung-gunung lain di Jawa Barat, seperti Gunung Gede atau Gunung Salak. Tetap saja, jangan meragukan keindahannya. Terlebih lagi, Anda tidak perlu energi ekstra untuk memenangkannya.

9. Penangkaran rusa Cariu

Pembibitan rusa Cariu

Pembibitan rusa Cariu

Nama aslinya adalah markas rusa Giri Jaya. Namun, penduduk setempat menyebutnya sebagai penangkaran rusa Cariu karena terletak di kota Cariu, Bogor.

Ada berbagai jenis rusa di daerah lima hektar seperti rusa Jawa dan rusa Bawean. Yang menarik, Anda dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung, misalnya, dengan memberi mereka kentang, rumput, atau wortel. Didukung oleh pemandangan yang indah dan mata yang menyegarkan, jangan kaget jika di akhir pekan lokasi ini bisa menjadi tujuan wisata alternatif di Bogor Anda.

10. Mata air panas Tirtha Sanit

Pemandian air panas Tirta Sanita

Pemandian air panas Tirta Sanita

Terletak di daerah Ciseeng, jangan heran jika banyak yang benar-benar mengetahuinya dengan nama Sumber Air Panas Ciseeng. Sesuai namanya, Anda dapat menyerap air hangat belerang untuk mencairkan dan menjaga kesehatan Anda. Selain itu, Sumber Air Panas Ciseeng juga menawarkan berbagai permainan keberangkatan, akomodasi, dan gerai kuliner untuk memanjakan perut dan lidah Anda.

Nah, ini adalah 10 tempat wisata di Bogor yang direkomendasikan oleh AnekaTempatWisata.com. Tempat wisata apa yang ingin Anda kunjungi? Mari berbagi!

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Gambar 1: Pantai Trikora

Pantai Trikora, Pantai Cantik Untuk Berlibur Sekaligus Berdoa

Pulau Bintan adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini adalah pulau …

Kebun Teh Ciater

10 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

Apakah Anda merasa lelah setelah bekerja sepanjang minggu? Mungkin sudah waktunya untuk menghilangkan kepenatan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.