10 Pantai Eksotis di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur, provinsi ini tampaknya memiliki daya tarik bagi wisatawan domestik dan asing. Dimulai dengan Bukit Bromo yang keindahannya ada di dunia, Ranu Kumbolo, Taman Jawa Timur, Museum Angkut dan berbagai tempat wisata yang dapat Anda temukan di sini.

Selain pegunungan yang indah, Jawa Timur memiliki pantai-pantai eksotis yang menyegarkan. Pantai-pantai ini tersebar di kota-kota Malang, Jember, Banyuwangi dan kota-kota lainnya. Bagi pecinta wisata pantai, inilah 10 pantai terindah di Jawa Timur, yang sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma terletak di Desa Loeyer, Kabupaten Wuluhan, Wilayah Jember. Perjalanan dari Jember ke Pantai Papuma bisa memakan waktu cukup lama, jadi kami sarankan untuk bermalam di sini. Administrasi menyediakan beberapa akomodasi dan pondok dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar 150.000 – 450.000 Rupiah per malam. Harga memasuki pantai saja adalah 5.000 hingga 7.000 Rupiah.

Pantai Papuma memiliki pemandangan yang sangat indah. Kombinasi pasir putih dan terumbu karang tersebar di pantai. Salah satu fitur penting dari Pantai Papuma adalah tujuh menara karang besar di pantai. Ukurannya yang besar membuat terumbu ini menyerupai sebuah pulau. Tujuh karang ini juga memiliki nama. Di sini Anda bisa merasakan ombak dari karang. Pantai ini juga sering digunakan sebagai situs untuk menyiapkan foto-foto indah atau lanskap oleh fotografer dari berbagai kota.

2. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kabupaten Pesanggaran, Banyuwangi. Dibutuhkan sekitar tiga jam untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Banyuwangi. Yang istimewa dari pantai ini adalah pemandangan saat matahari terbenam dan langit berubah menjadi oranye. Banyak yang berkomentar bahwa Pantai Pulau Merah memiliki karakteristik sebagian besar pantai di Brazil dan dinamai dengan Kuta Jawa Timur.

Selain duduk dan menikmati pantai, kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah berselancar karena pantai ini telah menjadi tujuan berselancar dunia di Pulau Jawa. Anda hanya perlu membayar Rupia 25.000 – 50.000 untuk menyewa papan selancar yang disediakan oleh manajer Anda. Kondisi gelombang yang mencapai ketinggian 4 hingga 5 meter sangat cocok untuk peselancar dari berbagai tingkatan.

3. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu adalah pulau kecil yang masih berada di lokasi yang sama dengan Pantai Sendang Biru, tepat di Desa Tambakrejo, Kabupaten Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini berada di bawah perlindungan Pusat Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

Awalnya resmi sejak 1928, Pulau Sempu adalah cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau dan hutan tropis dataran rendah.

Tetapi semakin banyak, banyak pecinta alam yang mengunjungi Pantai Sendang Biru berkemah di Pulau Sempu dengan menyeberang perahu-perahu nelayan. Apa yang membuat pulau Sempu ini istimewa adalah Segara Anakan Lagoon yang terletak di pulau itu. Untuk mencapai Segara Anakan, Anda harus berjalan selama dua jam melalui hutan dan jalan yang curam.

Perjalanan ini akan terbayar begitu Anda melihat pasir putih dilapisi dengan air laut super jernih biru dan juga pemandangan karang yang melindungi Segara Anakan. Air laut di sini sangat tenang, sehingga aman untuk berenang. Untuk menjaga keindahan pulau ini, diharapkan Anda tidak akan membuang sampang dan merusak ekosistem yang ada.

4. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar terletak di lingkungan Donorojo, sekitar 35 km barat kota Pacitano. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pantai ini adalah sekitar satu jam perjalanan. Pantai ini masih cukup alami, jadi jalan menuju pantai ini cukup sulit.

Pantai Klayar adalah salah satu tempat wisata terkemuka di Pacitano. Keistimewaan pantai ini selain pasir putih susu, di sini adalah batu yang terlihat seperti Spinx dan air mancur alami setinggi 10 meter. Gradasi warna air laut dari biru ke hijau pirus dikombinasikan dengan pantai berpasir putih pasti akan membuat Anda jatuh cinta. Terumbu karang yang kuat dan menggembung membuat pantai ini hampir sama dengan Tanah Lot Bali.

5. Teluk Ijo (Green Bay), Banyuwangi

Teluk Ijo (Green Bay), Banyuwangi

Teluk Ijo (Green Bay), Banyuwangi

Pantai ini, lebih dikenal sebagai Teluk Hijau Banyuwangi, terletak di distrik Pesanggaran, desa Sarongan, Banyuwangi. Dari pusat Banyuwangi Anda dapat menuju ke selatan sekitar 90 km. Keunikan dari pantai ini adalah pasir putihnya yang lembut, air lautnya yang jernih dan juga air terjun setinggi 8 meter.

Untuk mencapai pantai ini, Anda perlu menemukan jejak sekitar 2 km. Di beberapa bagian jalan, tali tersedia untuk memudahkan pengunjung berjalan. Karena perjalanannya sulit, disarankan untuk berkemah di sini semalam. Anda bisa bersantai di air yang jernih, berendam di air terjun atau mencoba sensasi berburu ikan dan udang.

6. Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai tiga warna, Malang

Pantai tiga warna, Malang

Pantai Tiga Warna masih berada di kawasan yang sama dengan Pantai Sendang Biru di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pantai ini digolongkan sebagai pantai baru di wilayah Malang karena hanya dibuka sebagai objek wisata pada pertengahan 2014. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi ketika Anda berkunjung ke sini karena akses jalan dan transportasi umum belum sempurna.

Anda hanya perlu membayar 6.000 Rupiah per orang untuk menikmati keindahan pantai ini dan Anda juga perlu menyewa pemandu untuk sampai ke pantai ini. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini adalah menggigit. Ada banyak lagi terumbu karang alami yang menghuni pantai ini. Ini karena Pantai Tiga Warna merupakan tempat pelestarian terumbu karang. Biaya sewa peralatan selam hanya Rp 15.000 per orang.

7. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kabupaten Donorojo. Pantai ini adalah salah satu pantai di Pasifik yang menghargai Anda sebagai referensi untuk tujuan wisata utama Anda.

Ini disebut Banyu Tibo karena Banyu Tibo dalam bahasa Jepang berarti air jatuh. Air terjun di Pantai Banyu Tibo berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Air sungai ini mengalir ke laut dan menyatu dengan ombak di teluk kecil. Sungai ini tidak pernah mengering selama musim kemarau dan airnya sangat jernih.

8. Pantai G Land, Banyuwangi

Pantai G Land, Banyuwangi

Pantai G Land, Banyuwangi

Nama Jepang G Land adalah pantai Plengkung yang merupakan pantai terkenal di Banyuwangi dan dikenal sebagai Seven Waves. Ini karena G Land memiliki ketinggian gelombang 4 hingga 6 meter sepanjang 2 km dengan pembentukan gelombang lempeng. Keindahan dan keganasan gelombang dari kelas yang sama dengan Hawaii membuat peselancar dari seluruh dunia datang ke sini.

Pecinta olahraga selancar dapat menikmati selancar di lingkungan hutan hijau alami. Waktu terbaik untuk menjelajahi pantai ini adalah antara bulan April dan September. Hamparan pantai berpasir putih di daerah ini ditutupi oleh daerah berhutan yang masih asli, masih di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Ini adalah bagaimana Anda benar-benar merasakan udara dan pikiran segar, jauh dari hiruk pikuk kota yang bising.

9. Pantai Gua Cina, Malang

Pantai Gua Cina, Malang

Pantai Gua Cina, Malang

Lokasi Pantai Gua Cina terletak di desa Sitiarjo, kabupaten Sumber Manjing, Wetan, negara bagian Malang. Karena masih tergolong pantai alami, Anda harus membawa kendaraan pribadi untuk mengambil pantai ini. Anda hanya perlu membayar Rp4.000 per orang untuk masuk ke resor pantai Jawa Timur ini dan biaya parkir untuk kendaraan Rp5.000.

Meski pantai ini tidak cukup luas, namun pantai ini memiliki ciri khas tiga pulau di tengah-tengah pantai, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Gua Cina, dan Pulau Nyonya.

Meskipun masih diklasifikasikan sebagai pantai alami, fasilitas seperti warung makan, toilet, kamar mandi dan ruang sholat sudah tersedia di sini. Ombak di pantai yang eksotis ini cukup besar untuk mencapai pantai, jadi harap berhati-hati. Ketika pantai ditarik, Anda hanya bisa berjalan ke salah satu pulau yang terletak di tengah-tengah pantai. Karena pasir di pantai ini sangat putih dan lembut, Anda bisa merasakan diri Anda tidur di pasir sambil menikmati birunya laut.

10. Pantai Buyutan, Pacitan

Pantai Buyutan, Pacitan

Pantai Buyutan, Pacitan

Pantai Buyutan terletak di Donorojo, Pacitan. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Klayar. Berjarak sekitar 44 km dari kota Pacitan dan hanya dapat dicapai dengan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang berjalan di sekitar pantai ini.

Jika Anda suka wisata alam yang tenang, datang ke pantai ini adalah jawabannya. Pantai Buyutan masih perawan dan banyak turis datang ke pantai ini. jadi kondisi pantai ini sangat bersih, dengan pasir seputih susu.

Ini adalah pantai eksotis ke-10 di Jawa Timur. Karena pantai-pantai ini masih diklasifikasikan sebagai pantai alami, diharapkan Anda tidak akan mencemari lingkungan oleh puing-puing atau kerusakan ekosistem yang ada. Akan lebih baik jika Anda membawa kantong sampah plastik khusus. Mari kita tinggalkan pantai-pantai di Jawa Timur menjadi eksotis dan indah.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Pantai Tambakrejo

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

Ketika datang ke kota Blitara, Kuil Bung Karno datang ke pikiran pertama. Ya, kota Blitar …

Masjid Raya Medan

15 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dijuluki sebagai kota multi-etnis, Medan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.