10 Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bicara tentang Jogja jelas tidak terpisah dari wisata budaya, karena Jogja memiliki banyak bangunan bersejarah tua yang eksotis. Tetapi siapa sangka bahwa kota ini, yang merupakan salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan, juga memiliki banyak pantai yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi Anda yang telah menyiapkan hari khusus untuk liburan di Jogja bersama kerabat atau orang-orang terkasih. 10 pantai di Gunungkidul, Jogja meliputi:

1. Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Gunungkidul. Untuk memasuki Pantai Baron, Anda akan diharuskan membayar 5.000 rupiah dan biaya parkir mobil atau motor 1.000 sampai 2.500. Panorama yang tak tersentuh adalah salah satu keunggulan pantai ini

Pengunjung yang datang dapat menghabiskan waktu bermain dan menjadi basah di laut. Tidak perlu khawatir akan terseret oleh gelombang, karena manajer telah mengidentifikasi hambatan yang akan menunjukkan daerah mana yang masih aman untuk dikunjungi. Ombak di pantai ini yang cukup menantang juga populer di kalangan penggemar.

2. Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang istimewa dari Pantai Drini adalah pulau kecil di tengah pantai. keberadaan pulau kecil ini membagi pantai Drini menjadi dua.

Di sisi timur pantai adalah serangkaian tebing yang berdiri kokoh seperti benteng yang menghadap ombak yang dipadukan dengan keindahan pulau karang, perairan yang lebih tenang memungkinkan Anda untuk berenang. Sementara di sisi barat, Anda bisa melihat saudara-saudara pulang berlayar mencari ikan. Ombak besar membuat air di barat terlihat lebih ganas.

3. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan dikenal sebagai salah satu tempat menyelam paling populer di Pulau Jawa. Di Pantai Sadranan, ada tempat penyewaan yang dikenal sebagai "snorkeling Sadranan" bagi Anda yang ingin menyewa peralatan menyelam.

Pantai Sadranan adalah rumah bagi beberapa spesies laut yang menarik seperti Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon dan banyak spesies lainnya yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk menyelam di pantai ini adalah di pagi hari, pertengahan atau sore hari sebelum matahari terbenam.

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang memiliki kisah mistis yang kental. Kisah mistik ini adalah tentang Brawijaya V. Prabu, pantai ini secara rutin digunakan sebagai situs upacara tradisional di seluruh masyarakat.

Beberapa poin menarik untuk dinikmati di Pantai Ngobaran adalah Bukit Karang, Kuil Pemujaan dan Patung Dewa. Jika ingin mengunjungi pantai ini, Anda harus mengunjungi salah satu objek wisata kuliner, yaitu "landak goreng". Landak goreng di Pantai Ngobaran sudah sangat terkenal sebagai koki top.

5. Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung adalah satu-satunya pantai di Jogji yang memiliki medan untuk wisata panjat. Di pantai ini Anda akan senang melihat terumbu karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat pantai.

Sejauh ini, Pantai Siung memiliki 250 jalur pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan. Bahkan pantai ini telah terpilih sebagai "tempat pendakian terbaik di Jogji". Pantai Siung adalah pantai yang sangat cocok untuk sensasi panjat tebing. Dari atas batu karang yang kokoh ini, Anda dapat menikmati pemandangan laut terbuka lainnya dari kebiasaannya.

6. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai di daerah lain di Gunung Kidul, Pantai Kesirat adalah pantai yang tidak memiliki keindahan pasir putih yang mencolok. Keindahan Pantai Kesirat adalah dalam bentuk tebing yang kuat dan suara ombak yang keras bertabrakan di sisi punggung bukit.

Bagi Anda yang ingin berkemah, sangat nyaman untuk datang ke pantai ini karena pantai ini tidak ramai dan sangat bersih. Anda dapat menikmati jeruk saat senja saat berbicara dengan teman-teman terkasih Anda.

7. Pantai Jogan

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Ingin menikmati keindahan air terjun di pantai? Tiba di Pantai Jogan adalah pilihan yang paling tepat. Sama seperti Pantai Banyu Tibo di Pacitano, Pantai Jogan adalah air terjun yang sangat indah.

Pantai Jogan memiliki tebing-tebing luhur khas gunung kapur, dan air terjun yang terletak di pantai ini jatuh dari puncak tebing langsung ke laut. Di sini, selain menikmati indahnya pantai dan ombaknya. Anda juga dapat menikmati percikan air terjun segar. Meski memiliki keindahan yang unik, sayangnya pantai ini sering merindukan perhatian wisatawan.

8. Menangis Krakal

Pantai Krakal

Pantai Krakal

Selain Pantai Baron, Pantai Krakal adalah salah satu resor pantai terkenal di Gunungkidul. Pantai Krakal memiliki pasir putih yang indah dan batu karang yang membingkai pantai. Untuk menenangkan pikiran, Anda bisa berjalan kaki di pantai tanpa alas kaki sambil menikmati ombak melodik ombak.

Batuan yang membingkai bibir Pantai Krakal ditemukan dalam kehidupan laut seperti ikan kupu-kupu, ikan kupu-kupu, bintang laut dan ikan lainnya. Bagi Anda yang suka menaklukkan ombak, Anda bisa mencoba berselancar di Pantai Krakal karena pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang dengan beragam spot selancar.

9. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Padahal saat ini Pantai Indrayanti lebih dikenal dengan Pantai Pulsa atau Pulang Sawal. Ini karena nama Indrayanti sendiri sebelumnya telah menuai kontroversi. Pantai Indrayanti terlihat lebih bersih dan lebih terawat dibandingkan pantai-pantai lain di sekitar Jogji.

Bagi para penggemar olahraga air, Anda dapat mencoba permainan jet ski yang disediakan di sana, sementara mereka yang menginginkan suasana yang lebih santai dapat menikmati matahari terbenam di bilik pantai ini atau berjalan melalui tebing untuk melihat keindahan Samudra Hindia.

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Dibandingkan dengan pantai lain di Jogja, pantai Glagah unik karena memiliki permukaan yang cukup datar dan rata. Selain pasir putih yang indah, Anda juga akan dimanjakan oleh keindahan tebing karang yang berdiri kokoh di kawasan pesisir.

Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Glagah, seperti wisata air dan tentu saja yang utama adalah menikmati pemandangan alam yang ada di tempat wisata ini. Salah satu pantai yang terkenal adalah laguna, yang berjarak sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna Pantai Glagah tidak dimiliki oleh banyak pantai lain di Jawa Tengah.

sumber : anekatempatwisata.com

About Wisata

Check Also

Pantai Tambakrejo

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

Ketika datang ke kota Blitara, Kuil Bung Karno datang ke pikiran pertama. Ya, kota Blitar …

Masjid Raya Medan

15 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dijuluki sebagai kota multi-etnis, Medan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.