Menjelalah Pulau Nusa Penida, Surga Tersembunyi di Bali

228 views

Pulau Nusa Penida, Bali

Nusa Penida Island

Nusa Penida adalah pulau terbesar dari tiga “Nusa” yang berada di sebelah tenggara Pulau Dewata, Bali. Tetapi dalam bidang pariwisata kalah pamor oleh dua pulau lainnya yang ukurannya lebih kecil, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Atuh Beach

Nusa Penida dahulu menjadi tempat di mana tahanan dinasti Gelgel dari Bali ditahan dan di penjara di awal abad 18 di bawah penguasaan Majapahit. Dinasti Gelgel adalah salah satu dinasti dari Kerajaan di Bali yang pernah menguasai Pulau Lombok. Sebelum Majapahit datang ke Bali, dinasti Gelgel adalah yang menaklukkan Nusa Penida dengan membunuh raja terakhir (Dalem Nusa) di kerajaan Nusa Penida seperti yang tercantum dalam Babad (sejarah, kisah, kumpulan silsilah) Blahbatuh. Periode kerajaan di Nusa Penida berakhir setelah itu.

Tempat Wisata di Nusa Penida

  • Pura Dalem Pad

pura dalem pad, bali

  • Pura Dalem Ped merupakan Pura yang terkenal di seluruh pelosok Bali, yang terletak di Desa Ped, Sampalan, Nusa Penida. Pura Dalem Ped disepakati sebagai Pura Kahyangan Jagat oleh masyarakat sekitar. Pura ini selalu dipadati oleh pemedek untuk memohon keselamatan, kesejahteraan, kerahayuan, dan ketenangan. pura Dalem Ped sangat terkenal sebagai salah satu objek wisata spiritual yang paling diminati.
  • Atuh Beach

atuh beach

Pantai satu ini, lebih cocok disebut Hidden Beach, karena letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing. Bahkan anda juga bisa menyebutnya Private Beach karena letaknya yang terpencil, tersembunyi dan masih sangat sepi.

 

trekking atuh beach

trekking atuh beach

 

Untuk mencapai pantai ini kita membutuhkan extra effort, dari tempat terakhir kendaraan yang kita tumpangi harus berhenti, kita masih harus trekking sekitar 30 menit, menuju punggung tebing, lalu menuruni tangga beton menuju pantai.

atuh beach

 

  • Broken Beach/Pasih Huug

broken beach

Broken beach/Pasih Huug adalah sebuah Pantai yang terkurung di dasar sebuah tebing yang membentuk lingkaran mirip sebuah sumur raksasa.

broken beach

Di salah satu bagian dari dindingnya ada sebuah lobang besar yang menghubungkan bagian dalam rongga besar ini dengan laut di sisi luarnya, sehingga air laut masuk ke dalam dan menyerupai pantai yang terkurung di dasar sebuah sumur raksasa.

  • Angel’s Billabong 

angel's billabong beach

Anggel Billabong terletak di sebelah timur Nusa Penida , anggel billabong merupan ujung/ muara  dari sebuah sungai yang berbatasan dengan laut , air nya yang jernih menyerupai sebuah kolam yang terlihat dasarnya .

 

angel's billabong beach

Kolam-kolam alami tersusun secara artistik, dengan warna biru tosca serta dikelilingi karang berwarna hijau kuning keemasan, diapit oleh kedua sisi dinding karang yang kokoh, dan membentuk sebuah lorong yang berkelok, sungguh luar biasa indahnya.

 

  • Patung Budha, spot menyelam di Nusa Penida

snorkeling di Nusa Penida Island

Siapa sangka, bagian laut yang kosong, tak menarik dan hampir tak ditumbuhi biota laut ini diubah menjadi tempat menyelam menarik sekaligus religius. Yaps, di dekat pulau Ceningan, antara pulau Lembongan dan Nusa Penida ada spot menyelam yang isinya patung Budha beserta stupa-stupa nya.

snorkeling di Pulau Nusa Penida

Kedalaman patung ini sekitar 7 meteran. Jadi patung Budha ini bisa dinikmati sambil menyelam bebas. Hilir mudik mengelilingi patung. Namun arus di sekitar spot ini sangat kencang. Sebaiknya jangan jauh-jauh dari kapal, karena bisa terbawa arus.

snorkeling di Nusa Oenida Island

Hal menarik dari Pemuteran adalah terumbu karang di kawasan ini dipelihara dan dikonservasi secara profesional.

 

CARA KE PULAU NUSA PENIDA

1.Boat Cepat (Fast Boat / Speed Boat)

Boat Cepat atau Fast Boat menjadi pilihan alternatif utama bagi Anda yang ingin cepat sampai ke Nusa Penida. Penyebrangan dengan boat cepat (fast boat) hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 – 30 menit di laut (tergantung kondisi laut).

Untuk Moda Boat Cepat ada beberapa akses alternataif yaitu:

  • Melalui Sanur (Denpasar)

Fast Boat dari sanur

Sanur berada dekat dengan pusat Kota Madya Denpasar. Hanya beberapa waktu tempuh jika anda stay di Kuta atau Nusa Dua atau dari Air Port. Boat yang Khusus dari Sanur menuju ke Nusa Penida yaitu: IDOLA Express, Caspla Bali, Maruti Express, Mola-mola,  Prasi Sentana, dan Dwi Manunggal.

Untuk jadwal keberangkatannya mulai jam 07.00 wita – 15.00 wita.

Biaya : Rp. 50.000 – 75.000/orang.

  • Melalui Tribuana dan Pesinggahan/Goa Lawah (Klungkung)

Fast Boat dari Pesinggahan

Selain dari Sanur, Boat Cepat ke Nusa Penida juga tersedia di Pelabuhan Tribuana dan Pesingghan (Klungkung). Untuk ke pelabuhan tersebut, terlebih dahulu menuju ke arah timur menuju Kabupaten Klungkung. Untuk menuju ke pelabuhan tersebut Anda membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota Denpasar dengan jalur Bypas Prof. Bagus Mantra ke arah timur.

Adapun boat yang tersedia yaitu:

Gangga Express (tribuana) tujuan Sampalan dan Buyuk (Nusa Penida), dan Caspla Bali (pesinggahan) tujuan Buyuk (Nusa Penida).

Untuk jadwal keberangkatannya mulai jam 06.30 wita – 14.00 wita.

Biaya : Rp. 55.000/orang

2. Kapal Roro (Roll of Roll on) Nusa Jaya Abadi

kapal roro Pulau Nusa Penida

 

Kapal roro biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang membawa lebih banyak barang bawaan termasuk sepeda motor, mobil, dan truck (kendaraan roda empat).

Apabila ingin menggunakan jasa kapal Roro, Anda harus terlebih dahulu menuju ke Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Pelabuhan ini juga menjadi pintu utama penyeberangan untuk Bali ke wilayah timur Indonesia. Untuk menuju ke Pelabuhan tersbut Anda membutuhkan waktu kurang lebih 55 menit dari pusat kota Denpasar dengan jalur Bypas Prof. Bagus Mantra ke arah timur menuju Kab. Karangasem.
Keberangkatan dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu hari. Keberangkatan pertama jam 11.00 Wita dan yang kedua jam 13.00.

Penumpang dewasa dikenakan biaya  Rp. 15.000 dan untuk sepeda motor Rp.20. 000.

 

Penginapan di Pulau Nusa Penida

penginapan di Nusa Penida

Biaya Penginapan berkisar Rp. 150.000 – Rp. 300.000/kamar

*Penginap di Nusa Penida Guesthouse dekat Kutampi Beach dengan tarif Rp150.000 per kamar dengan fasilitas kamar mandi dalam, kipas angin dan tanpa breakfast, bisa untuk 2 orang.

 

 

 

Sumber :

http://johntravelonearth.blogspot.co.id/

http://liburmulu.com/

telusurbali.blogspot.com/

 

Tags: #angel's billabong #atuh beach #broken beach #nusa penida bali #nusa penida island #pulau bali #pulau nusa penida #pura dalem pad

Related Search