Menikmati Surga Taman Bawah Laut 17 Pulau Riung, Flores

286 views

Hai Sahabat Ngulon, Kali ini kita akan mengulas tentang Taman Laut 17 Pulau Riung.

Taman Riung 7

Taman Laut 17 Pulau Riung adalah salah satu taman laut yang ada di Indonesia. Letaknya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman laut ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sebelah timur.

riung pulau tiga

Taman laut 17 Pulau Riung merupakan salah satu objek wisata andalan di pulau Flores NTT. Keindahan panorama pantai dengan gugusan pulau kecil-kecil dengan karakteristiknya masing-masing membuat riung tidak hanya menjadi tujuan wisata para wisatawan lokal tapi juga manca negara.

riung pulau tiga

Nama pulau-pulau yang ada di sekitar Taman Laut 17 Pulau Riung adalah: Pulau Ontoloe, Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima, Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa, Pulau Tiga, Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire. Dari keseluruhan pulau tersebut, ada tiga pulau yang menjadi primadona nya dan paling sering didatangi yaitu Pulau Ontoloe, Pulau Rutong dan Pulau Tiga.

Komodo NTT

Salah satu pulau tersebut, yaitu pulau Ontoloe merupakan habitat bagi ribuan kelelawar raksasa yang banyak bergelantungan di pepohonan dan jika dilihat dari kejauhan seperti buah yang menggantung di tangkainya. Selain kelelawar raksasa, beberapa pulau lainnya merupakan habitat bagi binatang buas khas Flores yaitu Komodo.

Riung 17

Cara ke Taman Laut 17 Pulau Riung

Untuk mencapai Taman Laut 17 Pulau Riung, Anda harus terbang menuju Denpasar atau Kupang. Dari Denpasar/Kupang, lanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju kota terdekat dengan Taman Laut 17 Pulau Riung, yaitu Bajawa atau Ende.
cara ke Riung 17
Dari Bajawa atau Ende, Anda tinggal melanjutkan perjalanan darat baik dengan kendaraan umum maupun menyewa mobil. Dari Bajawa ke Riung jaraknya sekitar 95 km atau sekitar tiga jam berkendara sedangkan dari Ende sekitar empat jam berkendara. Kendaraan umum dari Bajawa ke Riung hanya tersedia sekali sehari, di pagi hari sedangkan dari Ende tidak ada kendaraan umum yang langsung ke Riung. Jadi, sebaiknya Anda menyewa mobil dari Bajawa atau Ende agar lebih nyaman dan hemat waktu.

Fasilitas & Biaya di Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut Riung 7

1. Biaya masuk ke Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung sebesar Rp 5.000,- untuk wisatawan domestik  dan Rp 100.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Kapal ke Taman Laut Riung 7

2. Biaya Sewa Kapal  Rp. 500.000 – Rp.700.000 (kapasitas 10 orang).

penginapan di riung 7

3. Penginapan & Hotel berkisar Rp.200.000 – Rp.900.000 / malam.

4. Terdapat beberapa warung makan yang berjualan menawarkan menu yang bervariatif, soto ayam, mie ayam, hingga ikan bakar.

turtle di riung 7

5. Terdapat penyewaan alat snorkeling di NIRVANA Riung. Tetapi untuk yang ingin menyelam, diving, bisa membawa alat sendiri.

bawah laut riung 7

ikan2

Yuk, Sahabat Ngulon kita Menikmati Surga Taman bawah laut Indonesia yang indah ini….!!!

Tags: #Riung 17 #Surga Indonesia #Taman Laut 17 Pulau Riung #Taman Laut Indonesia #Taman laut NTT

Related Search