Desa Sawai Yang Mempesona, hidden paradise di Maluku

176 views

Teluk Sawai

Desa Sawai Yang Mempesona; Desa sawai yang mempesona merupakan desa kecil di tepi hutan Taman Nasional Manusela, berada di pesisir teluk sawai yang memiliki air yang jernih.

Desa sawai yang mempesona

Desa Sawai Yang Mempesona

Teluk Sawai, sebuah teluk kecil di Pesisir Utara Pulau Seram, Propinsi Maluku. Nama teluk ini menjadi sangat terkenal, tidak hanya pelancong dari Indonesia, namun juga oleh pelancong asing  yang berlibur ke Indonesia karena keindahan alamnya. Bahkan bukan hanya keindahan alamnya, Sawai menawarkan apa yang disebut sebagai one stop adventure bagi para pelancong.

Penginapan di desa sawai

Cara akses ke Desa Sawai

Untuk mencapai Desa Sawai dapat menggunakan dua cara :

  1. Masohi Ibukota Kabupaten Maluku Tengah yaitu dengan mobil langsung ke Masohi-Sawai dengan rute melalui pegunungan yang terkenal dengan lekukan SS yang lumayan bikin merinding, perjalanan sekitar 4 jam
  2. Mengambil rute ke Masohi – Dusun Saka sekitar 2 jam perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan long boat sekitar 30 menit mencapai Sawai.

Desa Sawai

Desa Sawai termasuk desa yang ramai, rumah-rumah sudah terbangun dengan baik dan jarak antar rumahpun cukup berdekatan. yang unik kami temukan di desa sawai adalah mata air yang sangat terawat menjadi andalan masyarakat dalam memanfaatkan air bersih. Mata air ini berasal dari dalam batu dibawah tebing yang berbatasan dengan hutan manusela. genangan air yang terkumpul dirapikan, seperti kolam renang sehingga terlihat rapi dan bersih. disinilah masyarakat memanfaatkan air bersihnya, mulai dari mandi, mencuci beras dan sayuran hingga mencuci baju.

DSC_0308

Penginapan di Desa Sawai

Di Desa Sawai juga terdapat beberapa penginapan yaitu, Wisma Lisa Bahari sekitar Rp.250.000/malam dan ada Rumah Olat dan Resort Ora Beach yang secara harga jauh lebih mahal yaitu sekitar Rp.500.000/malam di darat dan sekitar Rp.700.000/malam untuk di laut. Untuk Makan siang di Resort Ora Beach  sudah tersedia berbagai macam seafood di resto yang dibangun di bagian tengah lobi menjorok ke laut.

Resort Desa Sawai

Fasilitas dan Kegiatan di Desa Sawai

Di Desa Sawai juga terdapat fasilitas berenang, kamu juga snorkeling sambil melihat biota laut atau bisa juga trekking (yang suka outbond di jogja, coba Desa wisata ini) ke Taman Nasional Manusela, Bukit Bendera. Kamu bisa menyewa pemandu lokal untuk mengantarkanmu ke Bukit Bendera. Ingatlah untuk membawa perbekalan air atau makanan ringan, juga kantong plastik untuk mengumpulkan semua sampahmu.

Treking Bukit Bendera

Ayo Mengunjungi Sawai dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan….!!!

Tags: #Desa Sawai #Maluku #Teluk Sawai #Wisata Maluku

Related Search

No related post!