Home / Wisata Air / Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Murah di Kulon Progo Jogjakarta

Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Murah di Kulon Progo Jogjakarta

Hai Sahabat Ngulon, ada wisata Jogjakarta yang murah tapi menyenangkan nih. Namanya Air Terjun Kedung Pedut. Lokasi Air Terjun Kedung Pedut ini terletak di Dusun Kembang Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kulonprogo, atau sekitar 40 km dari pusat kota Jogja.

Kedung Pedut Waterpark

Desa Jatimulyo memang sudah terkenal karena termasuk salah satu desa wisata yang memiliki potensi pariwisata yang menakjubkan di Kulon Progo, tak hanya satu, ternyata desa ini memiliki tiga air terjun, air terjun Mudal, air terjun Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut sendiri. Air Terjun Pedut ini yang airnya mengalir dari air terjun setinggi 15 meter.

Air Terjung Kedung Pedut

Dalam bahasa jawa kata kedung bermakna kolam atau genangan air yang cukup dalam. Kedung Pedut adalah objek wisata baru yang menyajikan perpaduan air terjun dan juga kedung dengan air berwarna biru kehijauan nan indah. Tidak hanya satu kedung, di kompleks wisata alam ini terdapat beberapa kolam alami dengan kedalaman bervariasi mulai satu hingga empat meter. Masing-masing kolam memiliki nama sendiri-sendiri, dan Kedung Pedut adalah kolam dengan ukuran paling besar sehingga dijadikan nama obyek wisata ini. Air yang mengisi kolam-kolam ini berasal dari Air Terjun Kedung Pedut.

Air Tejun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut layaknya wahana Water Park alami, terdapat kolam-kolam yang sudah siap mengajak kita untuk berenang, airnya yang jernih dan segar langsung dari alam, tanpa lengket dibadan, membuat siapapun menyesal jika datang kesini tapi tak mencoba berenang.

Air terjun Kedung Pedut

Dari kejauhan kolam-kolam air yang bertumpuk-tumpuk ini berwarna toska. Wisatawan bisa menyaksikan keindahannya dari gardu pandang yang ada di ketinggian. Untuk semakin mempercantik tempat wisata ini, pengelola telah membangun berbagai sarana seperti kursi-kursi, gardu pandang, jembatan, serta pancuran yang semuanya terbuat dari bambu.

Air Terjun Kedung Pedut

Mandi di pancuran dari tujuh sumber mata air akan memberikan kesegaran tersendiri. Berhubung tempat ini alami dan bebas dari kandungan kaporit maka bisa dipastikan tidak akan membuat kulit kering atau mata pedih meski berlama-lama berendam.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Rute ke menuju ke lokasi Air Terjun Kedung Pedut dari kota Jogja yaitu mengambil jalur ke arah barat melalui jalan Godean lurus ke Barat sampai Demak Ijo lurus terus melewati Pasar Godean hingga ke perbatasan Kulon Progo melewati jembatan besar ke perempatan Nanggulan lalu Pasar Kenteng hingga Tanjakan menuju Pegunungan Menoreh sampai di pertigaan lalu ambil arah kanan atau arah ke Goa Kiskendo. Kemudian melewati Pasar Jonggrangan dan Goa Kiskendo. Setelah itu ada pertigaan ambil kiri hingga ketemu Pertigaan Grojogan Muda lalu ambil kiri lagi. Setelah itu akan ada plang Air terjun Kembang Soka, namun bukan itu yang akan kita tuju masih lurus lalu ketemu pertigaan ambil kiri, dan di sana sudah banyak plang yang akan memandu para traveler menuju Air Terjun Kedung Pedut.

Biaya Administrasi Kedung Pedut

Kedung Pedut Waterfall

Tiket Masuk Wisata : Rp 3.000,-/Orang,

Biaya Parkir : Rp 2.000,-/Motor, Rp 5.000,-/Mobil.

Sepanjang jalur menuju air terjun tidak usah khawatir kehausan, ada beberapa shelter untuk istirahat dan penjual makanan dan minuman di dekatnya.

Air Terjun kedung Pedut

Yuk Sahabat Ngulon, kita ke wisata Air Terjun Kedung Pedut, wisata murah yang pastinya seru dan menyenangkan.

About Ngulon

Check Also

dreamland beach

5 Tempat Wisata di Bali yang Tak Terlupakan

Halo Sahabat Ngulon, kali ini kita akan bahas Tempat Wisata di Bali, Siapa sih yang …

the lodge maribaya

6 Wisata Keren di Lembang, Bandung

Wisata Keren di Lembang, Bandung – Hai Sahabat Ngulon… Lagi penat sama kerjaan? pengen liburan …