7 Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus

896 views

Hai Sahabat Ngulon!! Mau liburan ke Jogjakarta tapi bosen ke tempat itu-itu aja.. Yuk main ke Gunung Kidul! Berikut 7 Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus…
Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus

1. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu, Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus,  merupakan satu dari sekian banyak pantai di gugusan laut selatan Yogyakarta yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Letaknya yang tersembunyi memberi kesan tersendiri yang jarang kita temukan di pantai-pantai lain di wilayah ini.

 

pantai wohkudu

View Pantai Wohkudu Jogja

 

Terletak di antara himpitan dua bukit karang memjadikan Pantai Wohkudu tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Jika dibandingkan dengan Pantai Greweng yang juga berada di antara dua bukit, Pantai Wohkudu jauh lebih sempit dan tidak memiliki hamparan pasir seluas Pantai Greweng. Namun hal ini bukanlah kendala melainkan justru memberi kesan eksklusif. Lokasinya yang tersembunyi dan suasananya yang hening menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang cocok untuk melarikan diri dari kepenatan serta riuhnya perkotaan.

 

wohkudo beach

Pantai wohkudo Gunung Kidul Jogja

 

Lokasi dan Cara ke Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk sampai ke tempat ini kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Yogyakarta melalui rute Jogja – Imogiri – Panggang.

 

camping di pantai wohkudu

Camping di Pantai Wohkudu Jogja

 

Dari Terminal Giwangan silahkan jalan terus ke arah selatan menyusuri Jalan Imogiri Timur – Imogiri – Selopamioro – Panggang. Jalan dari Selopamioro hingga Panggang berupa tanjakan dengan pemandangan indah di kanan kirinya. Setelah sampai di Panggang, ikuti saja jalan hingga menjumpai pertigaan dengan pohon beringin besar dan  Ikuti saja penunjuk arah tersebut.

Harga Tiket

Untuk Motor  Rp 3.000

Untuk Mobil Rp 5.000

Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus

2. Pantai Wedi Ombo

berendam di pantai wediombo - Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus,

Berendam di pantai Wediombo Gunung Kidul

 

Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus, Wediombo yang artinya adalah pasir lebar/luas, namun pantai ini tak seluas namanya. Pantai Wediombo ini masih agak sepi. Airnya yang biru dan pasirnya yang putih bersih akan membuat kamu tergoda untuk segera bermain-main di pantai cantik yang satu ini. Pantai wedi ombo sendiri di dominasi dengan batuan karang dengan pasir putih yang tidak terlalu luas. Sebelah barat dan timur di dominasi bukit karang.

pantai wediombo - Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus,

Pantai wediombo

 

Lokasi dan Cara ke Pantai Wedi Ombo

Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta –  Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus.

 

pantai wediombo

Karang Pantai Wediombo

Jika membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menyusuri Pantai Siung, Tepus lalu belok kanan sampai Girisubo. Jika memilih kendaraan umum, dari Terminal Giwangan naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Setibanya di Wonosari, lanjutkan perjalanan dengan bus kecil jurusan Wonosari-Jepitu. Bus ini berangkat setiap 20 menit sekali. Kemudian Anda turun di pertigaan Jepitu. Satu-satunya cara untuk sampai ke Pantai Wedi Ombo dari pertigaan tersebut adalah dengan menggunakan ojek, Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus

Tiket Masuk: Rp 5.000,-

3. Pulau Timang

Pantai Timang Gunungkidul merupakan salah satu Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus, yang tersebar di wilayah Gunungkidul. Perjalanan untuk menuju pantai ini sangat menantang. Jalan untuk menuju ke pantai ini sangat terjal dan berbatu. Pantai Timang memiliki pemandangan yang sangat menawan dengan pasir putih yang terhampar bersih disepanjang pesisir pantai ini. Tumbuhan pandan berderet tumbuh subur disekitar pantai ini menambah keindahan panorama Pantai Timang Gunungkidul ini. Pengunjung pantai ini belum sebanyak pantai lainnya yang sudah terkenal sebelumnya sehingga bila anda perhatikan suasana di pantai ini masih terkesan alami.

 

pulau timang - Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus,

Gantole Pulau Timang Gunung Kidul

 

Pulau Timang Gunungkidul memang bukan pulau seperti pada umumnya yang berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Pulau ini tidak lebih berupa bongkahan batu karang yang besar dengan tebing yang sangat curam. Untuk mencapai Pulau Timang ini wisatawan harus menggunakan semacam gantole tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat sehingga dapat menopang berat badan dari seseorang dan selanjutnya ditarik oleh beberapa orang sehingga gantole tersebut akan bergerak ke arah Pulau Timang – Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus.

 

pantai Pulau timang

Tepi Pantai Pulau Timang

 

Lokasi dan Cara ke Pantai Timang Gunungkidul

Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute :

Perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam. Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 km. Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong – jalanan berbatu – Pantai Timang.

 

4. Pantai Parangtritis

 

pantai parangtritis

Icon Pantai Parangtritis

 

Pantai Parangtritis, Bukit Parangndog menyuguhkan pemandangan yang sungguh menakjubkan dari pesisir pantai hingga ke cakrawala. Karena menghadap ke arah barat, maka bukit ini jadi tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari tenggelam ke peraduan. Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus

 

 

Selain untuk hunting foto dan menikmati pantai, bukit di Pantai Parangtritis juga menjadi landasan pacu yang kerap digunakan untuk berlatih paralayang, gantole dan olahraga udara lainnya.

 

paralayang di bukit parangtritis

Paralayang di Bukit Parangtritis

 

Lokasi dan Cara ke Bukit Pantai Parangtritis

Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta.

 

bukit paralayang parangtritis

Bukit Paralayang Parangtritis

Cara ke Sana:

Dari arah loket pantai lurus terus ke arah Pantai Parangtritis, lalu lurus sampai menemukan jalan menanjak masuk ke daerah Panggang, Gunungkidul. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan lalu belok kanan. Ikuti terus jalan tersebut dan hingga menjumpai sebuah rumah dan sebuah pos camp setelah tanjakan yang sangat terjal. Dari rumah tersebut Anda bisa memarkirkan kendaraan dan berjalan menaiki bukit melalui jalan setapak di sisi rumah tersebut. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima karena jalan tanjakannya cukup berat.

 

 

naik kuda di pantai parangtritis

Kereta Kuda di Pantai Parangtritis

 

Harga Tiket dan Fasilitas

Tiket masuk Rp 5.000 per orang (termasuk asuransi)

Parkir Motor Rp. 2.000

parkir mobil Rp. 5.000

 

Bukit Parangndog Parangtritis

Bukit Parangndog Parangtritis

 

Sewa ATV Rp. 50.000/15 menit

Kereta Kuda Rp. 20.000/putaran
Tandem paralayang Rp. 350.000 (0877 3791 0679)

5. Pantai Indrayanti

Pantai di Jogja yang bagus ini dulunya bernama Pantai Pulang Syawal atau biasa disebut dengan “Pantai Pulsa”.

 

Resto Cafe Indrayanti

Resto Cafe Indrayanti

 

Nama “Indrayanti” sendiri diambil dari salah satu pasangan suami istri pemilik cafe dan restoran yang berada di Pantai Pulang Syawal tersebut, yaitu Bapak “Indra” dan Ibu “Yanti”.Karena nama Pulang Syawal kurang begitu mudah diingat dan diucapkan oleh para wisatawan pada waktu itu, maka wisatawanpun menyebut pantai tersebut dengan nama dari cafe dan restoran yang berada di pantai tersebut yaitu Indrayanti.

 

Pantai Indrayanti

View Pantai Indrayanti pada Siang Hari

 

Pantai Indrayanti atau nama resminya Pantai Pulang Syawal ini tidak kalah dengan pantai-pantai di Indonesia seperti pantai yang ada di Bali.

Mempunyai pasir putih dan air pantai yang jernih adalah andalan dari Pantai Indrayanti, selain itu pengelolaan pantai Indrayanti juga cukup begitu baik.

Sangat jarang ditemui sebuah sampah di Pantai Wonosari ini. Karena pihak pengelola akan menjatuhi sebuah sanksi berupa denda sebesar Rp 10.000 bagi wisatawan yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya.

 

indrayanti beach

Tepi Pantai Indrayanti

 

Lokasi dan Cara ke Pantai Indriyanti

Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute :

YOGYAKARTA – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jln. Kyai Legi – Jln. Lingkar Selatan – Jln. KRT Djojodinigrat – Jln. Girisubo – WONOSARI – Jln. Saptosari – Tepus – (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur arah Pantai Sundak – Somandeng – PANTAI INDRAYANTI

 

pantai indrayanti

Hidangan di Pantai Indrayanti

 

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Indriyanti

Tiket masuk Rp. 10.000

  • Penginapan dengan berbagai konsep Rp 100.000 – Rp 350.000
  • Jet Ski Rp 250.000/15 menit
  • Payung Pantai dan Alasnya Rp 20.000
  • Gazebo Rp 30.000
  • Toilet Rp 2.000,00 – Rp 5.000
  • Mushola Gratis
  • Wahana Permainan Anak Gratis
  • Restoran dan Cafe Rp 10.000 – Rp 100.000

6. Pantai Kukup

pantai kukup

Tanah Lot Pantai Kukup Wonosari

 

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus, Pantai Kukup Wonosari merupakan satu-satunya tempat wisata Gunung Kidul yang kaya akan biota laut dan juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah di Aquarium Laut atau yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar pantai. Selain itu dilengkapi gua alamnya yang teduh. Jika di Bali ada Tanah Lot, di Gunung Kidul Yogyakarta ada Pantai Kukup yang mempunyai gardu pandang berada di pulau yang terpisah – Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus.

 

Pantai Kukup Jogja

Pantai Kukup Wonosari Jogja

 

Lokasi dan Cara ke Pantai Kukup – Pantai Gunung Kidul yang Paling Bagus

Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Untuk menuju ke Pantai Kukup dari kota Yogyakarta, kita hanya perlu menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 40km atau sekitar 24 km dari Kota Wonosari. Untuk akses jalan menuju Pantai Kukup dari kota Yogyakarta ada 3 jalur, yaitu dari Kota Wonosari, Pantai Parangtritis, atau dari Panggang. Medan jalan menuju Pantai Kukup ini sudah cukup baik, sehingga kita bisa kesana menggunakan bus wisata, maupun kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor.

 

kukup beach

Pantai Kukup Jogja

 

Harga Tiket Pantai Kukup

Tiket Masuk Rp.10.000

Biaya parkir motor Rp.2000

Biaya parkir mobil Rp. 5.000

7.Pantai Ngobaran

pantai ngobaran

Gerbang Masuk Pantai Ngobaran

 

Pantai Ngobaran Yogyakarta adalah salah satu pantai yang cukup eksotik. Jika air sedang surut, anda untuk melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna coklat ataupun hijau. Hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang akan tampak seperti sawah di wilayah yang padat penduduk jika dilihat dari atas.

 

Pantai Ngobaran

Patung Dewa Pantai Ngobaran

 

Puluhan jenis binatang laut juga ada di sela-sela karang, mulai dari binatang laut, landak laut, sampai golongan kerang-kerangan. Yang menarik di sini adalah pesona budayanya yang dijamin tak ditemukan di pantai-pantai lainnya. Mulai dari bangunan hingga soal makanan penduduk setempat. Satu yang membuat beda yaitu adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan yang berdiri berdekatan.

 

pantai ngobaran

Bermain Air di Pantai Ngobaran

Lokasi dan Cara ke Pantai Ngobaran

Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para pengunjung dapat berkunjung ke pantai ini dengan memilih dua jalur :

Yogyakarta – Lanud Gading – Per3an Gading ke kanan – Playen – Paliyan – Trowono – Saptosari – Pantai Ngobaran
Yogyakarta – Kota Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngobaran

 

pantai ngobaran

View Tebing di Pantai Ngobaran

 

Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket Masuk Rp.3.000

Parkir motor Rp. 2.000

Parkir mobil Rp. 5.000

Fasilitas : kamar mandi, tempat ibadah, warung makan dan tempat parkir.

 

www.maioloo.com

www.njogja.co.id

lookjogja.blogspot.co.id

Tags: #gunung kidul

Related Search