1.Kota Budaya

Budaya Jogja
Kota Jogja disebut kota Budaya dikarenakan sungguh tingginya budaya lokal setempat yang dipengaruhi oleh budaya dalam kesultanan Jogja sendiri, di Jogja sendiri kebudayaan lokal masih dipertahankan dan tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman.
2. Kota Pelajar

Jogja Kota Pelajar
UNY, UGM, UIN, ISI Jogja, siapa yang tidak tau nama kampus tersebut, kampus beken yang ada di Jogja mencerminkan bahwa kota Jogja sebagai kota pelajar memang harus di akui, banyak pelajar yang datang ke kota ini untuk menuntut ilmu dari berbagai pelosok daerah dan dari luar negeri juga. 7 Julukan Yang Terkenal Dari Kota Jogjakarta
3. Kota Seniman 

seniman jogja
Siapa yang tidak tahu Ebit G Ade, Affandi, Bagong Kusdiharjo, dan tentunya masih banyak seniman berasal dari kota ini, faktor tersebut dikarenakan Jogja sebagai kota yang menjunjung tinggi kebudayaan sehingga sangat mudah orang orang untuk menumpahkan pemikirannya.
4. Kota Gudeg
Gudeg jogja

Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta yang berbahan baku dari buah nangka yang dolah dengan resep khas Jogja, banyak wisatawan yang bila berkunjung ke Jogja untuk menyicipi makanan ini, sehingga saking kesohornya makanan gudeg ini maka masyarakat menamai kota Jogja dengan kota Gudeg.
5. Kota Museum

Museum monjali
Di Jogja banyak museum-museum mulai dari museum sejarah semisal Museum Monjali dan Museum Benteng Vundenberg,  ada juga Museum Dirgantaraa dan yang terbaru ini Museum Merapi, saking banyaknya museum maka pada saat ini julukan kota museum untuk kota jogja sangatlah melekat.

 

6. Kota Batik

jogja kota batik

Daerah Istimewa Yogyakarta baru-baru ini mendapatkan sebuah gelar kehormatan dari World Craft Council (WCC) sebagai Kota Batik Dunia dalam peringatan ke-50 organisasi tersebut yang berlangsung pada 18-23 Oktober di Zhejiang, Cina.

7 Julukan Yang Terkenal Dari Kota Jogjakarta- jogja kota batik

Meskipun batik juga dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, contohnya seperti di Solo, Pekalongan, Purbalingga dan masih banyak yang lainnya, namun batik Yogyakarta memang salah satu yang paling istimewa. Di provinsi yang masih mencampurkan sisi tradisional dan kehidupan Keraton di tengah modernisasi ini, batik pun sangat lekat di hati masyarakatnya dan menjadi salah satu mata pencaharian di Kota Gudeg ini. Penobatan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Kotak Batik Dunia ini pun diserahkan Presiden World Craft Council, Wang Shan kepada GKR Pembayun.